contoh rpp k13 protista



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah             : 
Kelas / Semester          : X  / 1
Mata Pelajaran            : Biologi
Bab                              : I
Topik                           : Protista (Mirip Jamur, Tumbuhan dan Hewan)
Waktu                         : 3 x 120 menit (3x pertemuan)

I .   KOMPETENSI INTI
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4



:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
II .  KOMPETENSI DASAR
3.5
kelas atau laboratorium.
Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan protista berdasarkan  ciri-ciri umum kelas dan perannya dalam kehidupan melalui pengamatan secara teliti dan sistematis

Indikator :

1.1.1
Mengagumi terhadap salah satu ciptaan Tuhan yaitu Protista yang memiliki peranan penting dalam kehidupan di bumi.

2.1.1
Memiliki rasa ingin tahu dengan bertanya.

3.5.1
Mengidentifikasi ciri-ciri Protista mirip hewan
3.5.2
Mengklasifikasikan Protista mirip hewan
3.5.3
Menjelaskan peranan Protista mirip hewan bagi kehidupan
3.5.4
Mengidentifikasi ciri-ciri Protista mirip tumbuhan
3.5.5
Mengklasifikasikan Protista mirip tumbuhan
3.5.6
Menjelaskan peranan Protista mirip tumbuhan bagi kehidupan
3.5.7
Mengidentifikasi ciri-ciri Protista mirip jamur
3.5.8
Mengklasifikasikan Protista mirip jamur
3.5.9
Menjelaskan peranan Protista mirip jamur bagi kehidupan


III . MATERI AJAR

Protista Mirip Tumbuhan (Alga)
Protista mirip tumbuhan merupakan kingdom yang anggotanya memiliki persamaan ciri dengan tumbuhan. Anggota kingdom protista yang memiliki kemiripan dengan tumbuhan adalah alga. Ukuran yang dimiliki alga beragam, ada yang berukuran mikroskopis dan ada juga yang berukuran makroskopis. Alga terdiri atas alga uniseluler (bersel satu) dan alga multiseluler (memiliki sel banyak). Alga uniseluler,ada yang hidup sendiri (soliter) dan ada yang hidup berkoloni. Bentuk alga uniseluler antara lainbulat, oval,atau seperti buah pir. Bentuk protista mirip tumbuhan (alga) multiseluler biasanya berupa lembaran atauberbentuk benang. Alga mempunyai plastida berupa kloroplas sehingga bersifat autotrof yangberarti mampu membuat makanan sendiri. Kloroplas berfungsi untuk menyerap energy cahaya matahari yang berguna untuk proses fotosintesis. Pada protista mirip tumbuhan ini memiliki pigmen utama untuk fotosintesis yaitu klorofil. Selain klorofil,setiap jenis alga mempunyai pigmen tambahan. Pigmen itu antara lain karoten, fikobilin, xantofil, dan fukosantin.  Alga (protista mirip tumbuhan) bereproduksi secara aseksual dan seksual. Reproduksi aseksual aseksual pada alga terjadi dengan cara pembelahan biner, fragmentasi, dan pembentukan spora.  Pengklasifikasian alga berdasarkan padapigmen yang dominan, komponen penyusun dinding sel, jumlah dan posisi flagella, serta bentuk makanan cadangan. Alga dikelompokkan dalam tujuh filum protista mirip tumbuhan yaitu Euglenophyta, Pyrrophyta, Bacillariophyta, Chlorophyta, Chrysophyta, Phaeophyta, dan Rhodophyta.

Protista Mirip hewan (Prozoa) Memiliki cirri umum Heterotrof, memangsa bakteri, protista lain, sampah organism, Parasit , Predator (Contoh: Didinium memangsa Paramecium), Soliter atau berkoloni , Hidup bebas di air (air tawar maupun laut), tanah, Bersimbiosis di tubuh hewan atau manusia. Berdasarkan alat geraknya protista terdiri dari Cilliata, Rhizopoda, Flagellata, dan Sprozoa.

