Contoh RPP K13 Pencemaran Lingkungan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

KURIKULUM 2013

A.    IDENTITAS MATA PELAJARAN

Nama Sekolah                   : SMP Universitas Muhammadiyah Jember

Mata Pelajaran                  : IPA

Materi pokok                     : Pencemaran Lingkungan

Kelas/ semester                 : 7/ Genap

Alokasi Waktu                  : 1 x 20 menit

 

B.     KOMPETENSI INTI

KI             : 1.  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannyaMemahami,

3.   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

C.    KOMPETENSI DASAR

3.8  Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem

4.8  Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian masalah pencemaran dilingkungannya berdasarkan hasil pengamatan.

 

D.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

             3.8.1        Mendeskripsikan pencemaran lingkungan

              3.8.2        Mengidentifikasi jenis-jenis pencemaran

              3.8.3        Menjelaskan dampak pencemaran pada makhluk hidup

4.8.1        Menganalisis artikel untuk mengetahui pengaruh pencemaran terhadap lingkungan.

4.8.2 Mengomunikasikan hasil analisis artikel tentang pengaruh pencemaran terhadap lingkungan

4.8.3        Menyebutkan berbagai upaya pencegahan pencemaran lingkungan

 

E.     MATERI  PEMBELAJARAN

(Terlampir)

F.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi kegiatan

Nilai karakter

Alokasi waktu

 

Kegiatan Guru

       Kegiatan Siswa

Kegiatan pendahuluan

1.      Menyiapkan peserta didik baik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan cara :

a.       Salam dan berdoa

b.      Presensi

2.      Motivasi

Menampilkan ayat Al Qur’an tentang lingkungan

3.      Apersepsi

Memberikan apersepsi kepada siswa dengan mengulas materi yang akan dipelajari dengan pertanyaan :

a.       Apa itu pencemaran lingkungan ?

4.      Menyampaikan tujuan pembelajaran.

 

1.      Memperhatikan penjelasan guru

2.      Menjawab pertanyaan guru

1.      Nilai religious

2.      Nilai kedisiplinan

2 menit

Kegiatan inti

1.      Guru memperlihatkan beberapa artikel tentang permasalahan lingkungan

2.      Guru membentuk 4 kelompok belajar dan membagikan artikel pada masing-masing kelompok, serta menentukan tempat masing-masing kelompok

3.      Guru menugaskan setiap kelompok untuk mendiskusikan masing – masing artikel (penyebab dan dampak pencemaran lingkungan)

4.      Guru menugaskan siswa untuk membuat laporan dari masing-masing artikel meliputi penyebab, dampak dan penanggulangan pencemaran lingkungan

5.      Guru menugaskan perwakilan kelompok untuk menyampaikan hasil laporan

6.      Guru melakukan evaluasi materi dari yang disampaikan oleh siswa

7.      Guru mempersilahkan salah satu siswa menyimpulkan hasil diskusi

1.      Siswa mengamati artikel yang ditampilkan

2.      Siswa duduk sesuai kelompok

3.      Siswa mendiskusikan artikel yang didapat pada masing-masing kelompok

4.      Siswa berdiskusi menyusun data laporan

5.      Siswa menyampaikan hasil diskusi didepan kelas

6.      Siswa mendengarkan penjelasan guru

7.      Siswa menyimpulkan hasil diskusi

a.       Bertanggung jawab

b.      Rasa ingin tahu

c.       Berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif

d.      Mandiri

e.       Menghargai pendapat orang lain

f.       Disiplin

g.      Percaya diri

9 menit

Kegiatan penutup

1.      Guru melakukan refleksi diri dengan membagikan lembar post test

2.      Guru mempersilahkan ketua kelas mengumpulkan lembar jawaban

3.      Guru mengingatkan siswa agar mampu menerapkan ilmu yang didapat sesuai dengan materi hari ini

4.      Guru mengingatkan siswa untuk mempelajari materi minggu depan

5.      Guru menutup pembelajaran dengan salam.

1.      Siswa mengerjakan soal post test

2.      Ketua kelas mengumpulkan lembar jawaban

3.      Siswa memperhatikan penjelasan guru

4.      Siswa menjawab salam

1.      Kejujuran

2.      Disiplin

3.      Percaya diri

4.      Religious

 

