contoh rpp k13 virus


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah             :
Kelas / Semester          : X / 1
Mata Pelajaran            : Biologi
Bab                              : 3
Topik                           : Virus
Waktu                         : 2 x 40 menit (2 x pertemuan)

A.    KOMPETENSI INTI :
KI 3 :




KI 4 :
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif  berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, berindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.     Kompetensi Dasar

2.1. Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas atau laboratorium maupun di luar kelas atau laboratorium.
2.2  Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar
  Indikator
2.3 Menerapkan pemahaman tentang virus berkaitan  tentang ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan masyarakat
2.4 Menyajikan  data tentang ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan  dalam bentuk model/charta.
C.    Tujuan

Melalui pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:  
1.      Memiliki rasa ingin tahu dengan bertanya.
2.      Menunjukkan sikap aktif, mandiri dan bekerjasama pada saat melakukan diskusi permasalahan.
3.      Menjelaskan sejarah penemuan virus
4.      Menjelaskan ciri-ciri virus berdasarkan ukuran, bentuk dan struktur virus.
5.      Mengklasifikasi virus berdasarkan cirri-ciri yang di miliki.
6.      Menjelaskan manfaat dan peranan virus dalam kehidupan manusia baik yang menguntungkan maupun yang merugikan.
D.    Uraian Materi


A.    Sejarah Virus
Virus berasal dari bahasa Yunani venom yang berarti racun. Secara umum virus merupakan partikel tersusun atas elemen genetik yang mengandung salah satu asam nukleat yaitu asam deoksiribonukleat (DNA) atau asam ribonukleat (RNA) yang dapat berada dalam dua kondisi yang berbeda, yaitu secara intraseluler dalam tubuh inang dan ekstrseluler diluar tubuh inang.
B.     Para Ahli Penemu Virus
-          Tahun 1883, Mayer (Jerman) meneliti penyakit Mozaik pada tembakau, kesimpulannya disebabkan oleh bakteri yang sangat kecil.
-          Tahun 1892, D. Iwanowski (Rusia) meneliti kembali penyebab penyakit Mozaik, ia menduga penyebabnya adalah organisme yang lebih kecildari bakteri. Kesimpulan masih sama.
-          Tahun 1898, MW. Beijerinck (Belanda) menyebut agen infeksi adalah virus lolos saring.

C.    Ciri-ciri Virus
-          Susunan tubuh terdiri atas protein dan bahan inti (ADN/ARN)
-          Sebagai benda hidup sekaligus benda mati
-          Dapat berkembang biak (duplikasi)
-          Hanya dapat hidup pada sel hidup (medium hidup)
-          Ukuran 25 – 300 nm (1 nano = 10-9 m)
Virus terkecil = Virus Polio
Virus berukuran besar = Virus penyerang bakteri
Virus terpanjang = TMV
-            Bentuk Virus
Bulat = HIV, flu                       Polihidris = Adenovirus (demam)
Oval = Rabies                          Batang = TMV (mozaik pada tembakau)
-            Virus penyerang bakteri (Bakteriophage)

D.    Struktur Virus
Partikel virus bervariasi dari segi ukuran, bentuk maupun komposisi kimiawinya. Bentuk-bentuk virus yang sudah diketahui ada yang serupa bola, berbentuk kotak, berbentuk batang, dan ada yang seperti hurut T.Struktur Virus Tersusun Atas : 1. Asam Nukleat yang merupakan pembawa informasi genetika bisa berupa DNA atau RNA 2.   Selubung Protein (kapsid) yang memberi bentuk pada virus

E.     Klasifikasi Virus
1.    Berdasarkan jenis inang yang diinfeksi, seperti :
a.       virus tanaman: Tobacco mozaic virus (TMV) sejenis virus yang menyerang daun tembakau, Potato Yellow dwarf virus (virus kentang kuning)
b.      virus hewan: Rhabdovirus yang menyebabkan rabies pada anjing, NCD (New Castle Disease) yang menyebabkan penyakit tetelo pada unggas
c.       virus manusia: polio, influenza, hepatitis, AIDS , SARS dan flu burung.
d.      virus bakteri: bakteriofage T4
2. Berdasarkan jenis asam nukleat yang dikandung oleh virus:
a.       Virus RNA, contoh:virus influenza, virus HIV, corona virus (virus SARS), virus H5N1 (penyebab flu burung) dsb.
b.      Virus DNA, seperti poxvirus, herpesvirus, adenovirus dsb.

