RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
Kelas
/ Semester : X / 1
Mata
Pelajaran : Biologi
Bab : 3
Topik : Virus
Waktu : 2 x 40 menit (2 x pertemuan)
A.
KOMPETENSI
INTI :
KI
3 :
KI
4 :
|
Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian dalam bidang kerja
yang spesifik untuk memecahkan masalah.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, berindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
|
B. Kompetensi Dasar
2.1. Berperilaku
ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung
jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam
mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong,
bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan
proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di
dalam kelas atau laboratorium maupun di luar kelas atau laboratorium.
2.2 Peduli
terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan
kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan
sekitar
Indikator
2.3 Menerapkan
pemahaman tentang virus berkaitan
tentang ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan
masyarakat
2.4 Menyajikan data
tentang ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan dalam bentuk model/charta.
C.
Tujuan
Melalui pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:
1.
Memiliki rasa ingin
tahu dengan bertanya.
2.
Menunjukkan sikap
aktif, mandiri dan bekerjasama pada saat melakukan diskusi permasalahan.
3.
Menjelaskan
sejarah penemuan virus
4.
Menjelaskan ciri-ciri virus berdasarkan ukuran, bentuk
dan struktur virus.
5.
Mengklasifikasi virus
berdasarkan cirri-ciri yang di miliki.
6.
Menjelaskan manfaat dan peranan virus dalam kehidupan
manusia baik yang menguntungkan maupun yang merugikan.
|
D.
Uraian
Materi
A.
Sejarah
Virus
Virus
berasal dari bahasa Yunani venom yang berarti racun. Secara umum virus
merupakan partikel tersusun atas elemen genetik yang mengandung salah satu asam
nukleat yaitu asam deoksiribonukleat (DNA) atau asam ribonukleat (RNA) yang dapat
berada dalam dua kondisi yang berbeda, yaitu secara intraseluler dalam tubuh
inang dan ekstrseluler diluar tubuh inang.
B.
Para
Ahli Penemu Virus
-
Tahun 1883,
Mayer (Jerman) meneliti penyakit Mozaik pada tembakau, kesimpulannya disebabkan
oleh bakteri yang sangat kecil.
-
Tahun 1892, D. Iwanowski (Rusia) meneliti
kembali penyebab penyakit Mozaik, ia menduga penyebabnya adalah organisme yang lebih kecildari bakteri. Kesimpulan masih sama.
-
Tahun 1898, MW.
Beijerinck (Belanda) menyebut agen infeksi adalah virus lolos saring.
C.
Ciri-ciri
Virus
-
Susunan tubuh
terdiri atas protein dan bahan inti (ADN/ARN)
-
Sebagai benda
hidup sekaligus benda mati
-
Dapat berkembang
biak (duplikasi)
-
Hanya dapat
hidup pada sel hidup (medium hidup)
-
Ukuran 25 – 300
nm (1 nano = 10-9 m)
Virus terkecil = Virus
Polio
Virus berukuran besar =
Virus penyerang bakteri
Virus terpanjang = TMV
-
Bentuk Virus
Bulat = HIV, flu Polihidris = Adenovirus
(demam)
Oval = Rabies Batang = TMV (mozaik
pada tembakau)
-
Virus penyerang
bakteri (Bakteriophage)
D.
Struktur
Virus
Partikel
virus bervariasi dari segi ukuran, bentuk maupun komposisi kimiawinya.
Bentuk-bentuk virus yang sudah diketahui ada yang serupa bola, berbentuk kotak,
berbentuk batang, dan ada yang seperti hurut T.Struktur Virus Tersusun Atas
: 1. Asam Nukleat yang merupakan pembawa informasi genetika bisa berupa DNA
atau RNA 2. Selubung Protein (kapsid)
yang memberi bentuk pada virus
E.
Klasifikasi
Virus
1.
