RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
KURIKULUM
2013
A.
IDENTITAS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah :
SMP Universitas Muhammadiyah Jember
Mata Pelajaran : IPA
Materi pokok :
Pencemaran
Lingkungan
Kelas/ semester :
7/ Genap
Alokasi Waktu : 1 x 20
menit
B.
KOMPETENSI INTI
KI
:
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannyaMemahami,
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
C.
KOMPETENSI DASAR
3.8
Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi
ekosistem
4.8
Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian masalah pencemaran
dilingkungannya berdasarkan hasil pengamatan.
D. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.8.1 Mendeskripsikan pencemaran lingkungan
3.8.2 Mengidentifikasi jenis-jenis pencemaran
3.8.3 Menjelaskan dampak pencemaran pada makhluk hidup
4.8.1
Menganalisis artikel untuk mengetahui pengaruh pencemaran terhadap
lingkungan.
4.8.2 Mengomunikasikan hasil analisis artikel tentang pengaruh pencemaran
terhadap lingkungan
4.8.3
Menyebutkan berbagai upaya pencegahan pencemaran lingkungan
E.
MATERI PEMBELAJARAN
(Terlampir)
F.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
kegiatan |
Nilai
karakter |
Alokasi
waktu |
|
|
Kegiatan
Guru |
Kegiatan Siswa |
||
Kegiatan
pendahuluan |
1. Menyiapkan
peserta didik baik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses
pembelajaran dengan cara : a. Salam
dan berdoa b. Presensi
2. Motivasi Menampilkan ayat Al Qur’an tentang lingkungan 3. Apersepsi Memberikan apersepsi kepada
siswa dengan mengulas materi
yang akan dipelajari dengan pertanyaan : a.
Apa itu
pencemaran lingkungan ? 4.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran. |
1.
Memperhatikan penjelasan guru 2.
Menjawab pertanyaan guru |
1. Nilai
religious 2. Nilai kedisiplinan |
2 menit |
Kegiatan
inti |
1. Guru memperlihatkan beberapa artikel tentang
permasalahan lingkungan 2. Guru membentuk 4 kelompok belajar dan membagikan
artikel pada masing-masing kelompok, serta menentukan tempat masing-masing
kelompok 3. Guru menugaskan setiap kelompok untuk mendiskusikan
masing – masing artikel (penyebab dan dampak pencemaran lingkungan) 4. Guru menugaskan siswa untuk membuat laporan dari
masing-masing artikel meliputi penyebab, dampak dan penanggulangan pencemaran
lingkungan 5. Guru menugaskan perwakilan kelompok untuk
menyampaikan hasil laporan 6. Guru melakukan evaluasi materi dari yang disampaikan
oleh siswa 7. Guru mempersilahkan salah satu siswa menyimpulkan
hasil diskusi |
1.
Siswa mengamati artikel yang ditampilkan 2.
Siswa duduk sesuai kelompok 3.
Siswa mendiskusikan artikel yang didapat pada
masing-masing kelompok 4.
Siswa berdiskusi menyusun data laporan 5.
Siswa menyampaikan hasil diskusi didepan kelas 6.
Siswa mendengarkan penjelasan guru 7.
Siswa menyimpulkan hasil diskusi |
a.
Bertanggung jawab b.
Rasa ingin tahu c.
Berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif d.
Mandiri e.
Menghargai pendapat orang lain f.
Disiplin g.
Percaya diri |
9 menit |
Kegiatan
penutup |
1. Guru melakukan refleksi diri dengan membagikan
lembar post test 2. Guru mempersilahkan ketua kelas mengumpulkan lembar
jawaban 3. Guru mengingatkan siswa agar mampu menerapkan ilmu
yang didapat sesuai dengan materi hari ini 4. Guru mengingatkan siswa untuk mempelajari materi
minggu depan 5. Guru menutup pembelajaran dengan salam. |
1. Siswa mengerjakan soal post
test 2. Ketua kelas mengumpulkan
lembar jawaban 3.
Siswa memperhatikan penjelasan guru 4.
Siswa menjawab salam |
1.
Kejujuran 2.
Disiplin 3.
Percaya diri 4.
Religious |
4 menit |
G.
Penilaian,
Pembelajaran, Remidial dan Pengayaan
1.
Teknik Penilaian
a. Tes tulis
b. Non test
2.
Instrumen Penilaian
(lampiran)
3.
Pembelajaran Remidiasi dan Pengayaan (lampiran)
H.
Media/ Alat, Bahan, dan Sumber
Belajar
1. Media/ Alat :
LCD, Laptop, Artikel
2. Sumber Belajar :
a. Buku Pegangan Guru IPA SMP Kelas 7 Semester
2 Kurikulum 2013
b. Buku Pegangan Siswa IPA SMP Kelas 7 Semester
2 Kurikulum 2013
Jember, 19
Desember 2016
Dosen
Pembimbing, Mahasiswa,
(Rayh Sitta Nurmala,
M.Pd) (Kelompok
5)
Lampiran 1
MATERI PEMBELAJARAN
Pencemaran lingkungan dapat terjadi
akibat kegiatan manusia atau proses alami. Sesuatu yang menyebabkan polusi
(pencemaran) disebut: Polutan. Polutan dapat berupa:
1. Bahan
kimia
2. Debu
3. Makhluk
hidup
4. Panas
5. Suara
6. Radiasi
A.
