RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SD
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : 1-3
Standart
Kompetensi : Aljabar
1.
Menggunakan operasi aljabar (penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian)
dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar:
1. Menggunakan operasi aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan
pembagian)
untuk menentukan nilai suatu bilangan
Indikator :
1.
Dapat
menentukan
nilai suatu bilangan dengan menggunakan operasi aljabar (penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian)
A. Tujuan
Pembelajaran
1. Peserta didik dapat
menentukan nilai suatu bilangan dengan menggunakan
operasi aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)
Materi Ajar
Penjumlahan Sederhana
1.
1+2=
2.
2+3=
3.
14+6=
4.
23+31=
5.
52+21=
6.
11+13=
7.
100+200=
8.
120+120=
9.
110+110=
10.
140+150=
Penjumlahan
Susun
1.
35+24 =
35
24 +
59
2.
25+59 =
25
9 +
34
3.
56+55 =
56
55 +
111
4.
111+123 =
111
123
+
334
5.
165+42=
165
42 +
207
Pengurangan
Sederhana
1. 25
– 12=
2. 35
- 27=
3. 75-55
=
4. 80-4=
5. 55-25=
6. 100-57=
7. 140-25=
8. 150-40=
9. 100-55=
10. 100-45=
Pengurangan
Susun
1. 35-30=
35
30 -
5
2. 50-7=
50
7 -
43
3. 155-55=
155
55 -
100
4. 150-125=
150
125 -
25
5. 130-45=
130
45 -
85
Perkalian Sederhana
1.
2 x 4 =
2.
2 x 2 =
3.
12 x 2 =
4.
22 x 3 =
5.
21 x 54 =
6.
83 x 45 =
7.
25 x 76 =
8.
22 x 75 =
9.
57 x 58 =
10. 92 x 78 =
Perkalian Susun
1.
Cara Bersusun Panjang
2. Cara Bersusun Pendek
21
21
16 x 16 x
126 126
210 + 21 +
336 336
16 x 16 x
126 126
210 + 21 +
336 336
Pembagian
Sederhana
21 : 7 =
Jawab :
21 - 7 - 7 -7 = 0 (Ada 3 kali
pengurangan)
Jadi, 21 : 7 = 3
1. 15 : 5 =
2. 42 : 7 =
3. 45 : 9 =
4. 24 : 3 =
5. 27 : 3 =
B.
Metode Pembelajaran
Ceramah, Tanya Jawab, dan Pemberian Tugas.
C.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
ke-1
Kegiatan pembelajaran
|
Waktu (menit)
|
|
Guru
|
Siswa
|
|
Tahapan: Kegiatan Awal / Pendahuluan
|
15
menit
|
|
1. Guru memberikan
salam
2. Guru
menanyakan kabar siswa
3.
Guru menanyakan kehadiran siswa
4.
Guru memimpin doa sebelum pelajaran dimulai
5.
Guru mengajak siswa untuk mengaji bersama baik Iqro’
maupun Al-Quran
|
1.
Siswa menjawab salam
2.
Siswa menjawab pertanyaan guru
mengenai kabar
3.
Siswa menjawab pertanyaan guru
mengenai kehadiran
4.
Siswa berdoa dengan khitmat
5.
Siswa mengaji dengan khitmat
|
15 menit
|
Tahapan : Kegiatan Inti
|
40 menit
|
|
1. Guru
menjelaskan materi penjumlahan
sederhana
2. Guru
memberikan soal tentang
penjumlahan sederhana
3. Guru menanyakan kepada siswa materi yang belum dipahami.
4. Guru
memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah
|
1. Siswa
memperhatikan penjelasan guru
dan mencatatnya.
2. Siswa
mengerjakan soal yang diberikan guru
3. Siswa
menyakan materi yang belum dipahami.
4. Siswa mencatat tugas yang diberikan
oleh guru
|
40 menit
|
Tahapan
: Kegiatan Akhir / Penutup
|
5 menit
|
|
1. Guru
mengajak siswa membaca surat-surat pendek
2. Guru
mengucapakan salam dan meninggalkan kelas.
|
1. Siswa
membaca surat-surat pendek
2. Siswa
menjawab salam dari guru.
|
5 menit
|
Pertemuan
ke-2
Kegiatan pembelajaran
|
Waktu (menit)
|
|
Guru
|
Siswa
|
|
Tahapan: Kegiatan Awal / Pendahuluan
|
15 enit
|
|
1.
Guru memberikan
salam
2.
Guru menanyakan kabar siswa
3.
Guru menanyakan kehadiran siswa
4.
Guru memimpin doa sebelum pelajaran dimulai
5.
Guru mengajak siswa untuk mengaji bersama baik Iqro’
maupun Al-Quran
|
1. Siswa
menjawab salam
2. Siswa
menjawab pertanyaan guru mengenai kabar
3. Siswa
menjawab pertanyaan guru mengenai kehadiran
4. Siswa
berdoa dengan khitmat
5. Siswa
mengaji dengan khitmat
|
15 menit
|
Tahapan : Kegiatan Inti
|
40
menit
|
|
1. Guru
menjelaskan materi penjumlahan
susun
2. Guru
memberikan soal tentang
penjumlahan susun
3. Guru menanyakan kepada siswa materi yang belum dipahami.
4. Guru
memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah
|
1. Siswa
memperhatikan penjelasan guru
dan mencatatnya.