Berdasarkan jenis inang yang diinfeksi, seperti :
a.
virus tanaman: Tobacco mozaic virus (TMV) sejenis
virus yang menyerang daun tembakau, Potato Yellow dwarf virus (virus kentang
kuning)
b.
virus hewan: Rhabdovirus yang menyebabkan rabies pada
anjing, NCD (New Castle Disease) yang menyebabkan penyakit tetelo pada unggas
c.
virus manusia: polio, influenza, hepatitis, AIDS ,
SARS dan flu burung.
d.
virus bakteri: bakteriofage T4
2. Berdasarkan jenis
asam nukleat yang dikandung oleh virus:
a.
Virus RNA,
contoh:virus influenza, virus HIV, corona virus (virus SARS), virus H5N1
(penyebab flu burung) dsb.
b.
Virus DNA,
seperti poxvirus, herpesvirus, adenovirus dsb.
F.
Tahap
Reproduksi Virus
Daur
perkembangan virus dibedakan menjadi dua yaitu :
1.
Absorbs 1. Absorbs 6. Perakitan
2.
Injeksi 2. Injeksi 7. Pelepasan
3.
Sintesis 3. Sintesis
4.
Perakitan 4. Penggabungan
5.
Pelepasan 5. Pembelahan
G.
Peran
Virus Bagi Manusia
a.
Virus yang
Menguntungkan (Untuk membuat antitoksin, pelemahkan
bakteri untuk pembutan vaksin)
b.
Virus yang
Merugikan (semua bentuk virus yang
menyebabkan penyakit. Contoh : HIV, Polio, Flu Burung, TMV)
E.
Metode Pembelajaran
·
Pendekatan :
Scientific
Metode : Pemberian tugas, Pembentukan kelompo,
diskusi
·
Model : GI (group investigation)
F.
SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Media : - Papan Tulis
Dan Alat Peraga
2.
Alat dan bahan : Spidol, LKPD
3.
Sumber Belajar : Buku Paket Biologi
kelas X
LKS
(Lembar Kerja Siswa)
Media cetak maupun elektronik yang mendukung
G.
Langkah
– Langkah Pembelajaran
Model : GI
(group investigation)
Waktu : 2 X 40 menit ( 80 menit )
Fase
Kegiatan
|
Kegiatan
Guru
|
KegiatanSiswa
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
· Guru memberi salam pembuka.
· Guru
mengajak peserta didik berdoa
· Guru
memeriksa kehadiran peserta didik
· Apersepsi
“Siapa
yang pernah kena flu?”
“Apakah
kalian tahu flu itu disebabkan oleh apa?”
· Guru menuliskan judul di papan tulis tentang
“Virus”
· Guru menjelaskan metode pembelajaran yang
digunakan.
|
· Siswa menjawab salam.
· Siswa
berdoa
· Siswa
memperhatikan
· Siswa menjawab
“saya pak.”
“Virus pak,”
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan
· Siswa mendengarkan dan memperhatikan
|
10 menit
|
Inti
|
· Guru menyajiakan materi sebagai
pengantar
· Membagi dalam beberapa kelompok heterogen .
kelompok terdiri dari orang 3 siswa.
· Masing-masing kelompok memperoleh satu pokok
permasalahan yang diberikan oleh guru.
· Siswa dengan bimbingan guru mempersiapkan
investigasi terhadap pertanyaan yang telah dirumuskan sebelumnya
· Guru mengarahkan untuk menyiapkan bahan
untuk melakukan investigasi permasalahan (baik dari buku, majalah, atau
koran)
· Guru mengarahkan untuk mendiskusikan jawaban
atas permasalahan. Kontribusi dari masing-masing kerjasama dalam kelompok
sangat dibutuhkan.
· Guru mengarahkan untuk membuat kesimpulan
dari tiap-tiap jawaban permasalahan
· Guru mengarahkan untuk mempersiapkan laporan
kelompok yang akan dipresentasikan
· Guru mengarahkan untuk mempersiapkan bahan
dan perlengkapan serta mengorganisasikan presentasi kelompoknya agar berjalan
dengan baik dan menarik
· Guru mengarahkan untuk setiap juru bicara
kelompok maju ke depan untuk
mempresentasikan laporan kelompoknya menggunakan alat peraga.