4  menit

 

G.    Penilaian, Pembelajaran, Remidial dan Pengayaan

1.      Teknik Penilaian

a.       Tes tulis

b.      Non test 

2.      Instrumen Penilaian (lampiran)

3.      Pembelajaran Remidiasi dan Pengayaan (lampiran)

 

H.    Media/ Alat, Bahan, dan Sumber Belajar

1.      Media/ Alat                : LCD, Laptop, Artikel

2.      Sumber Belajar           :

a.       Buku Pegangan Guru IPA SMP Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013

b.      Buku Pegangan Siswa IPA SMP Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013

Jember, 19 Desember 2016

 

Dosen Pembimbing,                                                                                 Mahasiswa,

 

 

 

(Rayh Sitta Nurmala, M.Pd)                                                                    (Kelompok 5)                         

Lampiran 1

 

MATERI PEMBELAJARAN

PENCEMARAN LINGKUNGAN



Pencemaran lingkungan dapat terjadi akibat kegiatan manusia atau proses alami. Sesuatu yang menyebabkan polusi (pencemaran) disebut: Polutan. Polutan dapat berupa:

1.      Bahan kimia

2.      Debu

3.      Makhluk hidup

4.      Panas

5.      Suara

6.      Radiasi

A.    Ciri-ciri lingkungan alami dan tercemar

Ciri-ciri lingkungan alami:

a.       Sungai  yang masih alami, airnya jernih, tidak berbau, tidak ditumbuhi enceng gondok, tidak ditumbuhi ganggang yang melimpah,banyak terdapat  berbagai jenis ikan dan lain-lain.

b.      Bila kita tinggal di desa yang masih banyak pohonnya yang hijau, kendaraan bermotor tidak terlalu banyak seperti di kota, tidak ada pabrik maka udara terasa sejuk dan segar.

Ciri-ciri lingkungan tercemar:

a.       Sungai yang sudah tercemar, airnya keruh, berbau, banyak sampah, ditumbuhi ganggang yang melimpah dan enceng gondok, sedikit ditemukan jenis-jenis ikan.

b.      Bila tinggal di kota besar  banyak kendaraan bermotor mungkin mata kita menjadi pedih bahkan pernapasan kita tidak nyaman. Demikian pula bila tinggal dekat pabrik yang cerobongnya mengepulkan asap atau partikel-partikel halus menyebabkan udara tidak segar.

B.     Sumber-sumber Pencemaran Lingkungan:

1.      Pencemaran kimiawi

Artinya pencemaran yang disebabkan oleh zat-zat kimia. Misalnya limbah pabrik seperti raksa dan timbal

2.      Pencemaran fisik

Artinya pencemaran yang disebabkan oleh zat cair, padat, atau gas. Zat cair misalnya limbah pabrik dan limbah rumah tangga. Zat padat misalnya sampah. Gas misalnya asap pabrik dan asap kendaraan bermotor

3.      Pencemaran biologis

Artinya pencemaran yang disebabkan oleh berbagai macam mikroorganisme penyebab penyakit.

C.     Macam-macam Pencemaran Lingkungan

1.      Pencemaran Air

Artinya peristiwa masuk/dimasukkannya zat, benda, makhluk hidup atau komponen lain ke dalam lingkungan air sehingga kualitas (mutu) lingkungan air atau fungsi lingkungan air terganggu atau berkurang.

Sumber-sumber Pencemaran air berasal dari:

a.       Limbah Industri

Misalnya : raksa, timbal, cadmium

Pencemaran raksa yang pernah terjadi di teluk Minamata di Jepang. Para nelayan di sekitar teluk Minamata memakan ikan yang telah tercemar raksa. Akibat yang ditimbulkan yaitu mereka mengalami kerusakan sistem saraf. Penyakit yang dialami para nelayan tersebut dikenal dengan Penyakit Minamata

b.      Limbah Pertanian

Penggunaan pupuk buatan yang berlebihan dapat menyebabkan suburnya ekosistem perairan. Akibatnya, perairan ditumbuhi ganggang dengan subur atau yang dikenal dengan blooming algae.

