RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
Kelas / Semester :
X / 1
Mata Pelajaran :
Biologi
Bab :
I
Topik :
Protista (Mirip Jamur, Tumbuhan dan Hewan)
Waktu : 3 x 120 menit (3x
pertemuan)
I . KOMPETENSI INTI
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
II . KOMPETENSI DASAR
3.5
|
kelas atau laboratorium.
|
||
Indikator :
|
|||
1.1.1
|
Mengagumi terhadap salah satu
ciptaan Tuhan yaitu Protista yang
memiliki peranan penting dalam kehidupan di bumi.
|
||
2.1.1
|
Memiliki rasa ingin tahu dengan
bertanya.
|
||
3.5.1
|
Mengidentifikasi
ciri-ciri Protista mirip hewan
|
||
3.5.2
|
Mengklasifikasikan
Protista mirip hewan
|
||
3.5.3
|
Menjelaskan
peranan Protista mirip hewan bagi kehidupan
|
||
3.5.4
|
Mengidentifikasi
ciri-ciri Protista mirip tumbuhan
|
||
3.5.5
|
Mengklasifikasikan
Protista mirip tumbuhan
|
||
3.5.6
|
Menjelaskan
peranan Protista mirip tumbuhan bagi kehidupan
|
||
3.5.7
|
Mengidentifikasi ciri-ciri
Protista mirip jamur
|
||
3.5.8
|
Mengklasifikasikan
Protista mirip jamur
|
||
3.5.9
|
Menjelaskan
peranan Protista mirip jamur bagi kehidupan
|
||
Protista
Mirip Tumbuhan (Alga)
Protista mirip tumbuhan merupakan kingdom yang anggotanya memiliki persamaan ciri dengan
tumbuhan. Anggota kingdom protista yang memiliki kemiripan dengan tumbuhan
adalah alga. Ukuran yang dimiliki alga beragam, ada yang berukuran mikroskopis
dan ada juga yang berukuran makroskopis. Alga terdiri atas alga uniseluler
(bersel satu) dan alga multiseluler (memiliki sel banyak). Alga uniseluler,ada
yang hidup sendiri (soliter) dan ada yang hidup berkoloni. Bentuk alga
uniseluler antara lainbulat, oval,atau seperti buah pir. Bentuk protista mirip tumbuhan (alga) multiseluler biasanya
berupa lembaran atauberbentuk benang. Alga mempunyai plastida berupa kloroplas
sehingga bersifat autotrof yangberarti mampu membuat makanan sendiri. Kloroplas
berfungsi untuk menyerap energy cahaya matahari yang berguna untuk proses
fotosintesis. Pada protista mirip tumbuhan ini
memiliki pigmen utama untuk fotosintesis yaitu klorofil. Selain
klorofil,setiap jenis alga mempunyai pigmen tambahan. Pigmen itu antara lain
karoten, fikobilin, xantofil, dan fukosantin. Alga (protista mirip tumbuhan) bereproduksi secara aseksual dan seksual. Reproduksi aseksual
aseksual pada alga terjadi dengan cara pembelahan biner, fragmentasi, dan
pembentukan spora. Pengklasifikasian alga berdasarkan padapigmen yang dominan,
komponen penyusun dinding sel, jumlah dan posisi flagella, serta bentuk makanan
cadangan. Alga dikelompokkan dalam tujuh filum protista mirip tumbuhan yaitu Euglenophyta, Pyrrophyta,
Bacillariophyta, Chlorophyta, Chrysophyta, Phaeophyta, dan Rhodophyta.
Protista Mirip hewan (Prozoa) Memiliki cirri umum Heterotrof,
memangsa bakteri, protista lain, sampah organism, Parasit , Predator (Contoh: Didinium
memangsa Paramecium), Soliter atau berkoloni , Hidup bebas di air (air
tawar maupun laut), tanah, Bersimbiosis di tubuh hewan atau manusia.
Berdasarkan alat geraknya protista terdiri dari Cilliata, Rhizopoda,
Flagellata, dan Sprozoa.
Protista Mirip jamur Heterotrof saprofit atau parasit , Menghasilkan
spora yang motil. Terdiri dari Myxomycota, Acrasimycota, dan Oomycota.