F.     Tahap Reproduksi Virus
Daur perkembangan virus dibedakan menjadi dua yaitu :
1.    Absorbs                            1. Absorbs                   6. Perakitan
2.    Injeksi                              2. Injeksi                     7. Pelepasan
3.    Sintesis                             3. Sintesis
4.    Perakitan                          4. Penggabungan
5.    Pelepasan                         5. Pembelahan
G.    Peran Virus Bagi Manusia
a.    Virus yang Menguntungkan (Untuk membuat antitoksin, pelemahkan bakteri untuk pembutan vaksin)
b.    Virus yang Merugikan (semua bentuk virus yang menyebabkan penyakit. Contoh : HIV, Polio, Flu Burung, TMV)


E.     Metode Pembelajaran
·         Pendekatan     : Scientific
Metode            : Pemberian tugas, Pembentukan kelompo, diskusi
·         Model              : GI (group investigation)

F.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Media                 : - Papan Tulis Dan Alat Peraga
2.      Alat dan bahan   :     Spidol, LKPD
3.      Sumber Belajar   :     Buku Paket Biologi kelas X
      LKS (Lembar Kerja Siswa)
      Media cetak maupun elektronik yang mendukung
G.    Langkah – Langkah Pembelajaran
Model              : GI (group investigation)
Waktu             : 2 X 40 menit ( 80 menit )



Fase
Kegiatan
Kegiatan Guru
KegiatanSiswa
Alokasi waktu
Pendahuluan

·     Guru memberi salam pembuka.
·     Guru mengajak peserta didik berdoa
·     Guru memeriksa kehadiran peserta didik
·     Apersepsi
“Siapa yang pernah kena flu?”
“Apakah kalian tahu flu itu disebabkan oleh apa?”

·    Guru menuliskan judul di papan tulis tentang “Virus”

·      Guru menjelaskan metode pembelajaran yang digunakan.
·  Siswa menjawab salam.

·  Siswa berdoa

·  Siswa memperhatikan

·  Siswa menjawab
“saya pak.”
“Virus pak,”



·      Siswa mendengarkan dan memperhatikan


·      Siswa mendengarkan dan memperhatikan
10 menit
Inti

·   Guru menyajiakan materi sebagai pengantar
·   Membagi dalam beberapa kelompok heterogen . kelompok terdiri dari  orang 3 siswa.
·   Masing-masing kelompok memperoleh satu pokok permasalahan yang diberikan oleh guru.
·   Siswa dengan bimbingan guru mempersiapkan investigasi terhadap pertanyaan yang telah dirumuskan sebelumnya
·   Guru mengarahkan untuk menyiapkan bahan untuk melakukan investigasi permasalahan (baik dari buku, majalah, atau koran)
·   Guru mengarahkan untuk mendiskusikan jawaban atas permasalahan. Kontribusi dari masing-masing kerjasama dalam kelompok sangat dibutuhkan.
·   Guru mengarahkan untuk membuat kesimpulan dari tiap-tiap jawaban permasalahan
·   Guru mengarahkan untuk mempersiapkan laporan kelompok yang akan dipresentasikan
·   Guru mengarahkan untuk mempersiapkan bahan dan perlengkapan serta mengorganisasikan presentasi kelompoknya agar berjalan dengan baik dan menarik
·   Guru mengarahkan untuk setiap juru bicara kelompok  maju ke depan untuk mempresentasikan laporan kelompoknya menggunakan alat peraga.
·   Guru mengarahkan dari kelompok lain mengajukan pertanyaan atas materi kelompok yang baru saja melakukan presentasi
Konfirmasi
·   Guru mengevaluasi (mengomentari, memberi kritik dan saran) terhadap penampilan dan materi laporan masing-masing kelompok


·   Guru memberi kesempatan untuk mengungkapkan perilaku yang dapat dilakukan setelah melaksanakan pembelajaran tentang virus

·    Guru memberikan kesempatan  tentang materi yang kurang jelas
·   Pemberian penguatan
·      Siswa mendengarkan.

·      Siswa duduk dalam kelompok


·      Siswa menerima LKPD dan mendengarkan arahan guru

·      Siswa menjawab pertanyaan



·      Siswa menyiapkan bahan untuk melakukan investigasi permasalahan (baik dari buku, majalah, atau koran)
·      Siswa mendiskusikan jawaban atas permasalahan. Kontribusi dari masing-masing siswa dalam kelompok sangat dibutuhkan.
·      Siswa membuat kesimpulan dari tiap-tiap jawaban permasalahan

·      Siswa mempersiapkan laporan kelompok yang akan dipresentasikan

·      Siswa mempersiapkan bahan dan perlengkapan serta mengorganisasikan presentasi kelompoknya agar berjalan dengan baik dan menarik
·      Setiap juru bicara kelompok maju ke depan untuk mempresentasikan laporan kelompoknya