· Guru mengarahkan dari kelompok lain
mengajukan pertanyaan atas materi kelompok yang baru saja melakukan
presentasi
Konfirmasi
· Guru mengevaluasi (mengomentari, memberi
kritik dan saran) terhadap penampilan dan materi laporan masing-masing
kelompok
· Guru memberi kesempatan untuk mengungkapkan
perilaku yang dapat dilakukan setelah melaksanakan pembelajaran tentang virus
· Guru
memberikan kesempatan tentang materi
yang kurang jelas
· Pemberian penguatan
|
· Siswa
mendengarkan.
· Siswa
duduk dalam kelompok
· Siswa menerima LKPD dan
mendengarkan arahan guru
· Siswa menjawab pertanyaan
· Siswa menyiapkan bahan untuk melakukan
investigasi permasalahan (baik dari buku, majalah, atau koran)
· Siswa mendiskusikan jawaban atas permasalahan. Kontribusi
dari masing-masing siswa dalam kelompok sangat dibutuhkan.
· Siswa membuat kesimpulan dari tiap-tiap
jawaban permasalahan
· Siswa mempersiapkan laporan kelompok yang
akan dipresentasikan
· Siswa mempersiapkan bahan dan perlengkapan
serta mengorganisasikan presentasi kelompoknya agar berjalan dengan baik dan
menarik
· Setiap juru bicara kelompok maju ke depan
untuk mempresentasikan laporan kelompoknya
· Siswa dari kelompok lain mengajukan
pertanyaan atas materi kelompok yang baru saja melakukan presentasi
· Siswa bersama – sama kelompoknya
mendengarkan evaluasi (mengomentari, memberi kritik dan saran) terhadap
penampilan dan materi laporan masing-masing kelompok
· Siswa mengungkapkan perilaku yang dapat
dilakukan setelah melaksanakan pembelajaran tentang system reproduksi
· Siswa bertanya pada guru tentang materi yang
kurang jelas
· Siswa mendengarkan.
|
60 menit
|
Penutup
|
· Guru
membimbing siswa untuk menyimpulkan tentang materi virus.
· Guru memberikan tugas yang harus di kerjakan siswa di rumah untuk
pertemuan minggu depan
· Aplikasi : “ untuk minggu depan kita akan
mengidentifikasi beberapa penyakit atau gangguan yang terkait sistem
reproduksi perempuan”
· Penugasan : “silahkan kalian kumpulkan beberapa
informasi terkait sistem bakteri”
· Guru menutup
pembelajaran dengan mengucapkan salam penutup.
|
· Siswa
mendengarkan
· Siswa
antusias
· Siswa
memperhatikan dan mencatat keperluan apa saja yang mesti
dipersiapkan
· Siswa
mendengarkan dan mengikuti arahan guru
·
Siswa menjawab
salam untuk menutup pelajaran
|
·
10
(menit)
|
Jember, 25 Oktober
2016
|
|
|
H.
Penilaian Hasil Belajar
Penilaian hasil belajar terdiri dari tiga ranah,
yaitu kognitif, psikomotorik, dan afektif.
1.
Aspek
kognitif
No
|
Pertanyaan
|
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
SKOR
|
1.
|
Sebutkan virus yang
menyerang manusia, hewan, dan tumbuhan
|
V
|
20
|
|||||
2.
|
Selain manusia apa sajakah yang
biasanya terjangkit virus
|
V
|
35
|
|||||
3
|
Bagaimana cara yang dapat di lakukan untuk mencegah
agar tidak terifeksi virus dan bagaimana cara pengobatan apabila sudah
terinfeksi oleh virus itu sendiri?
|
V
|
45
|
|||||
JUMLAH
|
100
|
Skor 1-3
Keterangan :
A = 80 – 100 =
Sangat Baik
B = 70 – 79
= Baik
C = 60 – 69
= Cukup
D = 50 – 59
= Kurang E = 0 – 49
= Buruk
Skor
keseluruhan =
Nilai = Skor yang diperoleh x 100
Skor keseluruhan
2.