IV. ALAT /
BAHAN / SUMBER BELAJAR
§ Alat :
-
Papan
tulis
-
Spidol
§ Bahan :
-
LDS
(Lembar Diskusi Siswa) tentang protista mirip tumbuhan, hewan dan jamur.
-
Power
Point tentang pengertian Protista ciri-ciri
protista secara umum.
-
Power
Point tentang Ciri-ciri protista mirip Tumbuhan dan klasifikasinya serta
manfaat dan peran protista dalam kehidupan manusia,
-
Gambar /
Video tentang Protista mirip Tumbuhan.
-
Power
Point tentang Ciri-ciri protista mirip Hewan dan klasifikasinya serta manfaat
dan peran protisat dalam kehidupan manusia,
-
Power
Point tentang pengertian Protista ciri-ciri
protista secara umum.
-
Power
Point tentang Ciri-ciri protista mirip jamur dan klasifikasinya serta manfaat
dan peran protista dalam kehidupan manusia,
-
Gambar /
Video tentang Protista mirip Jamur, Hewan maupun Tumbuhan.
§ Sumber
Belajar :
-
Santoso,
Iman. 2007. Pembelajaran Biologi Untuk
SMA. Jakarta: Interplus
-
Syamsuri,
Istamar dkk. 2007. Biologi Untuk SMA
KELAS X SEMESTER 1. Malang : Erlangga
-
Irnaningtyas
. 2014 . BIOLOGI UNTUK SMA/MA KELAS X
KELOMPOK PEMINATAN MATEMATIKA DAN ILMU ALAM . Jakarta: Erlangga
V.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 (1 x 40
menit)
Kegiatan
|
Sintaks
|
Aktivitas
Guru dan Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Apersepsi
§
Guru mengucapkan
salam dan berdoa
§
Guru memeriksa
kehadiran siswa
§
Guru menanyakan
kepada siswa mengenai materi protista dengan memberikan pertanyaan sebagai berikut:
a.
Apakah yang kalian ketahui tentang protista?
2. Motivasi
§ Guru memuji siswa yang menjawab pertanyaan guru, diharapkan
siswa mau menyumbang ide atau pendapat,
menyanggah dan mampu
menjadi pendengar yang baik.
§ Guru
juga memotivasi siswa dengan memberikan pesan atau nasehat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
dengan memberi ungkapan:”Sukses itu salah satu faktornya adalah dengan selalu
mengagumi semua ciptaan Allah SWT, dengan cara mempelajari dan mengkaji dengan
penuh ikhlas dan tanggung jawab, salah satunya adalah dengan mempelajari bakteri yang ada di bumi”, sehingga
dapat memotivasi dalam mempelajari dan menganalisis setiap permasalahan pada
tumbuhan secara seksama.
§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
§ Guru menginformasikan langkah-langkah model pembelajaran Problem based Learning (PBL) serta metode diskusi dan tanya jawab.
|
5
Menit
|
|
Inti
|
(Orientasi
siswa pada masalah)
(Mengorganisasikan siswa
untuk belajar)
(Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok)
(Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya)
(Menganalisis dan
mengevaluasi proses pemacahan masalah)
|
Presentasi
Guru
menyajikan pelajaran mengenai materi tentang
·
pengertian
dan ciri-ciri protista secara umum
·
protista mirip hewan (protozoa) meliputi: Ciri-ciri
protozoa, Struktur tubuh
protozoa, Cara
reproduksi, Klasifikasi
protozoa serta Peranan
protozoa. Dengan menggunakan
Power Point serta video pembelajaran tentang bentuk-bentuk bakteri.
Mengamati
§ Guru
memandu siswa pada masalah terkait materi Protista pada LDS (Lembar Diskusi Siswa) tentang
Ciri-ciri protozoa, Struktur tubuh
protozoa, Cara reproduksi, Klasifikasi
protozoa serta Peranan protozoa
§ Guru
membagi siswa menjadi 8
kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4-5 siswa.
§ Siswa
mengamati permasalahan mengenai materi Protista Mirip Hewan yaitu LDS tentang Ciri-ciri protozoa, Struktur tubuh
protozoa, Cara reproduksi, Klasifikasi
protozoa serta Peranan protozoa
§ yang telah disiapkan.