·      Siswa dari kelompok lain mengajukan pertanyaan atas materi kelompok yang baru saja melakukan presentasi

·      Siswa bersama – sama kelompoknya mendengarkan evaluasi (mengomentari, memberi kritik dan saran) terhadap penampilan dan materi laporan masing-masing kelompok
·      Siswa mengungkapkan perilaku yang dapat dilakukan setelah melaksanakan pembelajaran tentang system reproduksi
·      Siswa bertanya pada guru tentang materi yang kurang jelas
·      Siswa mendengarkan.
60 menit
Penutup

·   Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan tentang materi virus.
·   Guru memberikan tugas yang harus di kerjakan siswa di rumah untuk pertemuan minggu depan
·   Aplikasi : “ untuk minggu depan kita akan mengidentifikasi beberapa penyakit atau gangguan yang terkait sistem reproduksi perempuan”
·   Penugasan : “silahkan kalian kumpulkan beberapa informasi terkait sistem bakteri
·   Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam penutup.
·     Siswa mendengarkan




·     Siswa antusias





·     Siswa memperhatikan dan mencatat keperluan apa saja yang mesti dipersiapkan




·     Siswa mendengarkan dan  mengikuti arahan guru




·         Siswa menjawab salam untuk menutup pelajaran
·         10 (menit)

Jember, 25 Oktober 2016

Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah Jember



Imdad Fahmi Azizi S.Hi
NUPTK:




 

Guru Pamong



Muhammad Husni S.Pd
NUPTK. 1551756657200032
 

Mahasiswa



Muhamad Zainul Asan
NIM. 1410211053


 




H.    Penilaian Hasil Belajar
Penilaian hasil belajar terdiri dari tiga ranah, yaitu kognitif, psikomotorik, dan afektif.

1.       Aspek  kognitif     
No
Pertanyaan
C1
C2
C3
C4
C5
C6
SKOR
1.
Sebutkan virus yang menyerang manusia, hewan, dan tumbuhan
V






20
2.
Selain manusia apa sajakah yang biasanya terjangkit virus

V




35
3
Bagaimana cara yang dapat di lakukan untuk mencegah agar tidak terifeksi virus dan bagaimana cara pengobatan apabila sudah terinfeksi oleh virus itu sendiri?



V









45

JUMLAH


100

Skor 1-3
Keterangan :
A             =  80 – 100 =  Sangat Baik
B             =  70 – 79   =  Baik
C             =  60 – 69   =  Cukup
D             =  50 – 59   =  Kurang                       E              =  0 – 49     =  Buruk
    
           Skor keseluruhan =    Nilai =   Skor yang diperoleh x 100
Skor keseluruhan


2.       Ranah Psikomotor
NO
Ranah psikomotor
P1
P2
P3
P4
Skor
1
Keterampilan siswa dalam  mengumpulkan  materi tentang virus.




5
2
Keterampilan siswa dalam mengidentifikasikan tentang materi virus.



10
3
Kemampuan siswa dalam melakukan presentasi



10
4
Keterampilan siswa dalam membedakan bentuk virus.



10
5
Siswa menjalankan diskusi terkait penyebab virus bersama kelompoknya



15
6
Keterampilan siswa dalam mempertajam analisis masalah bersama kelompoknya.



20
7
Keterampilan siswa dalam mengaktifkan diskusi kelompok mengerjakan LKPD




5
8
Keterampilan siswa dalam merancang hasil diskusi bersama kelompoknya dalam bentuk presentasi



10
9
Keterampilan siswa dalam menyesuaikan pendapatnya secara benar bersama kelompoknya.     



5
10
Keterampilan siswa dalam mengoreksi hasil pembelajaran



10
Jumlah
100
Keterangan :
A             =  80 – 100 =  Sangat Baik
B             =  70 – 79   =  Baik
C             =  60 – 69   =  Cukup
D             =  50 – 59   =  Kurang

Skor keseluruhan  = Nilai             =   Skor yang diperoleh x 100
                                                                        Skor keseluruhan

 
E              =  0 – 49     =  Buruk

3.       Ranah Afektif
NO
Ranah afektif
A1
A2
A3
A4
A5
Skor
1
Keseriusan siswa dalam mengikuti  pembelajaran.





3
2
Keaktifan siswa hasil dalam mendengarkan materi saat KBM berlangsung.




15
3
Kecermatan siswa dalam membedakan  antara Alat reproduksi luar dan dalam




12
4
Keaktifan siswa dalam memecahkan masalah bersama kelompoknya.