Protista Mirip jamur Heterotrof saprofit atau parasit , Menghasilkan spora yang motil. Terdiri dari Myxomycota, Acrasimycota, dan Oomycota.


IV. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR
§  Alat :
-          Papan tulis
-          Spidol
§  Bahan :
-          LDS (Lembar Diskusi Siswa) tentang protista mirip tumbuhan, hewan dan jamur.
-          Power Point tentang pengertian Protista ciri-ciri protista secara umum.
-          Power Point tentang Ciri-ciri protista mirip Tumbuhan dan klasifikasinya serta manfaat dan peran protista dalam kehidupan manusia,
-          Gambar / Video tentang Protista mirip Tumbuhan.
-          Power Point tentang Ciri-ciri protista mirip Hewan dan klasifikasinya serta manfaat dan peran protisat dalam kehidupan manusia,
-          Power Point tentang pengertian Protista ciri-ciri protista secara umum.
-          Power Point tentang Ciri-ciri protista mirip jamur dan klasifikasinya serta manfaat dan peran protista dalam kehidupan manusia,
-          Gambar / Video tentang Protista mirip Jamur, Hewan maupun Tumbuhan.

§  Sumber Belajar :
-          Santoso, Iman. 2007. Pembelajaran Biologi Untuk SMA. Jakarta: Interplus
-          Syamsuri, Istamar dkk. 2007. Biologi Untuk SMA KELAS X SEMESTER 1. Malang : Erlangga
-          Irnaningtyas . 2014 . BIOLOGI UNTUK SMA/MA KELAS X KELOMPOK PEMINATAN MATEMATIKA DAN ILMU ALAM . Jakarta: Erlangga

V.       LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan 1 (1 x 40 menit)
Kegiatan
Sintaks
Aktivitas Guru dan Siswa
Alokasi Waktu
Pendahuluan







































1.      Apersepsi
§  Guru mengucapkan salam dan berdoa
§  Guru memeriksa kehadiran siswa
§  Guru menanyakan kepada siswa mengenai materi protista dengan memberikan pertanyaan sebagai  berikut:
a.   Apakah yang kalian ketahui tentang protista?
2.      Motivasi
§  Guru memuji siswa yang menjawab pertanyaan guru, diharapkan siswa mau menyumbang ide atau pendapat, menyanggah dan mampu menjadi pendengar yang baik.
§  Guru juga memotivasi siswa dengan memberikan pesan atau nasehat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan memberi ungkapan:”Sukses itu salah satu faktornya adalah dengan selalu mengagumi semua ciptaan Allah SWT, dengan cara mempelajari dan mengkaji dengan penuh ikhlas dan tanggung jawab, salah satunya adalah dengan mempelajari bakteri yang ada di bumi”, sehingga dapat memotivasi dalam mempelajari dan menganalisis setiap permasalahan pada tumbuhan secara seksama.
§  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
§  Guru menginformasikan langkah-langkah model pembelajaran Problem based Learning (PBL) serta  metode diskusi dan tanya jawab.
5  Menit
Inti















(Orientasi siswa pada masalah)







(Mengorganisasikan siswa untuk belajar)











(Membimbing penyelidikan individu dan kelompok)




















(Mengembangkan dan menyajikan hasil karya)



















(Menganalisis dan mengevaluasi proses pemacahan masalah)
Presentasi
Guru menyajikan pelajaran mengenai materi tentang
·         pengertian dan ciri-ciri protista secara umum
·         protista mirip hewan (protozoa) meliputi: Ciri-ciri protozoa, Struktur tubuh protozoa, Cara reproduksi, Klasifikasi protozoa serta Peranan protozoa. Dengan menggunakan Power Point serta video pembelajaran tentang bentuk-bentuk bakteri.
Mengamati
§  Guru memandu siswa pada masalah terkait materi Protista pada LDS (Lembar Diskusi Siswa) tentang Ciri-ciri protozoa, Struktur tubuh protozoa, Cara reproduksi, Klasifikasi protozoa serta Peranan protozoa