Menanya
§ Guru
menyediakan pertanyaan pada LDS (Lembar Diskusi Siswa) Ciri-ciri
protozoa, Struktur tubuh protozoa, Cara
reproduksi, Klasifikasi protozoa serta Peranan
protozoa untuk
dijawab oleh siswa dengan tujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu,
membangun sikap aktif, mandiri dan bekerjasama pada siswa.
§ Siswa
menanyakan kepada guru mengenai kesulitan atau kendala pada permasalahan topik yang dibahas.
§ Guru
mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dengan permasalahan
yang disajikan dalam LDS tentang Ciri-ciri protozoa, Struktur tubuh
protozoa, Cara reproduksi, Klasifikasi
protozoa serta Peranan protozoa
melalui buku
diktat,
internet.
Menalar
§ Siswa
berusaha untuk mengerjakan permasalahan pada Lembar Diskusi Siswa (LDS) tentang Ciri-ciri protozoa, Struktur tubuh
protozoa, Cara reproduksi, Klasifikasi
protozoa serta Peranan protozoa sesuai dengan
pengetahuan dan kemampuan dalam menggali informasi.
Mencoba
§ Guru
menunjuk salah satu perwakilan kelompok untuk membacakan hasil diskusinya.
§ Siswa
menunjukkan hasil diskusinya dengan melakukan presentasi di depan kelas.
§ Siswa
lain boleh memberikan pertanyaan dan menyanggah kepada kelompok presentasi.
Menyimpulkan
§ Guru
mengevaluasi hasil kerja siswa.
§ Guru
memberikan post test Ciri-ciri protozoa, Struktur tubuh
protozoa, Cara reproduksi, Klasifikasi
protozoa serta Peranan protozoa untuk
mengetahui kemampuan siswa setelah proses pembelajaran.
|
30 menit
|
Penutup
|
Kesimpulan
dan penugasan
§ Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari materi yang
dijelaskan guru dan hasil diskusi yang dilakukan.
§ Guru memberikan penugasan kepada
siswa untuk mempelajari materi selanjutnya protista mirip tumbuhan.
§ Guru mengakhiri pelajaran dan memberi salam.
|
10 menit
|
Pertemuan 2 (2 x 40
menit)
Kegiatan
|
Sintaks
|
Aktivitas
Guru dan Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Apersepsi
§
Guru mengucapkan salam
§
Guru memeriksa kehadiran siswa
§
Guru mereview materi
minggu lalu
a.
Apakah kalian masih
ingat materi minggu lalu kita telah membahas tentang protista mirip tumbuhan,
siapa yang masih ingat protista mirip tumbuhan memiliki ciri-ciri seperti
apa?
§
Guru menanyakan kepada siswa
mengenai Protista mirip tumbuhan sebagai berikut:
a. Apakah
kalian tahu agar-agar ini terbuat dari bahan dasar apa?
2. Motivasi
§ Guru memuji siswa yang menjawab pertanyaan guru, diharapkan siswa mau menyumbang ide atau pendapat, menyanggah dan mampu menjadi pendengar
yang baik.
§ Guru
juga memotivasi siswa dengan memberikan pesan atau nasehat untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa dengan memberi ungkapan: ”Protista mirip tumbuhan memiliki peranan yang sangat penting bagi
kehidupan . Oleh karena itu, marilah kita menjaga, merawat dan mempelajari
seluk beluk mengenai protis salah satunya protista mirip tumbuhan di bumi
sebagai bentuk terima kasih atas ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, sehingga dapat
memotivasi dalam mempelajari dan menganalisis setiap permasalahan pada protista secara seksama.
§ Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
§ Guru
menginformasikan langkah-langkah model pembelajaran Problem based Learning (PBL) serta metode diskusi dan tanya jawab
|
15
Menit
|
|
Inti
|
(Orientasi siswa pada
masalah)
(Mengorganisasikan siswa
untuk belajar)
(Membimbing penyelidikan
individu dan kelompok)
(Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya)
(Menganalisis dan
mengevaluasi proses pemacahan masalah)
Menganalisis
dan mengevaluasi proses pemacahan masalah)
|
Presentasi
§ Guru
menyajikan pelajaran dengan menampilkan power point mengenai ciri-ciri,
klasifikasi dan peranan protista mirip tumbuhan dalam kehidupan.