2. Siswa
mengerjakan soal yang diberikan guru
3. Siswa
menyakan materi yang belum dipahami.
4. Siswa mencatat tugas yang diberikan
oleh guru
|
40 menit
|
Tahapan : Kegiatan Akhir / Penutup
|
5
menit
|
|
1. Guru
mengajak siswa membaca surat-surat pendek
2. Guru
mengucapakan salam dan meninggalkan kelas.
|
1. Siswa
membaca surat-surat pendek
2. Siswa
menjawab salam dari guru.
|
5 menit
|
Pertemuan
ke-3
Kegiatan pembelajaran
|
Waktu (menit)
|
|
Guru
|
Siswa
|
|
Tahapan: Kegiatan Awal / Pendahuluan
|
15
menit
|
|
1.
Guru memberikan
salam
2.
Guru menanyakan kabar siswa
3.
Guru menanyakan kehadiran siswa
4.
Guru memimpin doa sebelum pelajaran dimulai
5.
Guru mengajak siswa untuk mengaji bersama baik Iqro’
maupun Al-Quran
|
1. Siswa
menjawab salam
2. Siswa
menjawab pertanyaan guru mengenai kabar
3. Siswa
menjawab pertanyaan guru mengenai kehadiran
4. Siswa
berdoa dengan khitmat
5. Siswa
mengaji dengan khitmat
|
15 menit
|
Tahapan : Kegiatan Inti
|
40 menit
|
|
1. Guru
menjelaskan materi pengurangan
sederhana
2. Guru
memberikan soal tentang
pengurangan sederhana
3. Guru menanyakan kepada siswa materi yang belum dipahami.
4. Guru
memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah
|
1. Siswa
memperhatikan penjelasan guru
dan mencatatnya.
2. Siswa
mengerjakan soal yang diberikan guru
3. Siswa
menyakan materi yang belum dipahami.
4. Siswa mencatat tugas yang diberikan
oleh guru
|
40 menit
|
Tahapan : Kegiatan Akhir / Penutup
|
5
menit
|
|
1. Guru
mengajak siswa membaca do’a sehari-hari
2. Guru
mengucapakan salam dan meninggalkan kelas.
|
1. Siswa
membaca do’a sehari-hari
2. Siswa
menjawab salam dari guru.
|
5 menit
|
Pertemuan
ke-4
Kegiatan pembelajaran
|
Waktu (menit)
|
|
Guru
|
Siswa
|
|
Tahapan: Kegiatan Awal / Pendahuluan
|
15
menit
|
|
1.
Guru memberikan
salam
2.
Guru menanyakan kabar siswa
3.
Guru menanyakan kehadiran siswa
4.
Guru memimpin doa sebelum pelajaran dimulai
5.
Guru mengajak siswa untuk mengaji bersama baik Iqro’
maupun Al-Quran
|
1. Siswa
menjawab salam
2. Siswa
menjawab pertanyaan guru mengenai kabar
3. Siswa
menjawab pertanyaan guru mengenai kehadiran
4. Siswa
berdoa dengan khitmat
5. Siswa
mengaji dengan khitmat
|
15 menit
|
Tahapan : Kegiatan Inti
|
40 menit
|
|
1. Guru
menjelaskan materi pengurangan
susun sederhana
2. Guru
memberikan soal tentang
pengurangan susun sederhana
3. Guru menanyakan kepada siswa materi yang belum dipahami.
4. Guru
memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah
|
1. Siswa
memperhatikan penjelasan guru
dan mencatatnya.
2. Siswa
mengerjakan soal yang diberikan guru
3. Siswa
menanyakan materi yang belum dipahami.
4. Siswa mencatat tugas yang diberikan
oleh guru
|
40 menit
|
Tahapan : Kegiatan Akhir / Penutup
|
5
menit
|
|
1. Guru
mengajak siswa membaca do’a sehari-hari
2.
Guru mengucapakan salam dan
meninggalkan kelas.
|
1. Siswa
membaca do’a sehari-hari
2. Siswa
menjawab salam dari guru.
|
5 menit
|
Pertemuan
ke-5
Kegiatan pembelajaran
|
Waktu (menit)
|
|
Guru
|
Siswa
|
|
Tahapan: Kegiatan Awal / Pendahuluan
|
15
menit
|
|
1.
Guru memberikan
salam
2.
Guru menanyakan kabar siswa
3.
Guru menanyakan kehadiran siswa
4.
Guru memimpin doa sebelum pelajaran dimulai
5.