§  Guru membagi siswa menjadi 8 kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4-5 siswa.
§  Siswa mengamati permasalahan mengenai materi Protista Mirip Hewan yaitu LDS tentang Ciri-ciri protozoa, Struktur tubuh protozoa, Cara reproduksi, Klasifikasi protozoa serta Peranan protozoa
§   yang telah disiapkan.
Menanya
§  Guru menyediakan pertanyaan pada LDS (Lembar Diskusi Siswa) Ciri-ciri protozoa, Struktur tubuh protozoa, Cara reproduksi, Klasifikasi protozoa serta Peranan protozoa untuk dijawab oleh siswa dengan tujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu, membangun sikap aktif, mandiri dan bekerjasama pada siswa.
§  Siswa menanyakan kepada guru mengenai kesulitan atau kendala pada permasalahan topik yang dibahas.
§  Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dengan permasalahan yang disajikan dalam LDS tentang Ciri-ciri protozoa, Struktur tubuh protozoa, Cara reproduksi, Klasifikasi protozoa serta Peranan protozoa
melalui buku diktat, internet.
Menalar
§  Siswa berusaha untuk mengerjakan permasalahan pada Lembar Diskusi Siswa (LDS) tentang Ciri-ciri protozoa, Struktur tubuh protozoa, Cara reproduksi, Klasifikasi protozoa serta Peranan protozoa sesuai dengan pengetahuan dan kemampuan dalam menggali informasi.
Mencoba
§ Guru menunjuk salah satu perwakilan kelompok untuk membacakan hasil diskusinya.
§ Siswa menunjukkan hasil diskusinya dengan melakukan presentasi di depan kelas.
§ Siswa lain boleh memberikan pertanyaan dan menyanggah kepada kelompok presentasi.
Menyimpulkan
§ Guru mengevaluasi hasil kerja siswa.
§  Guru memberikan post test Ciri-ciri protozoa, Struktur tubuh protozoa, Cara reproduksi, Klasifikasi protozoa serta Peranan protozoa untuk mengetahui kemampuan siswa setelah proses pembelajaran.
30 menit
Penutup



Kesimpulan dan penugasan
§  Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari materi yang dijelaskan guru dan hasil diskusi yang dilakukan.
§  Guru memberikan penugasan kepada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya protista mirip tumbuhan.
§  Guru mengakhiri pelajaran dan memberi salam.
10 menit

Pertemuan 2 (2 x 40 menit)
Kegiatan
Sintaks
Aktivitas Guru dan Siswa

Alokasi Waktu
Pendahuluan

1.   Apersepsi
§  Guru mengucapkan salam
§  Guru memeriksa kehadiran siswa
§  Guru mereview materi minggu lalu
a.       Apakah kalian masih ingat materi minggu lalu kita telah membahas tentang protista mirip tumbuhan, siapa yang masih ingat protista mirip tumbuhan memiliki ciri-ciri seperti apa?
§  Guru menanyakan kepada siswa mengenai Protista mirip tumbuhan sebagai berikut:
a.   Apakah kalian tahu agar-agar ini terbuat dari bahan dasar apa?
2.   Motivasi
§  Guru memuji siswa yang menjawab pertanyaan guru, diharapkan siswa mau menyumbang ide atau pendapat, menyanggah dan mampu menjadi pendengar yang baik.
§  Guru juga memotivasi siswa dengan memberikan pesan atau nasehat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan memberi ungkapan: ”Protista mirip tumbuhan memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan . Oleh karena itu, marilah kita menjaga, merawat dan mempelajari seluk beluk mengenai protis salah satunya protista mirip tumbuhan di bumi sebagai bentuk terima kasih atas ciptaan Tuhan  Yang Maha Esa, sehingga dapat memotivasi dalam mempelajari dan menganalisis setiap permasalahan pada  protista secara seksama.
§  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
§  Guru menginformasikan langkah-langkah model pembelajaran Problem based Learning (PBL) serta metode diskusi dan tanya jawab
15    Menit
Inti

























































































