RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah             : 
Kelas / Semester          :
X  / 1
Mata Pelajaran            :
Biologi
Bab                              :
I
Topik                           :
Protista (Mirip Jamur, Tumbuhan dan Hewan)
Waktu                         : 3 x 120 menit (3x
pertemuan)
I .   KOMPETENSI INTI
| 
KI 3 | 
: | 
Memahami, menerapkan, menganalisis
  pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena
  dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
  spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. | 
| 
KI 4 | 
: | 
Mengolah, menalar, dan
  menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
  dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
  metoda sesuai kaidah keilmuan. | 
II .  KOMPETENSI DASAR 
| 
3.5  | 
kelas atau laboratorium. | ||
| 
Indikator : | |||
| 
1.1.1 | 
Mengagumi terhadap salah satu
  ciptaan Tuhan yaitu Protista yang
  memiliki peranan penting dalam kehidupan di bumi. | ||
| 
2.1.1 | 
Memiliki rasa ingin tahu dengan
  bertanya. | ||
| 
3.5.1 | 
Mengidentifikasi
  ciri-ciri Protista mirip hewan | ||
| 
3.5.2 | 
Mengklasifikasikan
  Protista mirip hewan | ||
| 
3.5.3 | 
Menjelaskan
  peranan Protista mirip hewan bagi kehidupan | ||
| 
3.5.4 | 
Mengidentifikasi
  ciri-ciri Protista mirip tumbuhan | ||
| 
3.5.5 | 
Mengklasifikasikan
  Protista mirip tumbuhan | ||
| 
3.5.6 | 
Menjelaskan
  peranan Protista mirip tumbuhan bagi kehidupan | ||
| 
3.5.7 | 
Mengidentifikasi ciri-ciri
  Protista mirip jamur | ||
| 
3.5.8 | 
Mengklasifikasikan
  Protista mirip jamur | ||
| 
3.5.9 | 
Menjelaskan
  peranan Protista mirip jamur bagi kehidupan | ||
Protista
Mirip Tumbuhan (Alga)
Protista mirip tumbuhan merupakan kingdom yang anggotanya memiliki persamaan ciri dengan
tumbuhan. Anggota kingdom protista yang memiliki kemiripan dengan tumbuhan
adalah alga. Ukuran yang dimiliki alga beragam, ada yang berukuran mikroskopis
dan ada juga yang berukuran makroskopis. Alga terdiri atas alga uniseluler
(bersel satu) dan alga multiseluler (memiliki sel banyak). Alga uniseluler,ada
yang hidup sendiri (soliter) dan ada yang hidup berkoloni. Bentuk alga
uniseluler antara lainbulat, oval,atau seperti buah pir. Bentuk protista mirip tumbuhan (alga) multiseluler biasanya
berupa lembaran atauberbentuk benang. Alga mempunyai plastida berupa kloroplas
sehingga bersifat autotrof yangberarti mampu membuat makanan sendiri. Kloroplas
berfungsi untuk menyerap energy cahaya matahari yang berguna untuk proses
fotosintesis. Pada protista mirip tumbuhan ini
memiliki pigmen utama untuk fotosintesis yaitu klorofil. Selain
klorofil,setiap jenis alga mempunyai pigmen tambahan. Pigmen itu antara lain
karoten, fikobilin, xantofil, dan fukosantin.  Alga (protista mirip tumbuhan) bereproduksi secara aseksual dan seksual. Reproduksi aseksual
aseksual pada alga terjadi dengan cara pembelahan biner, fragmentasi, dan
pembentukan spora.  Pengklasifikasian alga berdasarkan padapigmen yang dominan,
komponen penyusun dinding sel, jumlah dan posisi flagella, serta bentuk makanan
cadangan. Alga dikelompokkan dalam tujuh filum protista mirip tumbuhan yaitu Euglenophyta, Pyrrophyta,
Bacillariophyta, Chlorophyta, Chrysophyta, Phaeophyta, dan Rhodophyta.
Protista Mirip hewan (Prozoa) Memiliki cirri umum Heterotrof,
memangsa bakteri, protista lain, sampah organism, Parasit , Predator (Contoh: Didinium
memangsa Paramecium), Soliter atau berkoloni , Hidup bebas di air (air
tawar maupun laut), tanah, Bersimbiosis di tubuh hewan atau manusia.
Berdasarkan alat geraknya protista terdiri dari Cilliata, Rhizopoda,
Flagellata, dan Sprozoa.
Protista Mirip jamur Heterotrof saprofit atau parasit , Menghasilkan
spora yang motil. Terdiri dari Myxomycota, Acrasimycota, dan Oomycota.