Penggunaan insektisida (racun serangga) yang berlebihan dan digunakan terus-menerus dapat mengganggu keseimbangan ekosistem lahan pertanian. Karena selain membunuh serangga hama pertanian, insektisida juga membunuh makhluk hidup lain yang sebenarnya bermanfaat bagi pertanian, misalnya berbagai jenis lebah yang membantu penyerbukan atau serangga lain yang menjadi predator serangga hama.

c.       Limbah Rumah Tangga

Rumah Tangga menghasilakan limbah,misalnya sampah dan air yang mengandung deterjen,Limbah rumah tangga yang masuk ke dalam perairan menyebabkan perairan tersebut tercemar.Di perairan sampah melalui proses penguraian oleh mikroorganisme,Akibat proses tersebut kadar oksigen akan menurun,Menurunnya oksigen sangat merugikan makhluk hidup

d.      Limbah Minyak

Limbah minyak dapat menyebabkan pencemaran laut,Sering kali BBM dan Pelumas dari kapal tumpah ke laut,Pencemaran minyak berpengaruh langsung terhadap biota laut dan tidak langsung terhadap kehidupan di darat,Misalnya Birung yang memakan ikan tercemar dapat mati dan Manusia akan terganngu kesehatannta bila memakan ikan yang tercemar

2.      Pencemaran Udara

Pencemaran udara adalah peristiwa masuknya zat,energi,atau komponen lainnya ke dalam lingkungan udara,Pencemaran udara pada umumnya terjadi di kota-kota besar dan daerah Industri,Bahan-bahan pencemar udara  yang merusak kesehatan manusia adalah

a.    Karbon Dioksida

b.   Karbon Monoksida

c.    Sulfur Dioksida

d.   Nitrogen Oksida

e.    CFC (Chlorofluorocarbon)

f.    Asap

g.   Karbon Dioksida

3.      Pencemaran Tanah

Pencemaran Tanah adalah peristiwa masuknya zat atau komponen lain ke suatu area tanah. Tanah mengandung air,udara dab berbagai sumber zat mineral bagi tumbuhan,juga bahan organic utuk menunjang kehidupan mikroorganisme dalam tanah. Pencemaran tanah diakibatkan oleh pemakaian Pestisida yang berlebiha,Buangan bahan kimia limbah industri,penambangan,dan hujan asam

Akibat pencemaran tanah antara lain

a.       Tergangunya kehidupan mikroorganisme Tanah

b.      Berubahnya sifat kimiawi atau sifat fisik tanah

c.       Mengubah dan mempengaruhi keseimbangan ekologi dalam suatu ekosistem

4.      Pencemaran Suara

Suara atau bunyi apabila sudah menggangu pemukiman penduduk dapat dikatakan pencemaran lingkungan,Suara yang keras dan memekakan  telinga manusia dapat menimbulkan gannguan

a.       Sumber Pencemaran Suara

b.      Suara lalu lintas jalan raya

c.       Pesawat yang lepas landas atau mendarat

d.      Pesawat jet

e.       Mesin pabrik

f.       Lingkungan sosial (Televisi atau Radio yang terlalu keras)

Batas Suara yang tidak menimbulkan pencemaran yaitu 55 dB (Desibel) Desibel adalah satuan yang menyatakan kuat lemahnya suara

Sumber Suara

dB(Desibel)

Pesawat Jet

150

Senjata Api

130

Konser Musik Rock

120

Lalu lintas yang ramai

80

Penyedot Debu

70

Percakan Biasa

50

Nyamuk Terbang

40

Daun yang jatuh

10

D.     Akibat Pencemaran Terhadap Makhluk Hidup secara Global

Pencemaran akan menurunkan kualitas lingkungan atau ekosistem.Akibatnya timbul ganguan terhadap makhluk hidup yang ada pada lingkungan itu termasuk manusia

