KARAKTERISTIK MEDIA PEMBELAJARAN TIGA DIMENSI
Media tiga dimensi ialah media tanpa proyeksi yang penyajianya secara visual tiga dimensional. Kelompok media ini dapat berwujud sebagai benda alsi, baik hidup maupun mati dan dapat pulu berwujud sebagai tiruan yang mewakili aslinya.
Benda asli ketika akan difungsikan sebagai media pembelajaran dapat dibawa langsung ke kelas, atau siswa sekelas dikerahkan langsung ke dunia sesungguhnya dimana benda asli itu berbeda. Apabila benda aslinya sulit untuk dibawa ke kelas atau kelas tidak mungkin dihadapkan langsung ke tempat di mana benda itu berada maka benda itu tiruanya dapat pula berfungsi sebagai media pembelajaran yang efektif.
1. Belajar benda sebenarnya melalui widy wisata
Widya wisata adalah kegiatan belajar yang dilaksanakan melalui kunjungan kesuatu tempat di luar kelas sebagai bagian integral dari seluruh kegiatan akademis dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan.
2. Belajar benda sebenarnya melalui specimen
Terminology benda sebenarnya digolongkan menjadi dua yaitu obyek dan benda contoh specimen. Obyek adalah semua benda yang masih dalam keadaan asli dan alami. Akan tetapi specimen adalah benda benda asli atau sebgaian benda asli yang digunakan sebagai contoh.
3. Belajar melalui media tiruan
Media tiruan disebut sebagai model. Belajar melalui model dilakukan untuk pokok bahasan tertentu yang tidak mungkin dapat dilakukan melalui pengalaman langsung atau melalui benda sebenarnya.
a. Peta timbul
Peta timbul secara fisik termasuk model lapangan, adalah peta yang dapat menunjukan tinggi rendahnya permukaan bumi. Peta timbul dapat dibuat oleh guru bersama siswa sehingga dapat memupuk daya kreasi, daya imajinasi, dan memupuk rasa tanggung jawab bersama terhadap hasil karya bersama.
b. Globe
Globe model perbandingan, adalah benda tiruan dari bentuk bumi yang diperkecil. Globe dapat meberikan keterangan tentang permukaan bumi pada umumnya dan kashusnya tentang lingkungan bumi, aliran sungai, dan langit.
c. Boneka
Boneka adalah salah satu model perbandingan. Boneka adalah benda tiruan dari bentuk manusia dan atau binatang. Sebagai media pendidikan, boneka dapat dimainkan dalam bentuk sandiwara boneka.
No comments:
Post a Comment