IV. ALAT /
BAHAN / SUMBER BELAJAR
§  Alat :
-         
Papan
tulis
-         
Spidol
§  Bahan :
-         
LDS
(Lembar Diskusi Siswa) tentang protista mirip tumbuhan, hewan dan jamur.
-         
Power
Point tentang pengertian Protista ciri-ciri
protista secara umum.
-         
Power
Point tentang Ciri-ciri protista mirip Tumbuhan dan klasifikasinya serta
manfaat dan peran protista dalam kehidupan manusia,
-         
Gambar /
Video tentang Protista mirip Tumbuhan.
-         
Power
Point tentang Ciri-ciri protista mirip Hewan dan klasifikasinya serta manfaat
dan peran protisat dalam kehidupan manusia,
-         
Power
Point tentang pengertian Protista ciri-ciri
protista secara umum.
-         
Power
Point tentang Ciri-ciri protista mirip jamur dan klasifikasinya serta manfaat
dan peran protista dalam kehidupan manusia,
-         
Gambar /
Video tentang Protista mirip Jamur, Hewan maupun Tumbuhan.
§  Sumber
Belajar :
-         
Santoso,
Iman. 2007. Pembelajaran Biologi Untuk
SMA. Jakarta: Interplus
-         
Syamsuri,
Istamar dkk. 2007. Biologi Untuk SMA
KELAS X SEMESTER 1. Malang : Erlangga
-         
Irnaningtyas
. 2014 . BIOLOGI UNTUK SMA/MA KELAS X
KELOMPOK PEMINATAN MATEMATIKA DAN ILMU ALAM . Jakarta: Erlangga
V.      
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 (1 x 40
menit)
| 
Kegiatan | 
Sintaks | 
Aktivitas
  Guru dan Siswa | 
Alokasi
  Waktu | 
| 
Pendahuluan | 
1.      Apersepsi 
§ 
  Guru mengucapkan
  salam dan berdoa 
§ 
  Guru memeriksa
  kehadiran siswa 
§ 
  Guru menanyakan
  kepada siswa mengenai materi protista dengan memberikan pertanyaan sebagai  berikut: 
a.  
  Apakah yang kalian ketahui tentang protista? 
2.      Motivasi 
§  Guru memuji siswa yang menjawab pertanyaan guru, diharapkan
  siswa mau menyumbang ide atau pendapat,
  menyanggah dan mampu
  menjadi pendengar yang baik. 
§  Guru
  juga memotivasi siswa dengan memberikan pesan atau nasehat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
  dengan memberi ungkapan:”Sukses itu salah satu faktornya adalah dengan selalu
  mengagumi semua ciptaan Allah SWT, dengan cara mempelajari dan mengkaji dengan
  penuh ikhlas dan tanggung jawab, salah satunya adalah dengan mempelajari bakteri yang ada di bumi”, sehingga
  dapat memotivasi dalam mempelajari dan menganalisis setiap permasalahan pada
  tumbuhan secara seksama. 
§  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 
§  Guru menginformasikan langkah-langkah model pembelajaran Problem based Learning (PBL) serta  metode diskusi dan tanya jawab. | 
5 
  Menit | |
| 
Inti | 
(Orientasi
  siswa pada masalah) 
(Mengorganisasikan siswa
  untuk belajar) 
(Membimbing
  penyelidikan individu dan kelompok) 
(Mengembangkan dan
  menyajikan hasil karya) 
(Menganalisis dan
  mengevaluasi proses pemacahan masalah) | 
Presentasi 
Guru
  menyajikan pelajaran mengenai materi tentang  
·        
  pengertian
  dan ciri-ciri protista secara umum 
·        
  protista mirip hewan (protozoa) meliputi: Ciri-ciri
  protozoa, Struktur tubuh
  protozoa, Cara
  reproduksi, Klasifikasi
  protozoa serta Peranan
  protozoa. Dengan menggunakan
  Power Point serta video pembelajaran tentang bentuk-bentuk bakteri. 
Mengamati 
§  Guru
  memandu siswa pada masalah terkait materi Protista pada LDS (Lembar Diskusi Siswa) tentang
  Ciri-ciri protozoa, Struktur tubuh
  protozoa, Cara reproduksi, Klasifikasi
  protozoa serta Peranan protozoa 
§  Guru
  membagi siswa menjadi 8
  kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4-5 siswa. 
§  Siswa
  mengamati permasalahan mengenai materi Protista Mirip Hewan yaitu LDS tentang Ciri-ciri protozoa, Struktur tubuh
  protozoa, Cara reproduksi, Klasifikasi
  protozoa serta Peranan protozoa 
§   yang telah disiapkan. 
Menanya 
§  Guru
  menyediakan pertanyaan pada LDS (Lembar Diskusi Siswa) Ciri-ciri
  protozoa, Struktur tubuh protozoa, Cara
  reproduksi, Klasifikasi protozoa serta Peranan
  protozoa untuk
  dijawab oleh siswa dengan tujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu,
  membangun sikap aktif, mandiri dan bekerjasama pada siswa. 