(Orientasi siswa pada masalah)














(Mengorganisasikan siswa untuk belajar)






















(Membimbing penyelidikan individu dan kelompok)











(Mengembangkan dan menyajikan hasil karya)











(Menganalisis dan mengevaluasi proses pemacahan masalah)








Menganalisis dan mengevaluasi proses pemacahan masalah)
Presentasi
§  Guru menyajikan pelajaran dengan menampilkan power point mengenai ciri-ciri, klasifikasi dan peranan protista mirip tumbuhan dalam kehidupan.

Guru menanyakan masalah berupa :
§  Apakah kalian tahu mengapa air danau tampak hijau?
§  Siswa mengamati suatu foto berwarna/gambar dua dimensi berbagai macam protista yang menyerupai tumbuhan.
§  Termasuk golongan organisme dalam protista mirip tumbuhan yang manakah pada gambar tersebut?
§  Serta Sebutkan cirri-ciri, habitat, serta peranan dalam kehidupan?


§  Mengamati
§  Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4-5 siswa.
§  Siswa mengamati permasalahan mengenai materi tersebut pada LDS tentang peranan protista mirip tumbuhan.
§  Siswa mendiskusikan ciri umum protista mirip tumbuhan atau alga.
§   Siswa membandingkan hasil pengamatan dengan gambar/charta/foto/film berbagai jenis organisme golongan Protista mirip tumbuhan.
§  Guru memandu siswa pada masalah terkait materi protista pada LDS (Lembar Diskusi Siswa) tentang Peranan protista mirip tumbuhan bagi kehidupan.

Menanya
§  Dengan metode tanya jawab, guru meminta siswa mendiskusikan permasalahan tersebut.
§  Siswa menanyakan kepada guru mengenai kesulitan atau kendala pada permasalahan topik yang dibahas.
§  Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dengan permasalahan yang disajikan dalam buku siswa melalui buku diktat, internet, dan sumber lainnya.

Menalar
§ Siswa berusaha untuk mengerjakan permasalahan pada kuis LDS (Lembar Diskusi Siswa) tentang Protista mirip Tumbuhan (ganggang atau Alga) peranan dalam kehidupan sesuai dengan pengetahuan dan kemampuan dalam menggali informasi.



Mencoba
§ Guru menunjuk salah satu perwakilan kelompok untuk membacakan hasil diskusinya.
§ Siswa menunjukkan hasil diskusinya dengan melakukan presentasi di depan kelas.
§ Siswa lain boleh memberikan pertanyaan dan menyanggah kepada kelompok presentasi.
Menyimpulkan
§ Guru mengevaluasi hasil kerja siswa
§ Guru memberikan post test mengenai ciri-ciri, klasifikasi dan peranan protista mirip tumbuhan dalam kehidupan untuk mengetahui kemampuan siswa setelah proses pembelajaran.
60 menit













































Penutup


Kesimpulan dan penugasan
§  Guru meminta tiap kelompok untuk mengumpulkan hasil pekerjaannya.
§  Guru mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan pembelajaran hari ini.
§  Guru memberikan tugas ngresum tentang materi protista mirip tumbuhan.
§  Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan memberi salam penutup.