12
5
Keseriusan siswa dalam membentuk sebuah presentasi




12
6
Keaktifan siswa dalam melaporkan hasil diskusi kepada guru dan kepada para teman-temannya yang lain. 




7
7
Ketepatan siswa dalam mengajukan pertanyaan.




7
8
Keaktifan siswa dalam menampilkan jawaban dengan menggunakan hasil diskusi




7
9
Ketepatan siswa dalam melengkapi jawaban yang kurang tepat.




10
10
Keaktifan siswa dalam membentuk pendapat saat diskusi berlangsung.              




12
11
Keaktifan siswa dalam memperhatikan kesimpulan hasil pembelajaran.



3

Jumlah
100




Keterangan :
A             =  80 – 100 =  Sangat Baik
B             =  70 – 79   =  Baik
C             =  60 – 69   =  Cukup
D             =  50 – 59   =  Kurang
E              =  0 – 49     =  Buruk

Skor keseluruhan = Nilai              =   Skor yang diperoleh x 100
                                                                                              Skor keseluruhan

 
 




2.       Karakter siswa yang diharapkan:
No
Karakter
BT
MT
MB
MK
1
Bertanggung jawab




2
Bekerjasama




3
Toleransi




4
Bersahabat




5
Berfikir kritis         





Keterangan :
Ø   BT : Belum Terlihat ( Apabila siswa belum memperlihatkan tanda-tanda awal karakter yang di nyatakan dalam indicator)
Ø   MT : Mulai Terlihat (Apabila siswa sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal karakter yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten)
Ø   MB : Mulai Berkembang (Apabila siswa sudah memperlihatkan berbagai tanda karakter yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten)
Ø   MK : Membudaya (apabila siswa terus-menerus memperlihatkan karakter yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten.
                              



Keterangan :
A= 80-100   = sangat baik
B= 70-79     = baik
C= 60-69     = cukup
D= 50-59     = kurang
E= 0-49       = buruk



LAMPIRAN
POST TEST

1.      Apa yang kalian ketahui tentang virus?
2.      Sebutkan virus yang menyerang manusia, hewan, dan tumbuhan !
3.      Selain manusia apa sajakah yang biasanya terjangkit virus?









LDS 2
(VIRUS DAN PERANANNYA DALAM KEHIDUPAN)

Nama Kelompok         : ..........................................................
Ketua Kelompok         : ..........................................................
Nama Anggota            : 1........................................................
                                      2........................................................
                                      3........................................................
                                      4........................................................
Kelas                           : ..........................................................
Bab/ Sub bab               : Virus dan Peranan dalam Kehidupan.

1.      Apa yang kalian ketahui tentang virus?
2.      Sebutkan dan Jelaskan struktur penyusun tubuh virus yang kalian ketahui?









LDS 2
(VIRUS DAN PERANANNYA DALAM KEHIDUPAN)

Nama Kelompok         : ..........................................................
Ketua Kelompok         : ..........................................................
Nama Anggota            : 1........................................................
                                      2........................................................
                                      3........................................................
                                      4........................................................
Kelas                           : ..........................................................
Bab/ Sub bab               : Virus dan Peranan dalam Kehidupan.

1.      Lengkapi nomer di atas
2.      Yang dimaksud dengan kapsid!





LDS 2
(VIRUS DAN PERANANNYA DALAM KEHIDUPAN)

Nama Kelompok         : ..........................................................
Ketua Kelompok         : ..........................................................
Nama Anggota            : 1........................................................
                                      2........................................................
                                      3........................................................
                                      4........................................................
Kelas                           : ..........................................................
Bab/ Sub bab               : Virus dan Peranan dalam Kehidupan.

1.      Subutkan peranan Virus yang menguntungkan dalam kehidupan?
2.      Sebutkan peranan Virus yang merugikan pada manusia, hewan, maupun tumbuhan ? Masing-masing berikan contohnya minimal 3!











LDS 2
(VIRUS DAN PERANANNYA DALAM KEHIDUPAN)

Nama Kelompok         : ..........................................................
Ketua Kelompok         : ..........................................................
Nama Anggota            : 1........................................................
                                      2........................................................
                                      3........................................................
                                      4........................................................
Kelas                           : ..........................................................
Bab/ Sub bab               : Virus dan Peranan dalam Kehidupan.

1.      Sebutkan tahapan siklus litik atau lisis?
2.      Bagaimana cara yang dapat di lakukan untuk mencegah agar tidak terifeksi virus dan bagaimana cara pengobatan apabila sudah terinfeksi oleh virus itu sendiri?