§  Siswa
  menanyakan kepada guru mengenai kesulitan atau kendala pada permasalahan topik yang dibahas. 
§  Guru
  mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dengan permasalahan
  yang disajikan dalam LDS tentang Ciri-ciri protozoa, Struktur tubuh
  protozoa, Cara reproduksi, Klasifikasi
  protozoa serta Peranan protozoa 
melalui buku
  diktat,
  internet.  
Menalar 
§  Siswa
  berusaha untuk mengerjakan permasalahan pada Lembar Diskusi Siswa (LDS) tentang Ciri-ciri protozoa, Struktur tubuh
  protozoa, Cara reproduksi, Klasifikasi
  protozoa serta Peranan protozoa sesuai dengan
  pengetahuan dan kemampuan dalam menggali informasi. 
Mencoba 
§ Guru
  menunjuk salah satu perwakilan kelompok untuk membacakan hasil diskusinya. 
§ Siswa
  menunjukkan hasil diskusinya dengan melakukan presentasi di depan kelas. 
§ Siswa
  lain boleh memberikan pertanyaan dan menyanggah kepada kelompok presentasi. 
Menyimpulkan 
§ Guru
  mengevaluasi hasil kerja siswa. 
§  Guru
  memberikan post test Ciri-ciri protozoa, Struktur tubuh
  protozoa, Cara reproduksi, Klasifikasi
  protozoa serta Peranan protozoa untuk
  mengetahui kemampuan siswa setelah proses pembelajaran. | 
30 menit | 
| 
Penutup | 
Kesimpulan
  dan penugasan 
§  Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari materi yang
  dijelaskan guru dan hasil diskusi yang dilakukan. 
§  Guru memberikan penugasan kepada
  siswa untuk mempelajari materi selanjutnya protista mirip tumbuhan. 
§  Guru mengakhiri pelajaran dan memberi salam. | 
10 menit | 
Pertemuan 2 (2 x 40
menit)
| 
Kegiatan | 
Sintaks | 
Aktivitas
  Guru dan Siswa | 
Alokasi
  Waktu | 
| 
Pendahuluan | 
1.   Apersepsi 
§ 
  Guru mengucapkan salam  
§ 
  Guru memeriksa kehadiran siswa 
§ 
  Guru mereview materi
  minggu lalu 
a.      
  Apakah kalian masih
  ingat materi minggu lalu kita telah membahas tentang protista mirip tumbuhan,
  siapa yang masih ingat protista mirip tumbuhan memiliki ciri-ciri seperti
  apa? 
§ 
  Guru menanyakan kepada siswa
  mengenai Protista mirip tumbuhan sebagai berikut: 
a.   Apakah
  kalian tahu agar-agar ini terbuat dari bahan dasar apa? 
2.   Motivasi 
§  Guru memuji siswa yang menjawab pertanyaan guru, diharapkan siswa mau menyumbang ide atau pendapat, menyanggah dan mampu menjadi pendengar
  yang baik. 
§  Guru
  juga memotivasi siswa dengan memberikan pesan atau nasehat untuk meningkatkan
  motivasi belajar siswa dengan memberi ungkapan: ”Protista mirip tumbuhan memiliki peranan yang sangat penting bagi
  kehidupan . Oleh karena itu, marilah kita menjaga, merawat dan mempelajari
  seluk beluk mengenai protis salah satunya protista mirip tumbuhan di bumi
  sebagai bentuk terima kasih atas ciptaan Tuhan  Yang Maha Esa, sehingga dapat
  memotivasi dalam mempelajari dan menganalisis setiap permasalahan pada  protista secara seksama. 
§  Guru
  menyampaikan tujuan pembelajaran. 
§  Guru
  menginformasikan langkah-langkah model pembelajaran Problem based Learning (PBL) serta metode diskusi dan tanya jawab | 
15   
  Menit | |
| 
Inti | 
(Orientasi siswa pada
  masalah) 
(Mengorganisasikan siswa
  untuk belajar) 
(Membimbing penyelidikan
  individu dan kelompok) 
(Mengembangkan dan
  menyajikan hasil karya) 
(Menganalisis dan
  mengevaluasi proses pemacahan masalah) 
Menganalisis
  dan mengevaluasi proses pemacahan masalah) | 
Presentasi 
§  Guru
  menyajikan pelajaran dengan menampilkan power point mengenai ciri-ciri,
  klasifikasi dan peranan protista mirip tumbuhan dalam kehidupan. 
Guru menanyakan masalah
  berupa : 
§  Apakah kalian tahu mengapa air danau tampak
  hijau? 