15 Menit



Pertemuan 3 (1 x 40 menit)
Kegiatan

Aktivitas Guru dan Siswa
Alokasi Waktu
Pendahuluan

1.   Apersepsi
§  Guru mengucapkan salam
§  Guru memeriksa kehadiran siswa
§  Guru menanyakan kepada siswa mengenai manfaat
§  Guru menanyakan kepada siswa mengenai Protista mirip Jamur sebagai berikut:
b.   Apakah kalian tahu tentang protista mirip Jamur?
2.      Motivasi
§  Guru memuji siswa yang dapat menjawab pertanyaan guru, diharapkan siswa mau menyumbang ide atau pendapat, menyanggah dan mampu menjadi pendengar yang baik.
§  Guru juga memotivasi siswa dengan memberikan pesan atau nasehat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan memberi ungkapan:”Sukses itu salah satu faktornya adalah dengan selalu mengagumi semua ciptaan Allah SWT, dengan cara mempelajari dan mengkaji dengan penuh ikhlas dan tanggung jawab, salah satunya adalah dengan mempelajari protista mirip jamur”, sehingga dapat memotivasi dalam mempelajari dan menganalisis setiap permasalahan pada  protista mirip jamur secara seksama.
§  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
§  Guru menginformasikan langkah-langkah model pembelajaran Problem based Learning (PBL).
5        Menit
Inti








(Orientasi siswa pada masalah)





(Mengorganisasikan siswa untuk belajar)






(Membimbing penyelidikan individu dan kelompok)

















(Mengembangkan dan menyajikan hasil karya)















(Menganalisis dan mengevaluasi proses pemacahan masalah)
Presentasi
§  Guru menyajikan pelajaran dengan menampilkan power point mengenai ciri-ciri, klasifikasi dan peranan protista mirip jamur dalam kehidupan.
Mengamati
§  Guru memandu siswa pada masalah terkait materi bakteri pada LKS (Lembar Kerja Siswa) tentang ciri-ciri, klasifikasi dan peranan protista mirip jamur dalam kehidupan.

§  Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4-5 siswa.
§  Siswa mengamati permasalahan mengenai materi tersebut yaitu LDS tentang peranan protista mirip Jamur dalam kehidupan.
Menanya
§  Guru menyediakan pertanyaan pada LKS (Lembar Kerja Siswa) untuk dijawab oleh siswa dengan tujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu, membangun sikap aktif, mandiri dan bekerjasama pada siswa.
§  Siswa menanyakan kepada guru mengenai kesulitan atau kendala pada permasalahan topik yang dibahas.
§  Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dengan permasalahan yang disajikan dalam LKS pengamatan bentuk bakteri dalam koloni melalui buku diktat, internet, LKS.
Menalar
§ Siswa berusaha untuk mengerjakan permasalahan pada Lembar Kerja Siswa (LKS) sesuai dengan pengetahuan dan kemampuan dalam menggali informasi.
Mencoba
§ Guru menunjuk salah satu perwakilan kelompok untuk membacakan hasil pengamatannya.
§ Siswa menunjukkan hasil pengamatannya dengan melakukan presentasi di depan kelas.
§ Siswa lain boleh memberikan pertanyaan dan menyanggah kepada kelompok presentasi.
Menyimpulkan
§ Guru mengevaluasi hasil kerja siswa. 
30 menit
Penutup



Kesimpulan dan penugasan
§ Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari materi yang dijelaskan guru dan hasil pengamatan yang dilakukan.
§ Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengerjakan LKS tentang protista.
§ Guru mengakhiri pelajaran dan memberi salam.
10 menit



Jember, 8 Oktober 2017

Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah Jember





Imdad Fahmi Azizi S.Hi
NUPTK:




 

Guru Pamong



Muhammad Husni S.Pd
NUPTK. 1551756657200032
 

Mahasiswa



Muhamad Zainul Asan
NIM. 1410211053


 































VI.             Penilaian Hasil Belajar
Penilaian hasil belajar terdiri dari tiga ranah, yaitu kognitif, psikomotorik, dan afektif.

1.      Aspek  kognitif     
No
Pertanyaan
C1
C2
C3
C4
C5
C6
SKOR
1.
Sebutkan cirri-ciri secara umum protista mirip hewan (protozoa) ?
V






20
2.
Bagaimana cara reproduksi pada protozoa, Jelaskan?


V




35
3
Apa saja peranan Protozoa dalam kehidupan baik yang menguntungkan maupun merugikan?