Ranah Psikomotor
NO
|
Ranah
psikomotor
|
P1
|
P2
|
P3
|
P4
|
Skor
|
1
|
Keterampilan
siswa dalam mengumpulkan materi
tentang virus.
|
√
|
5
|
|||
2
|
Keterampilan
siswa dalam mengidentifikasikan tentang
materi virus.
|
√
|
10
|
|||
3
|
Kemampuan
siswa dalam melakukan presentasi
|
√
|
10
|
|||
4
|
Keterampilan
siswa dalam membedakan bentuk virus.
|
√
|
10
|
|||
5
|
Siswa menjalankan diskusi terkait penyebab virus bersama
kelompoknya
|
√
|
15
|
|||
6
|
Keterampilan siswa dalam mempertajam analisis masalah bersama
kelompoknya.
|
√
|
20
|
|||
7
|
Keterampilan
siswa dalam mengaktifkan diskusi
kelompok mengerjakan LKPD
|
√
|
5
|
|||
8
|
Keterampilan
siswa dalam merancang hasil
diskusi bersama kelompoknya dalam bentuk presentasi
|
√
|
10
|
|||
9
|
Keterampilan
siswa dalam menyesuaikan
pendapatnya secara benar bersama kelompoknya.
|
√
|
5
|
|||
10
|
Keterampilan
siswa dalam mengoreksi hasil
pembelajaran
|
√
|
10
|
|||
Jumlah
|
100
|
Keterangan :
A = 80 – 100 = Sangat Baik
B = 70 – 79 =
Baik
C = 60 – 69 =
Cukup
D = 50 – 59 =
Kurang
|
E =
0 – 49 = Buruk
3.
Ranah Afektif
NO
|
Ranah
afektif
|
A1
|
A2
|
A3
|
A4
|
A5
|
Skor
|
1
|
Keseriusan
siswa dalam mengikuti pembelajaran.
|
√
|
3
|
||||
2
|
Keaktifan
siswa hasil dalam mendengarkan
materi saat KBM berlangsung.
|
√
|
15
|
||||
3
|
Kecermatan
siswa dalam membedakan antara Alat reproduksi luar dan dalam
|
√
|
12
|
||||
4
|
Keaktifan
siswa dalam memecahkan masalah
bersama kelompoknya.
|
√
|
12
|
||||
5
|
Keseriusan
siswa dalam membentuk sebuah
presentasi
|
√
|
12
|
||||
6
|
Keaktifan
siswa dalam melaporkan hasil
diskusi kepada guru dan kepada para teman-temannya yang lain.
|
√
|
7
|
||||
7
|
Ketepatan
siswa dalam mengajukan pertanyaan.
|
√
|
7
|
||||
8
|
Keaktifan
siswa dalam menampilkan jawaban
dengan menggunakan hasil diskusi
|
√
|
7
|
||||
9
|
Ketepatan
siswa dalam melengkapi jawaban
yang kurang tepat.
|
√
|
10
|
||||
10
|
Keaktifan
siswa dalam membentuk pendapat saat
diskusi berlangsung.
|
√
|
12
|
||||
11
|
Keaktifan
siswa dalam memperhatikan
kesimpulan hasil pembelajaran.