§  Siswa
  mengamati suatu foto berwarna/gambar dua dimensi berbagai macam
  protista yang menyerupai tumbuhan. 
§  Termasuk golongan organisme dalam protista mirip
  tumbuhan yang manakah pada gambar tersebut? 
§  Serta Sebutkan cirri-ciri, habitat, serta peranan dalam kehidupan? 
§  Mengamati 
§  Guru
  membagi siswa menjadi 7 kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4-5 siswa. 
§  Siswa
  mengamati permasalahan mengenai materi tersebut pada LDS tentang peranan protista mirip tumbuhan. 
§  Siswa
  mendiskusikan ciri umum protista mirip tumbuhan atau alga. 
§   Siswa
  membandingkan hasil pengamatan dengan gambar/charta/foto/film berbagai jenis
  organisme golongan Protista mirip tumbuhan. 
§  Guru
  memandu siswa pada masalah terkait materi protista pada LDS (Lembar Diskusi
  Siswa) tentang Peranan protista mirip tumbuhan bagi kehidupan. 
Menanya 
§ 
  Dengan metode tanya jawab, guru meminta siswa
  mendiskusikan permasalahan tersebut. 
§ 
  Siswa menanyakan kepada guru mengenai kesulitan
  atau kendala pada permasalahan topik yang dibahas. 
§ 
  Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi
  yang sesuai dengan permasalahan yang disajikan dalam buku siswa melalui buku
  diktat, internet, dan sumber lainnya. 
Menalar 
§ Siswa
  berusaha untuk mengerjakan permasalahan pada kuis LDS (Lembar Diskusi Siswa)
  tentang Protista mirip Tumbuhan (ganggang atau Alga) peranan dalam kehidupan
  sesuai dengan pengetahuan dan kemampuan dalam menggali informasi. 
Mencoba 
§ Guru
  menunjuk salah satu perwakilan kelompok untuk membacakan hasil diskusinya.  
§ Siswa
  menunjukkan hasil diskusinya dengan melakukan presentasi di depan kelas. 
§ Siswa
  lain boleh memberikan pertanyaan dan menyanggah kepada kelompok presentasi. 
Menyimpulkan 
§ Guru
  mengevaluasi hasil kerja siswa 
§ Guru
  memberikan post test mengenai
  ciri-ciri, klasifikasi dan peranan protista mirip tumbuhan dalam kehidupan
  untuk mengetahui kemampuan siswa setelah proses pembelajaran. | 
60 menit | 
| 
Penutup | 
Kesimpulan
  dan penugasan 
§ 
  Guru meminta tiap kelompok untuk mengumpulkan
  hasil pekerjaannya. 
§ 
  Guru mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan
  pembelajaran hari ini. 
§ 
  Guru memberikan tugas ngresum tentang materi protista mirip
  tumbuhan. 
§  Guru
  mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan
  memberi salam penutup. | 
15 Menit | 
Pertemuan 3
(1 x 40 menit)
| 
Kegiatan | 
Aktivitas
  Guru dan Siswa | 
Alokasi
  Waktu | |
| 
Pendahuluan | 
1.   Apersepsi 
§  Guru
  mengucapkan
  salam  
§  Guru
  memeriksa
  kehadiran siswa 
§ 
  Guru menanyakan kepada siswa
  mengenai manfaat  
§ 
  Guru menanyakan
  kepada siswa mengenai Protista mirip Jamur sebagai berikut: 
b.  
  Apakah kalian tahu tentang
  protista mirip Jamur? 
2.      Motivasi 
§  Guru memuji siswa yang dapat menjawab pertanyaan guru, diharapkan siswa mau menyumbang ide atau pendapat, menyanggah dan mampu menjadi
  pendengar yang baik. 
§  Guru
  juga memotivasi siswa dengan memberikan pesan atau nasehat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
  dengan memberi ungkapan:”Sukses itu
  salah satu faktornya adalah dengan selalu mengagumi semua ciptaan Allah SWT,
  dengan cara mempelajari dan mengkaji dengan penuh ikhlas dan tanggung jawab,
  salah satunya adalah dengan mempelajari protista mirip jamur”, sehingga dapat
  memotivasi dalam mempelajari dan menganalisis setiap permasalahan pada  protista mirip jamur secara seksama. 
§  Guru
  menyampaikan tujuan pembelajaran. 
§  Guru
  menginformasikan langkah-langkah model pembelajaran Problem based Learning (PBL). | 
5       
  Menit | |
| 
Inti | 
(Orientasi
  siswa pada masalah) 
(Mengorganisasikan siswa
  untuk belajar) 
(Membimbing
  penyelidikan individu dan kelompok) 
(Mengembangkan dan
  menyajikan hasil karya) 
(Menganalisis
  dan mengevaluasi proses pemacahan masalah) | 
Presentasi 
§  Guru
  menyajikan pelajaran dengan menampilkan power point mengenai ciri-ciri, klasifikasi dan peranan protista mirip jamur dalam
  kehidupan. 