V









45

JUMLAH


100

Skor 1-3
Keterangan :
A         =  80 – 100 =  Sangat Baik
B         =  70 – 79   =  Baik
C         =  60 – 69   =  Cukup
D         =  50 – 59   =  Kurang                       E         =  0 – 49     =  Buruk
    
           Skor keseluruhan =    Nilai =   Skor yang diperoleh x 100
Skor keseluruhan


2.      Ranah Psikomotor
NO
Ranah psikomotor
P1
P2
P3
P4
Skor
1
Keterampilan siswa dalam  mengumpulkan  materi tentang Protista.




5
2
Keterampilan siswa dalam mengidentifikasikan tentang materi Protista.



10
3
Kemampuan siswa dalam melakukan presentasi



10
4
Keterampilan siswa dalam membedakan bentuk Protista.



10
5
Siswa menjalankan diskusi terkait penyebab Protista bersama kelompoknya



15
6
Keterampilan siswa dalam mempertajam analisis masalah bersama kelompoknya.



20
7
Keterampilan siswa dalam mengaktifkan diskusi kelompok mengerjakan LKPD




5
8
Keterampilan siswa dalam merancang hasil diskusi bersama kelompoknya dalam bentuk presentasi



10
9
Keterampilan siswa dalam menyesuaikan pendapatnya secara benar bersama kelompoknya.     



5
10
Keterampilan siswa dalam mengoreksi hasil pembelajaran



10
Jumlah
100
Keterangan :
A         =  80 – 100 =  Sangat Baik
B         =  70 – 79   =  Baik
C         =  60 – 69   =  Cukup
D         =  50 – 59   =  Kurang

Skor keseluruhan  = Nilai     =   Skor yang diperoleh x 100
                                                                        Skor keseluruhan

 
E         =  0 – 49     =  Buruk

3.      Ranah Afektif
NO
Ranah afektif
A1
A2
A3
A4
A5
Skor
1
Keseriusan siswa dalam mengikuti  pembelajaran.





3
2
Keaktifan siswa hasil dalam mendengarkan materi saat KBM berlangsung.




15
3
Kecermatan siswa dalam membedakan  antara Alat reproduksi luar dan dalam




12
4
Keaktifan siswa dalam memecahkan masalah bersama kelompoknya.




12
5
Keseriusan siswa dalam membentuk sebuah presentasi




12
6
Keaktifan siswa dalam melaporkan hasil diskusi kepada guru dan kepada para teman-temannya yang lain. 




7
7
Ketepatan siswa dalam mengajukan pertanyaan.




7
8
Keaktifan siswa dalam menampilkan jawaban dengan menggunakan hasil diskusi




7
9
Ketepatan siswa dalam melengkapi jawaban yang kurang tepat.




10
10
Keaktifan siswa dalam membentuk pendapat saat diskusi berlangsung.              




12
11
Keaktifan siswa dalam memperhatikan kesimpulan hasil pembelajaran.



3

Jumlah
100




Keterangan :
A         =  80 – 100 =  Sangat Baik
B         =  70 – 79   =  Baik
C         =  60 – 69   =  Cukup
D         =  50 – 59   =  Kurang
E         =  0 – 49     =  Buruk

Skor keseluruhan = Nilai      =   Skor yang diperoleh x 100
                                                                       Skor keseluruhan

 
 




2.      Karakter siswa yang diharapkan:
No
Karakter
BT
MT
MB
MK
1
Bertanggung jawab




2
Bekerjasama




3
Toleransi




4
Bersahabat




5
Berfikir kritis         





Keterangan :
Ø   BT : Belum Terlihat ( Apabila siswa belum memperlihatkan tanda-tanda awal karakter yang di nyatakan dalam indicator)
Ø   MT : Mulai Terlihat (Apabila siswa sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal karakter yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten)
Ø   MB : Mulai Berkembang (Apabila siswa sudah memperlihatkan berbagai tanda karakter yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten)
Ø   MK : Membudaya (apabila siswa terus-menerus memperlihatkan karakter yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten.
                              