Dalam jumlah yang banyak di atmosfer Gas karbon dioksida menghalangi pantulan panas dari atmosfer,Panas akan dipantulkan kembali ke bumi,Sehingga bumi menjadi lebih panas,Ini Disebut Efek Rumah Kaca. Efek Rumah Kaca dapat menaikkan suhu udara secara global sehhinga dapat mengubah pola iklim di seluruh dunia. Akibat pencemaran udara yang disebabkan oleh oksida nitrogen dan oksida belerang dalam hujan asam,Bila pencemaran hujan asam terjadi terus-menerus akan menyebabkan tanah,sungai,danu,dan perairan tawar menjadi asam,akibatnya akan merusak keseimbangan ekosistem

E.      Kerugian akibat penebangan Hutan

Hutan dibagi menjadi beberapa tipe berdasarkan tumbuhan yang mendominasinya yaitu

a.       Hutan Konifer

b.      Hutan Safana

c.       Hutan Tropis

Manfaat Hutan Tropis

a.       Mencegah Erosi

b.      Mempengaruhi kesuburan tanah

c.       Mempengaruhi persediaan air

d.      Sebagai sumber keanekaragaman hayati

Kerugian akibat penebangan hutan

Penebangan hutan tanpa perhitungan atau secara liar menyebabkan berbagai dampak yang buruk. Apabila pohon-pohon di hutan dan di lereng gunung ditebang maka akan menyebabkan air hujan mengalir deras. Air dan Tanah yang terbawa oleh aliran air hujan akan bercampur menjadi lumpur.Lumpur tersebut menutup pori-pori  tanah di permukaan,Mengurangi daya serap tanah terhadap Air Hujan. Penggundulan hutan juga menyebabkan habitat dan berbagai jenis hewan,tumbuhan dan mikroorganisme menjadi rusak dan mungkin punah

F.      Usaha-Usaha Mencegah dan Mengatasi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan

1.      Pencemaran Air

Pencemaran air antara lain disebabkan oleh limbah industri, limbah pertanian, limbah rumah tangga, dan limbah minyak. Limbah industri. Pencemaran air oleh limbah industri dapat dicegah dan ditanggulangi dengan cara berikut :

a.       Pembuangan limbah industri diatur sedemikian rupa sehingga tidak mencemari lingkungan atau ekosistem. Dengan demikian bahan dari limbah yang berupa zat-zat beracun dapat dihilangkan.

b.      Pencemaran air oleh logam yang berasal dari industri dapat dicegah atau diatasi dengan cara menanam tumbuhan sejenis alang-alang di sekitar perairan tempat pmbuangan limbah.

c.       Limbah pertanian. Pencemaran air oleh limbah pertanian dapat dicegah dengan cara berikut:

1.      Mencegah limbah pertanian agar tidak mengalir ke sungai dan danau.

2.      Pengaturan terhadap penggunaan pupuk buatan, yaitu menggunakan pupuk hanya pada saat tanaman pertanian tumbuh,tidak memupuk lahan kosong,tidak memupuk ketika hujan, dan tidak membuang sisa pupuk ke sungai.

3.      Menggunakan pestisida yang mudah diurai oleh alam.

4.      Menggunakan metode lain selain menggunakan pestisida, misalnya dengan biological control. Biological control yaitu pemberantasan hama dengan menggunakan makhluk hidup pmakan hama tersebut.