Mengamati 
§  Guru
  memandu siswa pada masalah terkait materi bakteri pada LKS (Lembar Kerja Siswa) tentang
  ciri-ciri, klasifikasi dan peranan protista mirip jamur dalam
  kehidupan. 
§  Guru
  membagi siswa menjadi 7
  kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4-5 siswa.  
§  Siswa
  mengamati permasalahan mengenai materi tersebut yaitu LDS tentang peranan protista mirip Jamur dalam
  kehidupan. 
Menanya 
§  Guru
  menyediakan pertanyaan pada LKS (Lembar Kerja Siswa) untuk dijawab oleh siswa dengan tujuan untuk
  meningkatkan rasa ingin tahu, membangun sikap aktif, mandiri dan bekerjasama
  pada siswa. 
§  Siswa
  menanyakan kepada guru mengenai kesulitan atau kendala pada permasalahan topik yang dibahas. 
§  Guru
  mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dengan permasalahan
  yang disajikan dalam LKS pengamatan
  bentuk bakteri dalam koloni melalui buku diktat, internet, LKS.  
Menalar 
§ Siswa
  berusaha untuk mengerjakan permasalahan pada Lembar Kerja Siswa (LKS) sesuai dengan
  pengetahuan dan kemampuan dalam menggali informasi. 
Mencoba 
§ Guru
  menunjuk salah satu perwakilan kelompok untuk membacakan hasil pengamatannya. 
§ Siswa
  menunjukkan hasil pengamatannya dengan melakukan
  presentasi di depan kelas. 
§ Siswa
  lain boleh memberikan pertanyaan dan menyanggah kepada kelompok presentasi. 
Menyimpulkan 
§ Guru
  mengevaluasi hasil kerja siswa.   | 
30 menit | 
| 
Penutup | 
Kesimpulan
  dan penugasan 
§ Guru
  membimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari materi yang dijelaskan guru
  dan hasil pengamatan
  yang
  dilakukan. 
§ Guru
  memberikan tugas kepada siswa untuk mengerjakan LKS tentang protista. 
§ Guru
  mengakhiri pelajaran dan memberi salam. | 
10 menit | 
Jember, 8 Oktober 2017
| 
 | 
| 
 | 
| 
 | 
VI.            
Penilaian Hasil Belajar
Penilaian hasil belajar terdiri dari tiga ranah, yaitu
kognitif, psikomotorik, dan afektif. 
1.     
Aspek 
kognitif      
| 
No | 
Pertanyaan | 
C1 | 
C2 | 
C3 | 
C4 | 
C5 | 
C6 | 
SKOR | 
| 
1. | 
Sebutkan cirri-ciri secara umum
  protista mirip hewan (protozoa) ? | 
V | 
20 | |||||
| 
2. | 
Bagaimana cara reproduksi pada
  protozoa, Jelaskan? | 
V | 
35 | |||||
| 
3 | 
Apa saja peranan Protozoa dalam
  kehidupan baik yang menguntungkan maupun merugikan? | 
V | 
45 | |||||
| 
JUMLAH | 
100 | |||||||
Skor 1-3
Keterangan :
A         =  80 – 100 = 
Sangat Baik
B         =  70 – 79  
=  Baik
C         =  60 – 69  
=  Cukup
D         =  50 – 59  
=  Kurang                       E         =  0 – 49    
=  Buruk
           Skor
keseluruhan =   
Nilai =   Skor yang diperoleh x 100
Skor keseluruhan
2.      Ranah
Psikomotor
| 
NO | 
Ranah psikomotor | 
P1 | 
P2 | 
P3 | 
P4 | 
Skor | 
| 
1 | 
Keterampilan siswa dalam  mengumpulkan  materi tentang Protista. | 
√ | 
5 | |||
| 
2 | 
Keterampilan siswa dalam mengidentifikasikan
  tentang materi Protista. | 
√ | 
10 | |||
| 
3 | 
Kemampuan siswa dalam melakukan presentasi
   | 
√ | 
10 | |||
| 
4 | 
Keterampilan siswa dalam membedakan bentuk Protista. | 
√ | 
10 | |||
| 
5 | 
Siswa menjalankan diskusi terkait penyebab Protista bersama kelompoknya  | 
√ | 
15 | |||
| 
6 | 
Keterampilan siswa dalam
  mempertajam analisis masalah
  bersama kelompoknya.  | 
√ | 
20 | |||
| 
7 | 
Keterampilan siswa dalam mengaktifkan
  diskusi kelompok mengerjakan LKPD  | 
√ | 
5 | |||