Keterangan :
A= 80-100   = sangat baik
B= 70-79     = baik
C= 60-69     = cukup
D= 50-59     = kurang
E= 0-49       = buruk


Lampiran 2: Instrumen Penilaian Pengetahuan
A.    TES TULIS

POST TEST 2
(Protista Mirip Tumbuhan/Ganggang)

Nama   :
No       :


Pasangkanlah pernyataan di sebelah kiri dengan kata-kata yang sesuai pada kolom di sebelah kanan.
1.                  Protista Mirip Tumbuhan
2.                  Reproduksi Seksual pada Alga/Ganggang
3.                  Termasuk dalam Ganggang Keemasan atau Pirang
4.                  Manfaat Alga di gunakan untuk membuat Agar-agar
5.                  Pigmen Fotosintetik berwarna Kuning



a.       Peritrik
b.      Alga
c.       Konjugasi
d.      Chrysophyta
e.       Xantofil
f.    Alga merah (Rodhophyta















Pertemuan ke-1

LDS 1
(Protista Mirip Hewan/Protozoa)

Nama Kelompok         : ..........................................................
Ketua Kelompok         : ..........................................................
Nama Anggota            : 1........................................................
                                      2........................................................
                                      3........................................................
                                      4........................................................
                                      5.........................................................
                                      6........................................................
                                     


1.      Sebutkan cirri-ciri secara umum protista mirip hewan (protozoa) ?
2.      Sebutkan klasifikasi yang termasuk dalam protista mirip hewan berdasarkan alat geraknya dan berikan contohnya masing-masing?
3.      Bagaimana cara reproduksi pada protozoa, Jelaskan?
4.      Apa saja peranan Protozoa dalam kehidupan baik yang menguntungkan maupun merugikan?

Diskusikan bersama kelompok kemudian di presentasikan.








LDS 2
(Protista MiripTumbuhan (Alga/Ganggang)

Nama Kelompok         : ..........................................................
Ketua Kelompok         : ..........................................................
Nama Anggota            : 1........................................................
                                      2........................................................
                                      3........................................................
                                      4........................................................
                                      5.........................................................
                                      6........................................................
                                     
1.      Sebutkan cirri-ciri secara umum protista mirip Tumbuhan/Alga?
2.      Sebutkan dan Jelaskan  klasifikasi Alga/Ganggang berdasarkan Pigmen dominan dan berikan contohnya masing-masing?
3.      Apakah kalian tahu mengapa air danau tampak hijau yang terdapat pada gambar tersebut?
4.      Termasuk golongan organisme dalam protista mirip tumbuhan yang manakah pada gambar tersebut?
5.      Sebutkan cirri-ciri, habitat, serta peranan dalam kehidupan?
Diskusikan bersama kelompok kemudian di presentasikan!

















Amatilah Gambar di bawah ini!








LDS 3

(Protista Mirip Jamur)


Nama Kelompok         : ..........................................................
Ketua Kelompok         : ..........................................................
Nama Anggota            : 1........................................................
                                      2........................................................
                                      3........................................................
                                      4........................................................
                                      5.........................................................
                                      6........................................................
                                     
1.      Sebutkan cirri-ciri secara umum protista mirip Jamur?
2.      Sebutkan dan Jelaskan klasifikasi yang termasuk pada protista mirip jamur?
3.      Protista mirip jamur Misalnya jamur air (Oomycota) memiliki peranan yang merugikan bagi kehidupan, sebutkan dan jelaskan?

Diskusikan bersama kelompok kemudian di presentasikan.













ULANGAN HARIAN
(Protista (Mirip Hewan, Tumbuhan dan Jamur)

NAMA            :
NO.ABSEN    :
I.                   Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar.