Guru menanyakan masalah
berupa :
§ Apakah kalian tahu mengapa air danau tampak
hijau?
§ Siswa
mengamati suatu foto berwarna/gambar dua dimensi berbagai macam
protista yang menyerupai tumbuhan.
§ Termasuk golongan organisme dalam protista mirip
tumbuhan yang manakah pada gambar tersebut?
§ Serta Sebutkan cirri-ciri, habitat, serta peranan dalam kehidupan?
§ Mengamati
§ Guru
membagi siswa menjadi 7 kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4-5 siswa.
§ Siswa
mengamati permasalahan mengenai materi tersebut pada LDS tentang peranan protista mirip tumbuhan.
§ Siswa
mendiskusikan ciri umum protista mirip tumbuhan atau alga.
§ Siswa
membandingkan hasil pengamatan dengan gambar/charta/foto/film berbagai jenis
organisme golongan Protista mirip tumbuhan.
§ Guru
memandu siswa pada masalah terkait materi protista pada LDS (Lembar Diskusi
Siswa) tentang Peranan protista mirip tumbuhan bagi kehidupan.
Menanya
§
Dengan metode tanya jawab, guru meminta siswa
mendiskusikan permasalahan tersebut.
§
Siswa menanyakan kepada guru mengenai kesulitan
atau kendala pada permasalahan topik yang dibahas.
§
Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi
yang sesuai dengan permasalahan yang disajikan dalam buku siswa melalui buku
diktat, internet, dan sumber lainnya.
Menalar
§ Siswa
berusaha untuk mengerjakan permasalahan pada kuis LDS (Lembar Diskusi Siswa)
tentang Protista mirip Tumbuhan (ganggang atau Alga) peranan dalam kehidupan
sesuai dengan pengetahuan dan kemampuan dalam menggali informasi.
Mencoba
§ Guru
menunjuk salah satu perwakilan kelompok untuk membacakan hasil diskusinya.
§ Siswa
menunjukkan hasil diskusinya dengan melakukan presentasi di depan kelas.
§ Siswa
lain boleh memberikan pertanyaan dan menyanggah kepada kelompok presentasi.
Menyimpulkan
§ Guru
mengevaluasi hasil kerja siswa
§ Guru
memberikan post test mengenai
ciri-ciri, klasifikasi dan peranan protista mirip tumbuhan dalam kehidupan
untuk mengetahui kemampuan siswa setelah proses pembelajaran.
|
60 menit
|
Penutup
|
Kesimpulan
dan penugasan
§
Guru meminta tiap kelompok untuk mengumpulkan
hasil pekerjaannya.
§
Guru mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan
pembelajaran hari ini.
§
Guru memberikan tugas ngresum tentang materi protista mirip
tumbuhan.
§ Guru
mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan
memberi salam penutup.
|
15 Menit
|
Pertemuan 3
(1 x 40 menit)
Kegiatan
|
Aktivitas
Guru dan Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
1. Apersepsi
§ Guru
mengucapkan
salam
§ Guru
memeriksa
kehadiran siswa
§
Guru menanyakan kepada siswa
mengenai manfaat
§
Guru menanyakan
kepada siswa mengenai Protista mirip Jamur sebagai berikut:
b.
Apakah kalian tahu tentang
protista mirip Jamur?
2. Motivasi
§ Guru memuji siswa yang dapat menjawab pertanyaan guru, diharapkan siswa mau menyumbang ide atau pendapat, menyanggah dan mampu menjadi
pendengar yang baik.
§ Guru
juga memotivasi siswa dengan memberikan pesan atau nasehat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
dengan memberi ungkapan:”Sukses itu
salah satu faktornya adalah dengan selalu mengagumi semua ciptaan Allah SWT,
dengan cara mempelajari dan mengkaji dengan penuh ikhlas dan tanggung jawab,
salah satunya adalah dengan mempelajari protista mirip jamur”, sehingga dapat
memotivasi dalam mempelajari dan menganalisis setiap permasalahan pada protista mirip jamur secara seksama.
§ Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
§ Guru
menginformasikan langkah-langkah model pembelajaran Problem based Learning (PBL).
|
5
Menit
|
|
Inti
|
(Orientasi
siswa pada masalah)
(Mengorganisasikan siswa
untuk belajar)
(Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok)
(Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya)
(Menganalisis
dan mengevaluasi proses pemacahan masalah)
|
Presentasi
§ Guru
menyajikan pelajaran dengan menampilkan power point mengenai ciri-ciri, klasifikasi dan peranan protista mirip jamur dalam
kehidupan.
Mengamati
§ Guru
memandu siswa pada masalah terkait materi bakteri pada LKS (Lembar Kerja Siswa) tentang
ciri-ciri, klasifikasi dan peranan protista mirip jamur dalam
kehidupan.
§ Guru
membagi siswa menjadi 7
kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4-5 siswa.
§ Siswa
mengamati permasalahan mengenai materi tersebut yaitu LDS tentang peranan protista mirip Jamur dalam
kehidupan.
Menanya
§ Guru
menyediakan pertanyaan pada LKS (Lembar Kerja Siswa) untuk dijawab oleh siswa dengan tujuan untuk
meningkatkan rasa ingin tahu, membangun sikap aktif, mandiri dan bekerjasama
pada siswa.
§ Siswa
menanyakan kepada guru mengenai kesulitan atau kendala pada permasalahan topik yang dibahas.
§ Guru
mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dengan permasalahan
yang disajikan dalam LKS pengamatan
bentuk bakteri dalam koloni melalui buku diktat, internet, LKS.
Menalar
§ Siswa
berusaha untuk mengerjakan permasalahan pada Lembar Kerja Siswa (LKS) sesuai dengan
pengetahuan dan kemampuan dalam menggali informasi.
Mencoba
§ Guru
menunjuk salah satu perwakilan kelompok untuk membacakan hasil pengamatannya.
§ Siswa
menunjukkan hasil pengamatannya dengan melakukan
presentasi di depan kelas.
§ Siswa
lain boleh memberikan pertanyaan dan menyanggah kepada kelompok presentasi.
Menyimpulkan
§ Guru
mengevaluasi hasil kerja siswa.
|
30 menit
|
Penutup
|
Kesimpulan
dan penugasan
§ Guru
membimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari materi yang dijelaskan guru
dan hasil pengamatan
yang
dilakukan.
§ Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk mengerjakan LKS tentang protista.
§ Guru
mengakhiri pelajaran dan memberi salam.
|
10 menit
|
Jember, 8 Oktober 2017
|
|
|
VI.
Penilaian Hasil Belajar
Penilaian hasil belajar terdiri dari tiga ranah, yaitu
kognitif, psikomotorik, dan afektif.
1.
Aspek
kognitif
No
|
Pertanyaan
|
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
SKOR
|
1.
|
Sebutkan cirri-ciri secara umum
protista mirip hewan (protozoa) ?
|
V
|
20
|
|||||
2.
|
Bagaimana cara reproduksi pada
protozoa, Jelaskan?
|
V
|
35
|
|||||
3
|
Apa saja peranan Protozoa dalam
kehidupan baik yang menguntungkan maupun merugikan?
|
V
|
45
|
|||||
JUMLAH
|
100
|
Skor 1-3
Keterangan :
A = 80 – 100 =
Sangat Baik
B = 70 – 79
= Baik
C = 60 – 69
= Cukup
D = 50 – 59
= Kurang E = 0 – 49
= Buruk
Skor
keseluruhan =
Nilai = Skor yang diperoleh x 100
Skor keseluruhan
2. Ranah
Psikomotor
NO
|
Ranah psikomotor
|
P1
|
P2
|
P3
|
P4
|
Skor
|
1
|
Keterampilan siswa dalam mengumpulkan materi tentang Protista.
|
√
|
5
|
|||
2
|
Keterampilan siswa dalam mengidentifikasikan
tentang materi Protista.
|
√
|
10
|
|||
3
|
Kemampuan siswa dalam melakukan presentasi
|
√
|
10
|
|||
4
|
Keterampilan siswa dalam membedakan bentuk Protista.
|
√
|
10
|
|||
5
|
Siswa menjalankan diskusi terkait penyebab Protista bersama kelompoknya
|
√
|
15
|
|||
6
|
Keterampilan siswa dalam
mempertajam analisis masalah
bersama kelompoknya.