| 
8 | 
Keterampilan siswa dalam merancang
  hasil diskusi bersama kelompoknya dalam bentuk presentasi | 
√ | 
10 | |||
| 
9 | 
Keterampilan siswa dalam menyesuaikan
  pendapatnya secara benar bersama kelompoknya.       | 
√ | 
5 | |||
| 
10 | 
Keterampilan siswa dalam mengoreksi
  hasil pembelajaran  | 
√ | 
10 | |||
| 
Jumlah | 
100 | |||||
Keterangan :
A         =  80 – 100 =  Sangat Baik
B         =  70 – 79   = 
Baik
C         =  60 – 69   = 
Cukup
D         =  50 – 59   = 
Kurang
| 
 | 
E         = 
0 – 49     =  Buruk 
3.      Ranah
Afektif
| 
NO | 
Ranah afektif | 
A1 | 
A2 | 
A3 | 
A4 | 
A5 | 
Skor | 
| 
1 | 
Keseriusan siswa dalam mengikuti  pembelajaran.  | 
√ | 
3 | ||||
| 
2 | 
Keaktifan siswa hasil dalam mendengarkan
  materi saat KBM berlangsung.  | 
√ | 
15 | ||||
| 
3 | 
Kecermatan siswa dalam membedakan  antara Alat reproduksi luar dan dalam | 
√ | 
12 | ||||
| 
4 | 
Keaktifan siswa dalam memecahkan masalah
  bersama kelompoknya.  | 
√ | 
12 | ||||
| 
5 | 
Keseriusan siswa dalam membentuk sebuah
  presentasi  | 
√ | 
12 | ||||
| 
6 | 
Keaktifan siswa dalam melaporkan
  hasil diskusi kepada guru dan kepada para teman-temannya yang lain.   | 
√ | 
7 | ||||
| 
7 | 
Ketepatan siswa dalam mengajukan pertanyaan.
   | 
√ | 
7 | ||||
| 
8 | 
Keaktifan siswa dalam menampilkan jawaban
  dengan menggunakan hasil diskusi | 
√ | 
7 | ||||
| 
9 | 
Ketepatan siswa dalam melengkapi jawaban
  yang kurang tepat. | 
√ | 
10 | ||||
| 
10 | 
Keaktifan siswa dalam membentuk
  pendapat saat diskusi berlangsung.                | 
√ | 
12 | ||||
| 
11 | 
Keaktifan siswa dalam memperhatikan
  kesimpulan hasil pembelajaran. | 
√ | 
3 | ||||
| 
Jumlah | 
100 | ||||||
Keterangan :
A         =  80 – 100 =  Sangat Baik
B         =  70 – 79   = 
Baik
C         =  60 – 69   = 
Cukup
D         =  50 – 59   = 
Kurang
E         =  0 – 49     = 
Buruk
| 
 | 
2.     
Karakter siswa yang diharapkan:
| 
No | 
Karakter | 
BT | 
MT | 
MB | 
MK | ||
| 
1 | 
Bertanggung jawab | ||||||
| 
2 | 
Bekerjasama | ||||||
| 
3 | 
Toleransi  | ||||||
| 
4 | 
Bersahabat  | ||||||
| 
5 | 
Berfikir kritis           | ||||||
Keterangan :
Ø  
BT : Belum Terlihat (
Apabila siswa belum memperlihatkan tanda-tanda awal karakter yang di nyatakan
dalam indicator)
Ø  
MT : Mulai Terlihat
(Apabila siswa sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal karakter yang
dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten)
Ø  
MB : Mulai Berkembang
(Apabila siswa sudah memperlihatkan berbagai tanda karakter yang dinyatakan
dalam indikator dan mulai konsisten)
Ø  
MK : Membudaya (apabila
siswa terus-menerus memperlihatkan karakter yang dinyatakan dalam indikator
secara konsisten.
Keterangan :
A=
80-100   = sangat baik
B=
70-79     = baik
C=
60-69     = cukup
D=
50-59     = kurang
E= 0-49       = buruk
Lampiran 2: Instrumen Penilaian Pengetahuan
A.    TES TULIS
POST TEST 2
(Protista Mirip
Tumbuhan/Ganggang)
Nama   :
No       :
Pasangkanlah pernyataan di sebelah kiri dengan kata-kata yang sesuai pada kolom di sebelah kanan.
1.     
 Protista Mirip Tumbuhan
            Protista Mirip Tumbuhan
 Protista Mirip Tumbuhan
            Protista Mirip Tumbuhan
2.     
 Reproduksi Seksual pada
Alga/Ganggang
            Reproduksi Seksual pada
Alga/Ganggang
 Reproduksi Seksual pada
Alga/Ganggang
            Reproduksi Seksual pada
Alga/Ganggang
3.     