Guru mengajak siswa untuk mengaji bersama baik Iqro’
maupun Al-Quran
|
1. Siswa
menjawab salam
2. Siswa
menjawab pertanyaan guru mengenai kabar
3. Siswa
menjawab pertanyaan guru mengenai kehadiran
4. Siswa
berdoa dengan khitmat
5. Siswa
mengaji dengan khitmat
|
15 menit
|
Tahapan : Kegiatan Inti
|
40 menit
|
|
1. Guru
menjelaskan materi perkalian
sederhana
2. Guru
memberikan soal tentang
perkalian sederhana
3. Guru menanyakan kepada siswa materi yang belum dipahami.
4. Guru
memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah
|
1. Siswa
memperhatikan penjelasan guru
dan mencatatnya.
2. Siswa
mengerjakan soal yang diberikan guru
3. Siswa
menyakan materi yang belum dipahami.
4. Siswa mencatat tugas yang diberikan
oleh guru
|
40 menit
|
Tahapan : Kegiatan Akhir / Penutup
|
5
menit
|
|
1. Guru
mengajak siswa membaca do’a sehari-hari
2. mengucapakan salam dan meninggalkan kelas.
|
1. Siswa
membaca do’a sehari-hari
2. Siswa
menjawab salam dari guru.
|
5 menit
|
Pertemuan
ke-6
Kegiatan pembelajaran
|
Waktu (menit)
|
|
Guru
|
Siswa
|
|
Tahapan: Kegiatan Awal / Pendahuluan
|
15
menit
|
|
1.
Guru memberikan
salam
2.
Guru menanyakan kabar siswa
3.
Guru menanyakan kehadiran siswa
4.
Guru memimpin doa sebelum pelajaran dimulai
5.
Guru mengajak siswa untuk mengaji bersama baik Iqro’
maupun Al-Quran
|
1. Siswa
menjawab salam
2. Siswa
menjawab pertanyaan guru mengenai kabar
3. Siswa
menjawab pertanyaan guru mengenai kehadiran
4. Siswa
berdoa dengan khitmat
5. Siswa
mengaji dengan khitmat
|
15 menit
|
Tahapan : Kegiatan Inti
|
40 menit
|
|
5. Guru
menjelaskan materi perkalian
susun sederhana
6. Guru
memberikan soal tentang
pembagian sederhana
7. Guru menanyakan kepada siswa materi yang belum dipahami.
8. Guru
memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah
|
5. Siswa
memperhatikan penjelasan guru
dan mencatatnya.
6. Siswa
mengerjakan soal yang diberikan guru
7. Siswa
menyakan materi yang belum dipahami.
8. Siswa mencatat tugas yang diberikan
oleh guru
|
40 menit
|
Tahapan : Kegiatan Akhir / Penutup
|
5
menit
|
|
1. Guru
mengajak siswa membaca do’a sehari-hari
2. mengucapakan salam dan meninggalkan kelas.
|
1.
Siswa membaca do’a sehari-hari
2. Siswa
menjawab salam dari guru.
|
5 menit
|
Pertemuan ke-7
Kegiatan pembelajaran
|
Waktu (menit)
|
|
Guru
|
Siswa
|
|
Tahapan: Kegiatan Awal / Pendahuluan
|
15
menit
|
|
1.
Guru memberikan
salam
2.
Guru menanyakan kabar siswa
3.
Guru menanyakan kehadiran siswa
4.
Guru memimpin doa sebelum pelajaran dimulai
5.
Guru mengajak siswa untuk mengaji bersama baik Iqro’
maupun Al-Quran
|
1. Siswa
menjawab salam
2. Siswa
menjawab pertanyaan guru mengenai kabar
3. Siswa
menjawab pertanyaan guru mengenai kehadiran
4. Siswa
berdoa dengan khitmat
5. Siswa
mengaji dengan khitmat
|
15 menit
|
Tahapan : Kegiatan Inti
|
40 menit
|
|
1. Guru
menjelaskan materi pembagian
sederhana
2. Guru
memberikan soal tentang
pembagian sederhana
3. Guru menanyakan kepada siswa materi yang belum dipahami.
4. Guru
memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah
|
1. Siswa
memperhatikan penjelasan guru
dan mencatatnya.
2. Siswa
mengerjakan soal yang diberikan guru
3. Siswa
menyakan materi yang belum dipahami.
4. Siswa mencatat tugas yang diberikan
oleh guru
|
40 menit
|
Tahapan : Kegiatan Akhir / Penutup
|
5
menit
|
|
1.
Guru mengajak siswa membaca surat-surat
pendek
2.
mengucapakan salam dan meninggalkan kelas.
|
1. Siswa
membaca do’a sehari-hari
2. Siswa
menjawab salam dari guru.
|
5 menit
|
D.
Alat dan Sumber Pembelajaran
Alat Pembelajaran :
Whiteboard, Boardmarker, Penghapus,
Sumber
Pembelajaran : Iqro’,
Alquran, LKS
Jember,
30 Juli 2016
Praktikan 1 Praktikan 2 Praktikan 3
Anisa Sabrina.S
Lelita Oktafianti.H Indah
Lutvia.P
Kepala TPA Nurul Quro
………………………
No comments:
Post a Comment