|
√
|
20
|
|||
7
|
Keterampilan siswa dalam mengaktifkan
diskusi kelompok mengerjakan LKPD
|
√
|
5
|
|||
8
|
Keterampilan siswa dalam merancang
hasil diskusi bersama kelompoknya dalam bentuk presentasi
|
√
|
10
|
|||
9
|
Keterampilan siswa dalam menyesuaikan
pendapatnya secara benar bersama kelompoknya.
|
√
|
5
|
|||
10
|
Keterampilan siswa dalam mengoreksi
hasil pembelajaran
|
√
|
10
|
|||
Jumlah
|
100
|
Keterangan :
A = 80 – 100 = Sangat Baik
B = 70 – 79 =
Baik
C = 60 – 69 =
Cukup
D = 50 – 59 =
Kurang
|
E =
0 – 49 = Buruk
3. Ranah
Afektif
NO
|
Ranah afektif
|
A1
|
A2
|
A3
|
A4
|
A5
|
Skor
|
1
|
Keseriusan siswa dalam mengikuti pembelajaran.
|
√
|
3
|
||||
2
|
Keaktifan siswa hasil dalam mendengarkan
materi saat KBM berlangsung.
|
√
|
15
|
||||
3
|
Kecermatan siswa dalam membedakan antara Alat reproduksi luar dan dalam
|
√
|
12
|
||||
4
|
Keaktifan siswa dalam memecahkan masalah
bersama kelompoknya.
|
√
|
12
|
||||
5
|
Keseriusan siswa dalam membentuk sebuah
presentasi
|
√
|
12
|
||||
6
|
Keaktifan siswa dalam melaporkan
hasil diskusi kepada guru dan kepada para teman-temannya yang lain.
|
√
|
7
|
||||
7
|
Ketepatan siswa dalam mengajukan pertanyaan.
|
√
|
7
|
||||
8
|
Keaktifan siswa dalam menampilkan jawaban
dengan menggunakan hasil diskusi
|
√
|
7
|
||||
9
|
Ketepatan siswa dalam melengkapi jawaban
yang kurang tepat.
|
√
|
10
|
||||
10
|
Keaktifan siswa dalam membentuk
pendapat saat diskusi berlangsung.
|
√
|
12
|
||||
11
|
Keaktifan siswa dalam memperhatikan
kesimpulan hasil pembelajaran.
|
√
|
3
|
||||
Jumlah
|
100
|
Keterangan :
A = 80 – 100 = Sangat Baik
B = 70 – 79 =
Baik
C = 60 – 69 =
Cukup
D = 50 – 59 =
Kurang
E = 0 – 49 =
Buruk
|
2.
Karakter siswa yang diharapkan:
No
|
Karakter
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1
|
Bertanggung jawab
|
||||||
2
|
Bekerjasama
|
||||||
3
|
Toleransi
|
||||||
4
|
Bersahabat
|
||||||
5
|
Berfikir kritis
|
||||||
Keterangan :
Ø
BT : Belum Terlihat (
Apabila siswa belum memperlihatkan tanda-tanda awal karakter yang di nyatakan
dalam indicator)
Ø
MT : Mulai Terlihat
(Apabila siswa sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal karakter yang
dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten)
Ø
MB : Mulai Berkembang
(Apabila siswa sudah memperlihatkan berbagai tanda karakter yang dinyatakan
dalam indikator dan mulai konsisten)
Ø
MK : Membudaya (apabila
siswa terus-menerus memperlihatkan karakter yang dinyatakan dalam indikator
secara konsisten.
Keterangan :
A=
80-100 = sangat baik
B=
70-79 = baik
C=
60-69 = cukup
D=
50-59 = kurang
E= 0-49 = buruk
Lampiran 2: Instrumen Penilaian Pengetahuan
A. TES TULIS
POST TEST 2
(Protista Mirip
Tumbuhan/Ganggang)
Nama :
No :
Pasangkanlah pernyataan di sebelah kiri dengan kata-kata yang sesuai pada kolom di sebelah kanan.
1.
Protista Mirip Tumbuhan
2.
Reproduksi Seksual pada
Alga/Ganggang
3.
Termasuk dalam Ganggang Keemasan
atau Pirang
5.
Pigmen Fotosintetik berwarna Kuning
a.
