CONTOH PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN “Pembuatan Terarium Air”

 

PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN

Pembuatan Terarium Air

Dibina Oleh Ibu Ika Priantari S. Si., M.Pd untuk memenuhi tugas Kewirausahaan Berbasi Biologi


 


Disusun Oleh :

Nur Iva Raudhatul J.              (1410211026)

Yuni Asto Purbasari                (1410211038)

M. Zainul Asan                       (1410211053)

 

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI

JURUSAN PENDIDIKAN MIPA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER

2017

  

BAB I

PENDAHULUAN

I.I Latar Belakang

Terarium atau vivarium adalah media atau wadah yang terbuat dari kaca atau plastik transparan berisi tanaman, yang diperuntukkan bagi beragam kebutuhan, seperti untuk penelitian, metode bercocok tanam maupun dekorasi. Dapat dikatakan bahwa terarium merupakan biosfer buatan yang paling alami karena fungsi biologis yang terjadi dalam terarium pun mirip dengan yang terjadi di alam. Sehingga terarium dapat juga dijadikan laboratorium biologi mini atau taman mini dalam wadah kaca seperti gelas, stoples, botol, aquarium, dan sebagainya. Terarium telah banyak dikenal di luar negeri, terutama Belanda negara asalnya sebagai sebuah bentukan taman yang ada di dalam wadah kaca, dengan media tanaman yang sama seperti tanaman yang di tanam di lahan biasa. Kelebihan dari terarium adalah :

a)      Tidak membutuhkan ruang yang luas untuk hidup.

b)      Pemeliharaannya tidak terlalu intensif.

c)      Biaya yang dikeluarkan lebih sedikit.

d)     Mempunyai nilai estetika yang lebih tinggi.

e)      Memiliki nilai ekonomi.

f)       Memiliki nilai edukasi yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan taman pada umumnya, karena apabila seorang peserta didik diberikan tanggungjawab untuk membuat dan memelihara sebuah terarium maka banyak hal tentang lingkungan yang dapat dia pelajari dari sebuah terarium tersebut.

Terarium akan menampilkan taman miniatur dalam media kaca. Terarium dapat mensimulasikan kondisi di alam yang sebenarnya dalam media kaca tersebut. Misalnya terarium dapat mensimulasikan ekosistem gurun, ekosistem padang pasir, ekosistem hutan hujan tropis, ekosistem air maupun lainnya. Pertama kali terarium diperkenalkan di Inggris, diawali dengan rumah kaca mini di Kerajaan Inggris dan kaum bangsawan kemudian terarium menjadi terkenal di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Membudidayakan tanaman adalah hobi yang digemari masyarakat Indonesia. Selain bisa memberi udara segar, aneka tanaman tersebut mampu mempercantik hunian. Kebiasaan menanam pohon makin populer seiring merebaknya gaya hidup alami. Meski banyak manfaatnya, banyak masyarakat mengalami kesulitan. Semakin sempitnya lahan, khususnya di daerah perkotaan, membuat masyarakat tak lagi memiliki ruang terbuka di rumah. 

Hal tersebut merupakan peluang bisnis yang besar untuk pelaku bisnis terrarium, pelaku bisnis menawarkan alternatif tanaman dengan bentuk yang unik. Seni dekorasi tanaman yang berasal dari Inggris ini terlihat seperti akuarium berisi aneka jenis tanaman. Peminat produk terrarium pun terus meningkat lantaran berbentuk unik, tak memakan tempat, mudah dirawat. Bisnis ini diklaim makin subur karena masih sepi pesaing.

Rata-rata pihak yang tertarik membeli terrarium adalah perempuan atau ibu rumah tangga. Namun pasar terrarium sebenarnya terbilang luas. Banyak bapak-bapak atau anak muda yang membeli akuarium tanaman ini sebagai hadiah bagi keluarga atau teman. maka dari itu terrarium memiliki prospek pasar yang bagus.

            Secara ilmiah, terarium dalam bentuk modern pertama kali baru diperkenalkan pada tahun 1827 oleh Nathaniel Ward, doktor ilmu fisika asal Inggris.Terarium pertama kali diperkenalkan oleh Belanda dengan nama sebagai Bottle Garden dan berkembang mulai tahun 1990. Di Indonesia, terarium banyak diperkenalkan oleh orang-orang yang pulang dari belajar di luar negeri dan telah banyak diteliti untuk diadaptasikan ke dalam kondisi dan iklim Indonesia yang hanya memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Menurut Nurhayati (2004) tanaman yang bisa digunakan beragam, tergantung dari jenis terarium yang akan kita buat. Terdapat empat macam jenis terarium, yaitu :