SOAL ULANGAN HARIAN
SISWA X IPA 3 MATERI VIRUS

NAMA           :
NO ABSEN   :
 
 





A.    PILIHAN GANDA
BERIKAN TANDA (X ) PADA JAWABAN NYA

1.      Gambar berikut adalah sebuah bagteriofage, senyawa DNA di tunjukkan oleh nomor.?

a.       1
b.      2
c.       3
d.      4
e.       5
2.      Orang yang terserang HIV/AIDS sering terkena penyakit lain sebab,
a.       Rapuhnya system kekebalan
b.      Virus HIV membantu penyakit lain
c.       Aktivitas antibody meningkat
d.      Jumlah faksin menurun
e.       Virus HIV cepat berkembang

3.      Berikut adalah penyakit yang di sebabkan oleh virus pada manusia,kecuali…?
a.       Polio
b.      Influenza
c.       HIV
d.      Herves
e.       Tungro

4.      berikut ini adalah penyakit yang disebabkan oleh virus?
a.       Influenza dan flu burung
b.      Cacar dan malaria
c.       Cacar dan TBC
d.      Demam berdarah dan malaria
e.       Diare dan flu burung

5.      Penyakit di bawah ini:
a.       Pneumonia
b.      Influenza
c.       Rabies
d.      Herpes
e.       Morbili
Mana yang bukan di sebabkan oleh virus ?
6.      Siapa yang pertama kali menemukan untuk cacar air?
a.       Louis Pasteur
b.      Edward Jenner
c.       Frederick twort
d.      Felix d’herelle
e.       Antony Van Leeuwenhoek

7.      Manakah yang bukan hasil dari pembuatan vaksin dengan cara rekayasa genetic…?
a.       Vaksin penyakit poliomyelitis
b.      Vaksin gondong
c.       Vaksin cacar air
d.      Vaksin rabies
e.       Vaksin tetanus dan difteri

8.      Gambar di bawah ini untuk mengisi no 8, 9,10..?

Virus pada gambar di atas yang di tunjukan oleh anak panah a adalah…
a.       Kepala
b.      Ekor virus
c.       Serabut virus
d.      DNA
e.       Leher
9.      virus pada gambar di atas yang di tunjukan oleh anak panah b adalah…
a.       kepala
b.      ekor virus
c.       serabut virus
d.      leher
e.       DNA

10.  Virus pada gambar di atas di tunjukan oleh panah c adalah….
a.       Kepala
b.      Ekor virus
c.       Serabut virus
d.      Leher
e.       DNA

11.  Saat DNA virus masuk ke dalam bakteri adalah pada tahap….
a.       Sintesis
b.      Injeksi
c.       Perakitan
d.      Absordsi
e.       Peleburan

12.  berikut ini adalah peran virus dapat bermanfaat bagi manusia, kecuali.
a.       Untuk menghasilkan faksin
b.      Untuk menghasilkan antitoksin
c.       Untuk melemahkan bakteri
d.      Untuk memperkuat bakteri
e.       Jawaban A dan B benar

13.  Vaksin yang dapat di berikan per oral adalah vaksin untuk mencegah wabah penyakit
a.       Demam berdarah
b.      Trakom
c.       Rabies
d.      Polio
e.       Cacar

14.  Pendapat yang menyatakan bahwa virus merupakan benda mati di sebabkan oleh factor-faktor berikut kecuali…
a.       Tidak melakukan metabolism
b.      Ukuran sangat kecil
c.       Dapat di buat Kristal
d.      Tidak berupa sel
e.       Perbanyakan degan replikasi

15.  Virus yang menyebabkan pertumbuhan  tanaman padi terhambat menyebabkan tanaman menjadi kerdil adalah…
a.       Rabdovirus
b.      TMV
c.       CVBD
d.      Tungro
e.       Virus yellow

B.     SOAL URAIAN

1.      Ada jenis hepatitis A,B,C,D,dan E, dari semua itu perbedaan nya apa antara penyakit hepatitis tersebut?
2.      Berikan beberapa contoh vaksin yang telah di temukan?
3.      Apa yang membedakan reproduksi virus pada bakteri secara litik dan lisogenik,serta bagaimana kondisi bakteri pada kedua infeksi yang di lakukan oleh virus tersebut?
4.      Bagaimana cara penularan penyakit AIDS dari satu orang ke orang lain nya?
5.      Dari infeksi litik dan lisogenik pada bakteri coba kalian buat skema dari infeksi lisogenik menurut kalian dari penjelasan dan fase fase yang ada?







“SELAMAT MENGERJAKAN”

No comments:

Post a Comment