 Termasuk dalam Ganggang Keemasan
atau Pirang
            Termasuk dalam Ganggang Keemasan
atau Pirang
 Termasuk dalam Ganggang Keemasan
atau Pirang
            Termasuk dalam Ganggang Keemasan
atau Pirang Manfaat Alga di gunakan untuk
membuat Agar-agar
            Manfaat Alga di gunakan untuk
membuat Agar-agar
5.     
 Pigmen Fotosintetik berwarna Kuning
            Pigmen Fotosintetik berwarna Kuning
 Pigmen Fotosintetik berwarna Kuning
            Pigmen Fotosintetik berwarna Kuning
a.      
Peritrik
b.     
Alga 
c.      
Konjugasi
d.     
Chrysophyta
e.      
Xantofil
f.    Alga merah (Rodhophyta
Pertemuan
ke-1
LDS 1
(Protista Mirip
Hewan/Protozoa)
Nama Kelompok         :
..........................................................
Ketua Kelompok         :
..........................................................
Nama Anggota            : 1........................................................
                                      2........................................................
                                     
3........................................................
                                      4........................................................
                                      5.........................................................
                                      6........................................................
1.     
Sebutkan
cirri-ciri secara umum protista mirip hewan (protozoa) ?
2.     
Sebutkan
klasifikasi yang termasuk dalam protista mirip hewan berdasarkan alat geraknya
dan berikan contohnya masing-masing?
3.     
Bagaimana
cara reproduksi pada protozoa, Jelaskan?
4.     
Apa saja
peranan Protozoa dalam kehidupan baik yang menguntungkan maupun merugikan?
Diskusikan
bersama kelompok kemudian di presentasikan.
LDS 2
(Protista MiripTumbuhan
(Alga/Ganggang)
Nama Kelompok         :
..........................................................
Ketua Kelompok         :
..........................................................
Nama Anggota            :
1........................................................
                                      2........................................................
                                     
3........................................................
                                      4........................................................
                                      5.........................................................
                                      6........................................................
1.     
Sebutkan
cirri-ciri secara umum protista mirip Tumbuhan/Alga?
2.     
Sebutkan
dan Jelaskan  klasifikasi Alga/Ganggang
berdasarkan Pigmen dominan dan berikan contohnya masing-masing?
3.     
Apakah kalian tahu mengapa air danau tampak
hijau yang terdapat pada gambar tersebut?
4.     
Termasuk golongan organisme dalam protista
mirip tumbuhan yang manakah pada gambar tersebut?
5.     
Sebutkan
cirri-ciri, habitat, serta peranan dalam kehidupan?
Diskusikan bersama kelompok kemudian di
presentasikan!
Amatilah Gambar di
bawah ini!
LDS 3
(Protista Mirip Jamur)
Nama Kelompok         :
..........................................................
Ketua Kelompok         : ..........................................................
Nama Anggota            :
1........................................................
                                      2........................................................
                                     
3........................................................
                                      4........................................................
                                      5.........................................................
                                      6........................................................
1.     
Sebutkan
cirri-ciri secara umum protista mirip Jamur?
2.     
Sebutkan
dan Jelaskan klasifikasi yang termasuk pada protista mirip jamur?
3.     
Protista
mirip jamur Misalnya jamur air (Oomycota) memiliki peranan yang merugikan bagi
kehidupan, sebutkan dan jelaskan?
Diskusikan bersama kelompok kemudian
di presentasikan.
ULANGAN HARIAN
(Protista (Mirip
Hewan, Tumbuhan dan Jamur)
NAMA            :
NO.ABSEN    :
2.     
Foraminifera termasuk Filum Rhizopoda yang bermanfaat bagi manusia karena
dapat digunakan sebagai ....
a.      Sumber Protein
b.      Petunjuk adanya minyak bumi
c.       Obat-obatan
d.      Sumber silikat
e.       Pakan ikan 
3.     
Perhatikan
pernyataan berikut: 
1)     
Soliter/koloni
2)     
Uniselluler
3)     
Multiseluller
4)     
Prokariotik
Yang merupakan cirri protista adalah....
a.      
1,2,3,4
b.     
1,2,4
c.      
2,3,4
d.     
1,3
e.      
3,4
4.     
Flagellata
yang menyebabkan penyakit tidur dan dibawa oleh lalat Tse-Tse adalah….
a.      
Euglena
b.     
Trypanosoma gambiens
c.      
Leishmania
d.     
Trichomonas vaginalis
e.      
Trypanosoma evansi
5.     