1.      Terarium yang membutuhkan cahaya banyak (500 fc) dan air sedikit (50-70 ml/minggu)

2.      Terarium yang membutuhkan cahaya banyak (200-500 fc) dan air sedang (100 ml/3 hari)

3.      Terarium yang membutuhkan cahaya sedang (200-400 fc) dan air sedang (75-100 ml/3-7 hari)

4.      Terarium yang membutuhkan cahaya sedikit (< 200 fc) dan air banyak (100-125 ml/minggu).

Media tanam yang digunakan adalah media yang banyak dijumpai di sekitar kita. Bahan-bahan media tersebut dapat kita temui di toko-toko tempat menjual aquarium dan bahan-bahan aquarium yang ada di sekitar kita. Tanaman yang digunakan juga beraneka ragam, dan hampir semua tanaman dapat dipakai untuk dimasukkan di dalam terarium. Namun secara umum ada beberapa syarat tanaman yang dapat digunakan dalam pembuatan terarium, yaitu 1) Toleran terhadap cahaya dan kelembaban 2) Berukuran kecil atau pertumbuhannya lambat 3) Dipilih tanaman hias daun yang bersifat perennial, dan 4) Dalam satu wadah dipilih tanaman dengan lingkungan hidup yang sama (Nurhayati, 2004).

            Alat-alat yang digunakan dalam pembuatan terarium adalah alat-alat yang ada di sekitar kita. Bahkan kita tidak harus membeli khusus untuk pembuatan terarium, karena seringkali alat-alat tersebut sudah ada di dalam rumah namun dimanfaatkan untuk keperluan yang lainnya. Asesoris ini dapat berupa patung-patung kecil, baik yang terbuat dari tanah liat, plastik, keramik, maupun batu (Nurhayati, 2004).

 

1.2 Tujuan Masalah

1.    Menawarkan alternatif tanaman dalam bentuk yang unik.

2.    Memberikan solusi bagi pencinta tanaman yang tidak memiliki waktu luang dalam pemeliharaan tanaman.

3.    Memberikan solusi bagi pencinta tanaman yang tidak memiliki lahan yang luas.


BAB II

ANALISIS INDUSTRI

 

2.1 Penjelasan Singkat

Usaha terarium ini usaha yang tidak mudah dan  tidak sulit untuk dikembangkan. Karena banyaknya peminat terarium ini sebagian orang yang menyukai bunga dan tumbuhan. Dan terarium  ini  merupakan media atau wadah yang terbuat dari kaca atau plastik transparan berisi tanaman, yang diperuntukkan bagi beragam kebutuhan, seperti untuk penelitian, metode bercocok tanam maupun dekorasi atau taman mini dalam wadah kaca seperti gelas, stoples, botol, aquarium, dan sebagainya. Terarium telah banyak dikenal di luar negeri, terutama Belanda negara asalnya sebagai sebuah bentukan taman yang ada di dalam wadah kaca, dengan media tanaman yang sama seperti tanaman yang di tanam di lahan biasa. Dan juga digemari oleh kalangan masyarakat yang menyukai tumbuhan dan bunga.

Alasan kelompok kami memilih bisnis ini dikarenakan terarium ini menarik peminat dan bagus untuk digunakan tanaman hias dan bunga hias. Bukan hanya itu bahan-bahan untuk membuat terarium ini pun sangat mudah untuk diperoleh. Proses pembuatan terarium ini sangat mudah. Modal yang dibutuhkan tidak begitu banyak namun mampu memberikan keuntungan yang besar. Sehingga modal yang dikeluarkan dapat kembali dengan cepat. Untuk proses produksi tidak terlalu sulit. Karena kita bisa menjualnya diberbagai tempat. seperti toko bunga, toko tanaman, toko perlengkapan aquarium dll dan bahkan lewat online.

 

2.2 Rencana Jangka Pendek

a.       Produk terarium ini lebih dikenal oleh masyarakat umum dan yang menyukai tanaman hias

b.      Produk terarium ini bisa didapatkan di toko-toko bunga dan tanaman, toko perlengkapan aquarium dll

c.       Mempunyai varian yang baru

d.      Adanya bonus dengan minimum pembelian Rp.200.000

e.        

2.3 Rencana Jangka Menengah

a.       Pemasaran bisa dilakukan secara delivery order

b.      Pembelian diatas Rp.250.000 free delivery order

c.       Pemasaran melalui toko on-online

 

2.4 Rencana Jangka Panjang

a.     Membuka outlet resmi

b.    Memperluas produksi dengan membuka outlet cabang diberbagai daerah

  

BAB III

PRODUKSI 

Didalam proses pembuatannya terarium tempat produksi haruslah bersih dan higenis. Agar pembuatan terarium tidak terhambat dengan keadaan setempat. Selain itu tempat juga menjadi cerminan dalam pembuatan terarium tersebut, karena jika tempat pembuatan tidak bersih otomatis terarium yang dibuat hama. Dan semua ini akan dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Maka dari itu tempat produksinya harus bersih dan higenis. Dan dalam pembuatan terarium air ini juga harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman dalam terarium air ini


3.1 Gambaran Produk

             

Gambar dari Literatur

                       

  Nama produk adalah Terarium Air.