5.      Menanam tanaman pertanian yang kebal terhadap serangga hama.

d.      Limbah rumah tangga. Pencemaran air oleh limbah rumah tangga berupa sampah dan air buangan dapat dicegah dengan cara berikut:

1.      Membuat tempt sampah.

2.      Membuat lubang untuk menimbun sampah dengan tanah.

3.      Memanfaatkan sampah untuk dibuat pupuk (kompos).

4.      Membuat tampat pembuangan limbahyang berupa air buangan. Tempat pembuanagn harus jauh dari sumber air.

e.       Limbah minyak. Pencemaran air oleh limbah minyak dapat dicegah dengan cara berikut:

1.      Hindarkan kebocoran minyak di laut baik oleh kapal tanker maupun pengeboran minyak lepas pantai.

2.      Harus ada sanksi yang tegas bagi pelaku pencemaran limbah minyak.

3.      Membersihkan minyak dengan cara bioremidiasi. Bioremidiasi adalah menggunakan mikroorganisme untuk membersihkan pencemaran.

4.      Bila ada tumpahan minyak di laut hendaknya dibuat penghalang mekanik.

2.      Pencemaran Udara

Pencemaran udara dapat ditimbulkan oleh:

a.       Karbon dioksida dan karbon monoksida. Pencemaran udara oleh karbon dioksida dapat dicegah dengan cara berikut:

1.      Mngurangi penggunaan bahan baker minyak.

2.      Mencegah panebangan hutan untuk lahan pertanian.

3.      Memperluas daerah penghijauan dan reboisasi.

b.      Nitrogen oksida dan sulfur dioksida. Pencemaran yang ditimbulkan oleh nitrogen oksida dapat dicegah dengan cara:

1.      Mengurangi bahan baker minyak dan sumber energi alternative.

2.      Membersihkan gas sisa bahan bakar kendaraan bermotor dengan konverter katalitik. Konverter katalitik yaitu alat untuk membersihkan kendaraan bermotor.

c.       CFC. Agar kehancuran lapisan ozon dapat dikurangi, manusia harus mengurangi penggunaan CFC.

d.      Asap. Pencemaran udara oleh asap yang ditimbulkan oleh kegiatan manusia dapat dicegah dengan cara berikut:

1.      Mencegah terjadinya kebakaran hutan.

2.      Menggunakan bahan bakar yang sedikit mengeluarkan asap.

3.      Mencegah pembakaran bahan-bahan beracun di udara terbuka.

3.      Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah ditimbulkan oleh pestisida dan limbah industri. Penggunaan pestisida harus sesuai dengan aturannya. Sedangkan penanggulanan pencemaran tanah oleh limbah industri yaitu pabrik harus memiliki tempat penampungan dan pengolahan limbah.

4.      Pencemaran Suara

Pencemaran suara dapat dicegah atau ditanggulani dengan cara berikut:

a.       Tidak membangun pabrik dekat pemukiman penduduk.

b.      Tidak membangun bandara di dekat pemukiman penduduk.

c.       Para tenaga kerja pabrik yang berada pada lingkungan suara yang keras.

d.      Tidak menyembunyikan televise,tape atau radio terlalu keras.

 

 

Lampiran 2

Instrumen Penilaian

1.      Ranah kognitif

KISI-KISI RANAH KOGNITIF

Indikator

Aspek

Jumlah

C1

C2

C3

C4

C5

C6

Mendeskripsikan pencemaran lingkungan

1,6

 

 

 

 

 

2

Mengidentifikasi jenis-jenis pencemaran

 

2

4

 

 

 

2

Menjelaskan dampak pencemaran pada makhluk hidup

 

5

 

 

 

 

1

Menganalisis artikel untuk mengetahui pengaruh pencemaran terhadap lingkungan.

 

3

 

 

 

 

1

Mengomunikasikan hasil analisis artikel tentang pengaruh pencemaran terhadap lingkungan

 

 

 

 

 

 

-

 

6

 

A.    Soal

Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban benar atau salah !