Euglena sp.memiliki ciri-ciri berikut,kecuali...
a. Dijumpai di sawah atau air menggenang.
b. Mempunyai bintik mata.
c. Organisme multiseluler.
d. Mempunyai dua nukleus.
e. Bereproduksi dengan cara membelah diri
a. Dijumpai di sawah atau air menggenang.
b. Mempunyai bintik mata.
c. Organisme multiseluler.
d. Mempunyai dua nukleus.
e. Bereproduksi dengan cara membelah diri
6.     
Salah satu jenis ganggang yang digunakan untuk membuat
agar-agar adalah...
a. Euglonophyta
b. Pyropphyta
c. Rodhopyta
d. Chlorophyta
e. Phaeophyta
a. Euglonophyta
b. Pyropphyta
c. Rodhopyta
d. Chlorophyta
e. Phaeophyta
7.     
Yang termasuk jenis Algae yang memperlihatkan ciri
seperti tumbuhan sekaligus seperti hewan adalah...
a. Euglonophyta
b. Pyropphyta
c. Rodhopyta
d. Chlorophyta
e. Phaeophyta
a. Euglonophyta
b. Pyropphyta
c. Rodhopyta
d. Chlorophyta
e. Phaeophyta
8.     
 Berikut ini yang tidak termasuk anggota
filum Chlorophya adalah...
a. Synura
b. Chlamydomonas
c. Volvox
d. Chara
e. Ulva
a. Synura
b. Chlamydomonas
c. Volvox
d. Chara
e. Ulva
9.     
Anggota Cilliata yang mempunyai bentuk tubuh seperti
sandal adalah...
a. Nyctoterus ovalis
b. Paramecium caudatum
c. Toxoplasma gondii
d. Leishmania tropica
e. Plasmodium ovale
a. Nyctoterus ovalis
b. Paramecium caudatum
c. Toxoplasma gondii
d. Leishmania tropica
e. Plasmodium ovale
10. 
Filum dalam protozoa yang seluruh anggotanya bersifat
parasit adalah...
a. Ciliata
b. Zooflagellata
c. Foraminifera
d. Sprozoa
e. Rhizopoda
a. Ciliata
b. Zooflagellata
c. Foraminifera
d. Sprozoa
e. Rhizopoda
11. 
Pseupodia merupakan alat gerak protozoa dari kelompok
...
a. Sprozoa
b. Zooflagelata
c. Zoomastighopora
d. Rhzipoda
e. Ciliata
a. Sprozoa
b. Zooflagelata
c. Zoomastighopora
d. Rhzipoda
e. Ciliata
12. 
Jamur yang memiliki hifa tidak bersekat termasuk dalam
kelompok jamur...
a. Zygomycota
b. Ascomycota
c. Basidiomycota
d. Deutromycota
e. Oomycota
a. Zygomycota
b. Ascomycota
c. Basidiomycota
d. Deutromycota
e. Oomycota
13. 
Euglena sp.memiliki ciri-ciri berikut,kecuali...
a. Dijumpai di sawah atau air menggenang.
b. Mempunyai bintik mata.
c. Organisme multiseluler.
d. Mempunyai dua nukleus.
e. Bereproduksi dengan cara membelah diri
a. Dijumpai di sawah atau air menggenang.
b. Mempunyai bintik mata.
c. Organisme multiseluler.
d. Mempunyai dua nukleus.
e. Bereproduksi dengan cara membelah diri
14. 
Salah satu jenis ganggang yang digunakan untuk membuat
agar-agar adalah...
a. Euglonophyta
b. Pyropphyta
c. Rodhopyta
d. Chlorophyta
e. Phaeophyta
a. Euglonophyta
b. Pyropphyta
c. Rodhopyta
d. Chlorophyta
e. Phaeophyta
15. 
Yang termasuk jenis Algae yang memperlihatkan ciri
seperti tumbuhan sekaligus seperti hewan adalah...
a. Euglonophyta
b. Pyropphyta
c. Rodhopyta
d. Chlorophyta
e. Phaeophyta
a. Euglonophyta
b. Pyropphyta
c. Rodhopyta
d. Chlorophyta
e. Phaeophyta
II.         
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan tepat
1.   
Protista terbagi menjadi 3 kelompok sebutkan !
2.   
Sebutkan ciri-ciri Ascomycota!
3.   
Sebutkan
dan Jelaskan  klasifikasi Alga/Ganggang
berdasarkan Pigmen dominan dan berikan contohnya masing-masing?
4.   
Sebutkan
klasifikasi yang termasuk dalam protista mirip hewan berdasarkan alat geraknya
dan berikan contohnya masing-masing?
5.   
Apa saja
peranan Protista (Protozoa, Alga dan 
Protista Mirip Jamur) dalam kehidupan?Berikan contohnya masing-masing?
“ Selamat Mengerjakan “
“ Kejujuran adalah
Kunci dari Kesuksesan “



No comments:
Post a Comment