|
√
|
3
|
||||
Jumlah
|
100
|
Keterangan :
A = 80 – 100 = Sangat Baik
B = 70 – 79 =
Baik
C = 60 – 69 =
Cukup
D = 50 – 59 =
Kurang
E = 0 – 49 = Buruk
|
2. Karakter
siswa yang diharapkan:
No
|
Karakter
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1
|
Bertanggung
jawab
|
||||||
2
|
Bekerjasama
|
||||||
3
|
Toleransi
|
||||||
4
|
Bersahabat
|
||||||
5
|
Berfikir
kritis
|
||||||
Keterangan
:
Ø BT : Belum
Terlihat ( Apabila siswa belum memperlihatkan tanda-tanda
awal karakter yang di nyatakan dalam indicator)
Ø MT : Mulai
Terlihat (Apabila siswa sudah mulai memperlihatkan adanya
tanda-tanda awal karakter yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum
konsisten)
Ø MB : Mulai
Berkembang (Apabila siswa sudah memperlihatkan berbagai tanda
karakter yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten)
Ø MK : Membudaya
(apabila siswa terus-menerus memperlihatkan karakter yang dinyatakan dalam
indikator secara konsisten.
Keterangan
:
A= 80-100 = sangat baik
B= 70-79 = baik
C= 60-69 = cukup
D= 50-59 = kurang
E= 0-49 = buruk
LAMPIRAN
POST
TEST
1. Apa
yang kalian ketahui tentang virus?
2. Sebutkan
virus yang menyerang manusia, hewan, dan tumbuhan !
3. Selain
manusia apa sajakah yang biasanya terjangkit virus?
LDS
2
(VIRUS
DAN PERANANNYA DALAM KEHIDUPAN)
Nama
Kelompok :
..........................................................
Ketua
Kelompok : ..........................................................
Nama
Anggota :
1........................................................
2........................................................
3........................................................
4........................................................
Kelas :
..........................................................
Bab/
Sub bab : Virus dan Peranan dalam Kehidupan.
1. Apa
yang kalian ketahui tentang virus?
2.
Sebutkan dan Jelaskan struktur penyusun tubuh virus
yang kalian ketahui?
LDS
2
(VIRUS
DAN PERANANNYA DALAM KEHIDUPAN)
Nama
Kelompok :
..........................................................
Ketua
Kelompok :
..........................................................
Nama
Anggota :
1........................................................
2........................................................
3........................................................
4........................................................
Kelas :
..........................................................
Bab/ Sub bab : Virus dan Peranan dalam Kehidupan.
1. Lengkapi nomer
di atas
2. Yang
dimaksud dengan kapsid!
LDS
2
(VIRUS
DAN PERANANNYA DALAM KEHIDUPAN)
Nama
Kelompok : ..........................................................
Ketua
Kelompok :
..........................................................
Nama
Anggota :
1........................................................
2........................................................
3........................................................
4........................................................
Kelas :
..........................................................
Bab/
Sub bab : Virus dan Peranan dalam Kehidupan.
1.
Subutkan peranan Virus yang menguntungkan dalam
kehidupan?
2.
Sebutkan peranan Virus yang merugikan pada manusia,
hewan, maupun tumbuhan ? Masing-masing berikan contohnya minimal 3!
LDS
2
(VIRUS
DAN PERANANNYA DALAM KEHIDUPAN)
Nama
Kelompok :
..........................................................
Ketua
Kelompok :
..........................................................
Nama
Anggota :
1........................................................
2........................................................
3........................................................
4........................................................
Kelas :
..........................................................
Bab/ Sub bab : Virus dan Peranan dalam Kehidupan.
1.
Sebutkan tahapan siklus litik atau lisis?
2.
Bagaimana cara yang dapat di lakukan untuk mencegah
agar tidak terifeksi virus dan bagaimana cara pengobatan apabila sudah
terinfeksi oleh virus itu sendiri?
SOAL
ULANGAN HARIAN
SISWA
X IPA 3 MATERI VIRUS
|
A.
PILIHAN
GANDA
BERIKAN
TANDA (X ) PADA JAWABAN NYA
a.
1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
2. Orang
yang terserang HIV/AIDS sering terkena penyakit lain sebab,
a.
Rapuhnya system
kekebalan
b.
Virus HIV
membantu penyakit lain
c.