1)      Parameter pencemaran air dibedakan menjadi tiga macam yaitu parameter fisika, kimia, biologi

2)      Pengamatan bau, warna dan rasa air merupakan pengamatan secara kimia

3)      Jenis limbah yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme tergolong limbah organik

4)      Limbah daun, ranting pohon, dan kertas termasuk limbah anorganik

5)      Ada berbagai cara untuk mengurangi pencemaran suara, salah satunya  adalah penggunaan alat peredam suara

6)      Pencemaran suara adalah gangguan pada lingkungan yang diakibatkan oleh bunyi atau suara yang megakibatkan ketidaktentraman makhluk hidup disekitarnya

 

B.     Kunci jawaban

1)      Benar

2)      Salah

3)      Salah

4)      Salah

5)      Benar

6)      Benar

C.    Rubrik Penilaian Ranah Kognitif

No. Soal

Kriteria Penilaian

Skor

1.       

Parameter pencemaran air dibedakan menjadi tiga macam yaitu parameter fisika, kimia, biologi

10

 

Tidak menjawab

0

2.       

Pengamatan bau, warna dan rasa air merupakan pengamatan secara kimia

20

 

Tidak menjawab

0

3.       

Jenis limbah yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme tergolong limbah organik

20

 

Tidak menjawab

0

4.       

Limbah daun, ranting pohon, dan kertas termasuk limbah anorganik

20

 

Tidak menjawab

0

5.       

Ada berbagai cara untuk mengurangi pencemaran suara, salah satunya  adalah penggunaan alat peredam suara

20

 

Tidak menjawab

0

6.       

Pencemaran suara adalah gangguan pada lingkungan yang diakibatkan oleh bunyi atau suara yang megakibatkan ketidaktentraman makhluk hidup disekitarnya

10

 

Tidak menjawab

0

Skor

100

 

Nilai kognitif (NK) =  x 100%

 

 

  

2.      Ranah Afektif

 

Nama Peserta Didik                : …………………............

Kelas                                       : …………………............

Tanggal Pengamatan               : …………………...........

No.

Sikap

Kriteria

Ya

Tidak

1.       

Jujur

1.      Melaporkan data sesuai dengan apa yang diamati

2.      Menyampaikan data sesuai dengan data yang ada

 

 

2.       

Disiplin

1.      Mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang ditetapkan

2.      Mengumpulkan hasil pekerjaan tepat waktu

 

 

3.       

Tanggung jawab

1)      Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru

2)      Menyelesaikan pekerjaan sampai tuntas

 

 

4.       

Peduli lingkungan

1.      Merapikan meja dan kursi

2.      Menata alat, buku, sumber lainnya dengan rapi

 

 

5.       

Kerjasama

1.      Menghargai pendapat teman

2.      Mengambil bagian dalam kerja kelompok

 

 

Skor maksimum

 

 

 

Nilai Afektif  (NA) =  x 100%

 

 

 

 

3.      Ranah Psikomotorik

 

LEMBAR AKTIVITAS SISWA (PSIKOMOTORIK)

Hari/tanggal    :

Materi              :

No.

Nama

Aspek psikomotor yang diamati

Σ Skor

1

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah rata-rata presentasi

 

 

 

 

Keterangan :

No.

Aspek

Skor

Kriteria Penilaian

1.

Kreatifitas

3

Mengikuti instruksi kerja dengan sungguh-sungguh

2

Mengikuti instruksi kerja apabila di awasi

1

Tidak mengikuti instruksi kerja

2.

 

3

Berdiskusi dengan kelompok dengan sungguh-sungguh

2

Kadang-kadang ikut berdiskusi

1

Tidak berdiskusi dan mengerjakan hal lain

Keterangan skor :

Skor

Kualifikasi

1

Sangat kurang

2

Kurang

3

Cukup

4

Baik

5

Sangat baik

 

 

Lampiran 3

REMIDIAL DAN PENGAYAAN

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!

1.      Bagaimana suatu lingkungan dikatakan tercemar ?

Jawab :....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2.      Sebutkan zat-zat penyebab pencemaran udara ?

Jawab :....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

3.      Sebutkan contoh limbah berbahaya dan beracun !

Jawab :....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

4.      Bagaimana mekanisme terjadinya efek rumah kaca?

Jawab : ....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

5.      Bagaimana cara kita berpasrtisipasi dalam upaya menghemat air bersih Jawab :....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


No comments:

Post a Comment