2.      Foraminifera termasuk Filum Rhizopoda yang bermanfaat bagi manusia karena dapat digunakan sebagai ....
a.      Sumber Protein
b.      Petunjuk adanya minyak bumi
c.       Obat-obatan
d.      Sumber silikat
e.       Pakan ikan

3.      Perhatikan pernyataan berikut:
1)      Soliter/koloni
2)      Uniselluler
3)      Multiseluller
4)      Prokariotik
Yang merupakan cirri protista adalah....
a.       1,2,3,4
b.      1,2,4
c.       2,3,4
d.      1,3
e.       3,4
4.      Flagellata yang menyebabkan penyakit tidur dan dibawa oleh lalat Tse-Tse adalah….
a.       Euglena
b.      Trypanosoma gambiens
c.       Leishmania
d.      Trichomonas vaginalis
e.       Trypanosoma evansi

5.      Euglena sp.memiliki ciri-ciri berikut,kecuali...
a. Dijumpai di sawah atau air menggenang.
b. Mempunyai bintik mata.
c. Organisme multiseluler.
d. Mempunyai dua nukleus.
e. Bereproduksi dengan cara membelah diri

6.      Salah satu jenis ganggang yang digunakan untuk membuat agar-agar adalah...
a. Euglonophyta
b. Pyropphyta
c. Rodhopyta
d. Chlorophyta
e. Phaeophyta

7.      Yang termasuk jenis Algae yang memperlihatkan ciri seperti tumbuhan sekaligus seperti hewan adalah...
a. Euglonophyta
b. Pyropphyta
c. Rodhopyta
d. Chlorophyta
e. Phaeophyta
8.       Berikut ini yang tidak termasuk anggota filum Chlorophya adalah...
a. Synura
b. Chlamydomonas
c. Volvox
d. Chara
e. Ulva
9.      Anggota Cilliata yang mempunyai bentuk tubuh seperti sandal adalah...
a. Nyctoterus ovalis
b. Paramecium caudatum
c. Toxoplasma gondii
d. Leishmania tropica
e. Plasmodium ovale
10.  Filum dalam protozoa yang seluruh anggotanya bersifat parasit adalah...
a. Ciliata
b. Zooflagellata
c. Foraminifera
d. Sprozoa
e. Rhizopoda
11.  Pseupodia merupakan alat gerak protozoa dari kelompok ...
a. Sprozoa
b. Zooflagelata
c. Zoomastighopora
d. Rhzipoda
e. Ciliata
12.  Jamur yang memiliki hifa tidak bersekat termasuk dalam kelompok jamur...
a. Zygomycota
b. Ascomycota
c. Basidiomycota
d. Deutromycota
e. Oomycota
13.  Euglena sp.memiliki ciri-ciri berikut,kecuali...
a. Dijumpai di sawah atau air menggenang.
b. Mempunyai bintik mata.
c. Organisme multiseluler.
d. Mempunyai dua nukleus.
e. Bereproduksi dengan cara membelah diri
14.  Salah satu jenis ganggang yang digunakan untuk membuat agar-agar adalah...
a. Euglonophyta
b. Pyropphyta
c. Rodhopyta
d. Chlorophyta
e. Phaeophyta
15.  Yang termasuk jenis Algae yang memperlihatkan ciri seperti tumbuhan sekaligus seperti hewan adalah...
a. Euglonophyta
b. Pyropphyta
c. Rodhopyta
d. Chlorophyta
e. Phaeophyta

II.          Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan tepat
1.    Protista terbagi menjadi 3 kelompok sebutkan !
2.    Sebutkan ciri-ciri Ascomycota!
3.    Sebutkan dan Jelaskan  klasifikasi Alga/Ganggang berdasarkan Pigmen dominan dan berikan contohnya masing-masing?
4.    Sebutkan klasifikasi yang termasuk dalam protista mirip hewan berdasarkan alat geraknya dan berikan contohnya masing-masing?
5.    Apa saja peranan Protista (Protozoa, Alga dan  Protista Mirip Jamur) dalam kehidupan?Berikan contohnya masing-masing?


Selamat Mengerjakan “
“ Kejujuran adalah Kunci dari Kesuksesan “









No comments:

Post a Comment