Aktivitas
antibody meningkat
d.
Jumlah faksin
menurun
e.
Virus HIV cepat
berkembang
3. Berikut
adalah penyakit yang di sebabkan oleh virus pada manusia,kecuali…?
a. Polio
b. Influenza
c. HIV
d. Herves
e. Tungro
4. berikut
ini adalah penyakit yang disebabkan oleh virus?
a.
Influenza dan
flu burung
b.
Cacar dan
malaria
c.
Cacar dan TBC
d.
Demam berdarah
dan malaria
e.
Diare dan flu
burung
5. Penyakit
di bawah ini:
a.
Pneumonia
b.
Influenza
c.
Rabies
d.
Herpes
e.
Morbili
Mana
yang bukan di sebabkan oleh virus ?
6. Siapa
yang pertama kali menemukan untuk cacar air?
a. Louis
Pasteur
b. Edward
Jenner
c. Frederick
twort
d. Felix
d’herelle
e. Antony
Van Leeuwenhoek
7. Manakah
yang bukan hasil dari pembuatan vaksin dengan cara rekayasa genetic…?
a.
Vaksin penyakit
poliomyelitis
b.
Vaksin gondong
c.
Vaksin cacar air
d.
Vaksin rabies
e.
Vaksin tetanus
dan difteri
Virus pada gambar di atas yang di
tunjukan oleh anak panah a adalah…
a. Kepala
b. Ekor
virus
c. Serabut
virus
d. DNA
e. Leher
9. virus
pada gambar di atas yang di tunjukan oleh anak panah b adalah…
a. kepala
b. ekor
virus
c. serabut
virus
d. leher
e. DNA
10.
Virus pada gambar di atas di
tunjukan oleh panah c adalah….
a.
Kepala
b.
Ekor virus
c.
Serabut virus
d.
Leher
e.
DNA
11. Saat
DNA virus masuk ke dalam bakteri adalah pada tahap….
a. Sintesis
b. Injeksi
c. Perakitan
d. Absordsi
e. Peleburan
12. berikut
ini adalah peran virus dapat bermanfaat bagi manusia, kecuali.
a. Untuk
menghasilkan faksin
b. Untuk
menghasilkan antitoksin
c. Untuk
melemahkan bakteri
d. Untuk
memperkuat bakteri
e. Jawaban
A dan B benar
13. Vaksin
yang dapat di berikan per oral adalah vaksin untuk mencegah wabah penyakit
a. Demam
berdarah
b. Trakom
c. Rabies
d. Polio
e. Cacar
14. Pendapat
yang menyatakan bahwa virus merupakan benda mati di sebabkan oleh factor-faktor
berikut kecuali…
a. Tidak
melakukan metabolism
b. Ukuran
sangat kecil
c. Dapat
di buat Kristal
d. Tidak
berupa sel
e. Perbanyakan
degan replikasi
15. Virus
yang menyebabkan pertumbuhan tanaman
padi terhambat menyebabkan tanaman menjadi kerdil adalah…
a. Rabdovirus
b. TMV
c. CVBD
d. Tungro
e. Virus
yellow
B.
SOAL URAIAN
1.
Ada jenis hepatitis
A,B,C,D,dan E, dari semua itu perbedaan nya apa antara penyakit hepatitis
tersebut?
2.
Berikan beberapa
contoh vaksin yang telah di temukan?
3.
Apa yang
membedakan reproduksi virus pada bakteri secara litik dan lisogenik,serta
bagaimana kondisi bakteri pada kedua infeksi yang di lakukan oleh virus
tersebut?
4.
Bagaimana cara
penularan penyakit AIDS dari satu orang ke orang lain nya?
5.
Dari infeksi
litik dan lisogenik pada bakteri coba kalian buat skema dari infeksi lisogenik
menurut kalian dari penjelasan dan fase fase yang ada?
“SELAMAT
MENGERJAKAN”
No comments:
Post a Comment