Peritrik
b.
Alga
c.
Konjugasi
d.
Chrysophyta
e.
Xantofil
f. Alga merah (Rodhophyta
Pertemuan
ke-1
LDS 1
(Protista Mirip
Hewan/Protozoa)
Nama Kelompok :
..........................................................
Ketua Kelompok :
..........................................................
Nama Anggota : 1........................................................
2........................................................
3........................................................
4........................................................
5.........................................................
6........................................................
1.
Sebutkan
cirri-ciri secara umum protista mirip hewan (protozoa) ?
2.
Sebutkan
klasifikasi yang termasuk dalam protista mirip hewan berdasarkan alat geraknya
dan berikan contohnya masing-masing?
3.
Bagaimana
cara reproduksi pada protozoa, Jelaskan?
4.
Apa saja
peranan Protozoa dalam kehidupan baik yang menguntungkan maupun merugikan?
Diskusikan
bersama kelompok kemudian di presentasikan.
LDS 2
(Protista MiripTumbuhan
(Alga/Ganggang)
Nama Kelompok :
..........................................................
Ketua Kelompok :
..........................................................
Nama Anggota :
1........................................................
2........................................................
3........................................................
4........................................................
5.........................................................
6........................................................
1.
Sebutkan
cirri-ciri secara umum protista mirip Tumbuhan/Alga?
2.
Sebutkan
dan Jelaskan klasifikasi Alga/Ganggang
berdasarkan Pigmen dominan dan berikan contohnya masing-masing?
3.
Apakah kalian tahu mengapa air danau tampak
hijau yang terdapat pada gambar tersebut?
4.
Termasuk golongan organisme dalam protista
mirip tumbuhan yang manakah pada gambar tersebut?
5.
Sebutkan
cirri-ciri, habitat, serta peranan dalam kehidupan?
Diskusikan bersama kelompok kemudian di
presentasikan!
Amatilah Gambar di
bawah ini!
LDS 3
(Protista Mirip Jamur)
Nama Kelompok :
..........................................................
Ketua Kelompok : ..........................................................
Nama Anggota :
1........................................................
2........................................................
3........................................................
4........................................................
5.........................................................
6........................................................
1.
Sebutkan
cirri-ciri secara umum protista mirip Jamur?
2.
Sebutkan
dan Jelaskan klasifikasi yang termasuk pada protista mirip jamur?
3.
Protista
mirip jamur Misalnya jamur air (Oomycota) memiliki peranan yang merugikan bagi
kehidupan, sebutkan dan jelaskan?
Diskusikan bersama kelompok kemudian
di presentasikan.
ULANGAN HARIAN
(Protista (Mirip
Hewan, Tumbuhan dan Jamur)
NAMA :
NO.ABSEN :
2.
Foraminifera termasuk Filum Rhizopoda yang bermanfaat bagi manusia karena
dapat digunakan sebagai ....
a. Sumber Protein
b. Petunjuk adanya minyak bumi
c. Obat-obatan
d. Sumber silikat
e. Pakan ikan
3.
Perhatikan
pernyataan berikut:
1)
Soliter/koloni
2)
Uniselluler
3)
Multiseluller
4)
Prokariotik
Yang merupakan cirri protista adalah....
a.
1,2,3,4
b.
1,2,4
c.
2,3,4
d.
1,3
e.
3,4
4.
Flagellata
yang menyebabkan penyakit tidur dan dibawa oleh lalat Tse-Tse adalah….
a.
Euglena
b.
Trypanosoma gambiens
c.
Leishmania
d.
Trichomonas vaginalis
e.
Trypanosoma evansi
5.
Euglena sp.memiliki ciri-ciri berikut,kecuali...
a. Dijumpai di sawah atau air menggenang.
b. Mempunyai bintik mata.
c. Organisme multiseluler.
d. Mempunyai dua nukleus.
e. Bereproduksi dengan cara membelah diri
a. Dijumpai di sawah atau air menggenang.
b. Mempunyai bintik mata.
c. Organisme multiseluler.
d. Mempunyai dua nukleus.
e. Bereproduksi dengan cara membelah diri
6.