3.2 Bahan yang Dibutuhkan

1.      Balok kaca atau gelas

2.      Pasir putih

3.      Batu hias warna-warni

4.      Bibit tanaman air

5.      Kerikil putih

6.      Pasir hitam

7.      Air

 

3.3    Alat Produksi

1.      Cutter

2.      Tissue

3.      Sendok

4.      Botol

 

3.4 Cara Produksi

1.      Setelah menyiapkan alat dan bahan seperti wadah kaca, bersihkan dengan air

2.      Masukkan pasir putih didasar wadah, lalu masukkan batu warna-warni lalu memasukkan pasir hitam, kemudian kerikil putih lalu pasir hitam

3.      Menyiram media dengan air secukupnya

4.      Masukkan bibit tanaman

5.      Meletakkan media terarium ditempat yang lembab sampai bibit tanaman tumbuh

6.      Terarium siap diletakkan di tempat yang diinginkan ketika bibit sudah tumbuh dan terarium siap diberi air


BAB IV

PEMASARAN

 

4.1 Target

Visi

“ Menciptakan usaha sampingan untuk pemuda di Jember dengan membentuk jiwa kemandirian”

Misi

a.         Menciptakan lapangan pekerjaan.

b.         Membangun semangat enterprenuer / berwirausaha.

c.         Membangun kemandirian mahasiswa dalam menghadapi tantangan global.

 

4.2 Sasaran

a.         Anak muda

b.         Semua kalangan

 

4.3 Cara Pemasaran

                 Usaha ini terbilang belum banyak yang mengetahui. Terarium air ini belum terlalu booming diminati oleh masyarakat jember. Harga dari terarium ini terbilang ekonomis dan termasuk dalam kantong mahasiswa. Setiap pembelian terarium, kami selalu meninggalkan nomor telefon sehingga pembeli yang ingin memesan terarium dapat langsung menghubungi dan pedanan siap diantar. Kami juga mempromosikan terarium ini dengan memberikan bonus pada pembeli jika pembelian diatas Rp 200.000-. kami belum memiliki outlet resmi sehingga kami memasarkan melalui toko online. Pembeli dapat merequest bentuk dan model terarium air sesuai keinginan. Adapun cara pemasaran kami yaitu: dipasarkan melalui bazar-bazar hidroponik yang diadakan dialun-alun jember setiap satu ulan sekali, dipasarkan melalui toko online, dan dipasarkan ke sekolah-sekolah sebagai media pembelajaran biologi.

 

4.4 Kendala

1)      Munculnya usaha yang sama dengan usaha ini.

2)      Modal yang selalu berubah pada waktu-waktu tertentu akibat kebijakan ekonomi pemerintah, menyebabkan harga berubah.

3)      Perubahan selera konsumen.

4)      Pelanggan yang tidak tetap yang setiap tahunnya selalu berganti.

5)      Sulitnya mendapatkan pelanggan tetap.

 


BAB V

KEUANGAN

5.1 Biaya Produksi

Nama Bahan

Harga @satuan

1.      Balok kaca atau gelas

2.      Pasir putih

3.      Batu hias warna-warni

4.      Bibit tanaman air

5.      Kerikil putih

6.      Pasir hitam

7.      Air

8.      Cutter

9.      Tissue

10.  Sendok

11.  Botol

Rp 5.000,-

Rp 15.000,-

Rp 6.000,-

Rp 20.000,-

Rp 4.000,-

Rp 6.000,-

Rp 4.000,-

Rp 5.000,-

Rp 3.500,-

Rp 1.500,-

Rp 2.000,-

Total

Rp 72.000,-

 

Dari biaya total menghasilkan sebanyak 5 produk terarium air.

 

5.2 Harga Jual

            Adapun harga jual yaitu :

            - Kotak kaca = Rp 25.000,-

                        Total = 2 x Rp 25.000,-

                                  = Rp 50.000,-

            - Gelas kaca = Rp 15.000,-

                        Total = 3 x Rp 15.000,-

                                 = Rp 45.000,-

 

5.3 Laba/Keuntungan

            Laba Keuntungan = Total harga jual – Biaya Produksi

                                         = Rp 95.000,- - Rp 72.000,-

                                         = Rp 23.000,-

BAB IV

PENUTUP

 

Kesimpulan dengan berjalannya proses pembuatan terarium air ini dapat di jual dan melakukan transaksi terhadap penjual dan pembeli. Hal ini tentu saja telah membuktikan bahwa berbisnis dapat membuka peluang usah bagi masyarakat untuk berwirausaha dengan membentuk jiwa kewirausawan pemuda dikabupaten Jember. Kritik dan saran dalam penyusunan proposal ini kami harapkan dari para pembaca. Penyusun banyak mengalami kendala, maka penyusun sangat mengharapkan adanya kritik dan saran demi penyempurnaan proposal ini.

 

   Semoga bermanfaat, Jazakallah Khairan   

 

No comments:

Post a Comment