Salah satu jenis ganggang yang digunakan untuk membuat
agar-agar adalah...
a. Euglonophyta
b. Pyropphyta
c. Rodhopyta
d. Chlorophyta
e. Phaeophyta
a. Euglonophyta
b. Pyropphyta
c. Rodhopyta
d. Chlorophyta
e. Phaeophyta
7.
Yang termasuk jenis Algae yang memperlihatkan ciri
seperti tumbuhan sekaligus seperti hewan adalah...
a. Euglonophyta
b. Pyropphyta
c. Rodhopyta
d. Chlorophyta
e. Phaeophyta
a. Euglonophyta
b. Pyropphyta
c. Rodhopyta
d. Chlorophyta
e. Phaeophyta
8.
Berikut ini yang tidak termasuk anggota
filum Chlorophya adalah...
a. Synura
b. Chlamydomonas
c. Volvox
d. Chara
e. Ulva
a. Synura
b. Chlamydomonas
c. Volvox
d. Chara
e. Ulva
9.
Anggota Cilliata yang mempunyai bentuk tubuh seperti
sandal adalah...
a. Nyctoterus ovalis
b. Paramecium caudatum
c. Toxoplasma gondii
d. Leishmania tropica
e. Plasmodium ovale
a. Nyctoterus ovalis
b. Paramecium caudatum
c. Toxoplasma gondii
d. Leishmania tropica
e. Plasmodium ovale
10.
Filum dalam protozoa yang seluruh anggotanya bersifat
parasit adalah...
a. Ciliata
b. Zooflagellata
c. Foraminifera
d. Sprozoa
e. Rhizopoda
a. Ciliata
b. Zooflagellata
c. Foraminifera
d. Sprozoa
e. Rhizopoda
11.
Pseupodia merupakan alat gerak protozoa dari kelompok
...
a. Sprozoa
b. Zooflagelata
c. Zoomastighopora
d. Rhzipoda
e. Ciliata
a. Sprozoa
b. Zooflagelata
c. Zoomastighopora
d. Rhzipoda
e. Ciliata
12.
Jamur yang memiliki hifa tidak bersekat termasuk dalam
kelompok jamur...
a. Zygomycota
b. Ascomycota
c. Basidiomycota
d. Deutromycota
e. Oomycota
a. Zygomycota
b. Ascomycota
c. Basidiomycota
d. Deutromycota
e. Oomycota
13.
Euglena sp.memiliki ciri-ciri berikut,kecuali...
a. Dijumpai di sawah atau air menggenang.
b. Mempunyai bintik mata.
c. Organisme multiseluler.
d. Mempunyai dua nukleus.
e. Bereproduksi dengan cara membelah diri
a. Dijumpai di sawah atau air menggenang.
b. Mempunyai bintik mata.
c. Organisme multiseluler.
d. Mempunyai dua nukleus.
e. Bereproduksi dengan cara membelah diri
14.
Salah satu jenis ganggang yang digunakan untuk membuat
agar-agar adalah...
a. Euglonophyta
b. Pyropphyta
c. Rodhopyta
d. Chlorophyta
e. Phaeophyta
a. Euglonophyta
b. Pyropphyta
c. Rodhopyta
d. Chlorophyta
e. Phaeophyta
15.
Yang termasuk jenis Algae yang memperlihatkan ciri
seperti tumbuhan sekaligus seperti hewan adalah...
a. Euglonophyta
b. Pyropphyta
c. Rodhopyta
d. Chlorophyta
e. Phaeophyta
a. Euglonophyta
b. Pyropphyta
c. Rodhopyta
d. Chlorophyta
e. Phaeophyta
II.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan tepat
1.
Protista terbagi menjadi 3 kelompok sebutkan !
2.
Sebutkan ciri-ciri Ascomycota!
3.
Sebutkan
dan Jelaskan klasifikasi Alga/Ganggang
berdasarkan Pigmen dominan dan berikan contohnya masing-masing?
4.
Sebutkan
klasifikasi yang termasuk dalam protista mirip hewan berdasarkan alat geraknya
dan berikan contohnya masing-masing?
5.
Apa saja
peranan Protista (Protozoa, Alga dan
Protista Mirip Jamur) dalam kehidupan?Berikan contohnya masing-masing?
“ Selamat Mengerjakan “
“ Kejujuran adalah
Kunci dari Kesuksesan “
No comments:
Post a Comment