Ciri-ciri lingkungan
alami dan tercemar
Ciri-ciri lingkungan alami:
a. Sungai
yang masih alami, airnya jernih, tidak berbau, tidak ditumbuhi enceng gondok,
tidak ditumbuhi ganggang yang melimpah,banyak terdapat berbagai jenis
ikan dan lain-lain.
b. Bila
kita tinggal di desa yang masih banyak pohonnya yang hijau, kendaraan bermotor
tidak terlalu banyak seperti di kota, tidak ada pabrik maka udara terasa sejuk
dan segar.
Ciri-ciri lingkungan tercemar:
a. Sungai
yang sudah tercemar, airnya keruh, berbau, banyak sampah, ditumbuhi ganggang
yang melimpah dan enceng gondok, sedikit ditemukan jenis-jenis ikan.
b. Bila
tinggal di kota besar banyak kendaraan bermotor mungkin mata kita menjadi
pedih bahkan pernapasan kita tidak nyaman. Demikian pula bila tinggal dekat
pabrik yang cerobongnya mengepulkan asap atau partikel-partikel halus menyebabkan
udara tidak segar.
B. Sumber-sumber
Pencemaran Lingkungan:
1. Pencemaran
kimiawi
Artinya
pencemaran yang disebabkan oleh zat-zat kimia. Misalnya limbah pabrik seperti
raksa dan timbal
2. Pencemaran
fisik
Artinya pencemaran yang disebabkan oleh zat cair, padat, atau gas. Zat cair misalnya limbah pabrik dan limbah rumah tangga. Zat padat misalnya sampah. Gas misalnya asap pabrik dan asap kendaraan bermotor
3. Pencemaran biologis
Artinya
pencemaran yang disebabkan oleh berbagai macam mikroorganisme penyebab penyakit.
C. Macam-macam
Pencemaran Lingkungan
1. Pencemaran
Air
Artinya
peristiwa masuk/dimasukkannya zat, benda, makhluk hidup atau komponen lain ke
dalam lingkungan air sehingga kualitas (mutu) lingkungan air atau fungsi
lingkungan air terganggu atau berkurang.
Sumber-sumber
Pencemaran air berasal dari:
a. Limbah
Industri
Misalnya
: raksa, timbal, cadmium
Pencemaran
raksa yang pernah terjadi di teluk Minamata di Jepang. Para nelayan di sekitar
teluk Minamata memakan ikan yang telah tercemar raksa. Akibat yang ditimbulkan
yaitu mereka mengalami kerusakan sistem saraf. Penyakit yang dialami para
nelayan tersebut dikenal dengan Penyakit Minamata
b. Limbah
Pertanian
Penggunaan
pupuk buatan yang berlebihan dapat menyebabkan suburnya ekosistem perairan.
Akibatnya, perairan ditumbuhi ganggang dengan subur atau yang dikenal dengan
blooming algae.
Penggunaan
insektisida (racun serangga) yang berlebihan dan digunakan terus-menerus dapat
mengganggu keseimbangan ekosistem lahan pertanian. Karena selain membunuh
serangga hama pertanian, insektisida juga membunuh makhluk hidup lain yang
sebenarnya bermanfaat bagi pertanian, misalnya berbagai jenis lebah yang
membantu penyerbukan atau serangga lain yang menjadi predator serangga hama.
c. Limbah
Rumah Tangga
Rumah
Tangga menghasilakan limbah,misalnya sampah dan air yang mengandung
deterjen,Limbah rumah tangga yang masuk ke dalam perairan menyebabkan perairan
tersebut tercemar.Di perairan sampah melalui proses penguraian oleh
mikroorganisme,Akibat proses tersebut kadar oksigen akan menurun,Menurunnya
oksigen sangat merugikan makhluk hidup
d. Limbah
Minyak
Limbah
minyak dapat menyebabkan pencemaran laut,Sering kali BBM dan Pelumas dari kapal
tumpah ke laut,Pencemaran minyak berpengaruh langsung terhadap biota laut dan
tidak langsung terhadap kehidupan di darat,Misalnya Birung yang memakan ikan
tercemar dapat mati dan Manusia akan terganngu kesehatannta bila memakan ikan
yang tercemar
2. Pencemaran
Udara
Pencemaran
udara adalah peristiwa masuknya zat,energi,atau komponen lainnya ke dalam
lingkungan udara,Pencemaran udara pada umumnya terjadi di kota-kota besar dan
daerah Industri,Bahan-bahan pencemar udara yang merusak kesehatan manusia
adalah
a. Karbon
Dioksida
b. Karbon
Monoksida
c. Sulfur
Dioksida
d. Nitrogen
Oksida
e. CFC
(Chlorofluorocarbon)
f. Asap
g. Karbon
Dioksida
3. Pencemaran
Tanah
Pencemaran
Tanah adalah peristiwa masuknya zat atau komponen lain ke suatu area tanah.
Tanah mengandung air,udara dab berbagai sumber zat mineral bagi tumbuhan,juga
bahan organic utuk menunjang kehidupan mikroorganisme dalam tanah. Pencemaran
tanah diakibatkan oleh pemakaian Pestisida yang berlebiha,Buangan bahan kimia
limbah industri,penambangan,dan hujan asam
Akibat
pencemaran tanah antara lain
a. Tergangunya
kehidupan mikroorganisme Tanah
b. Berubahnya
sifat kimiawi atau sifat fisik tanah
c. Mengubah
dan mempengaruhi keseimbangan ekologi dalam suatu ekosistem
4. Pencemaran
Suara
Suara
atau bunyi apabila sudah menggangu pemukiman penduduk dapat dikatakan
pencemaran lingkungan,Suara yang keras dan memekakan telinga manusia
dapat menimbulkan gannguan
a. Sumber
Pencemaran Suara
b. Suara
lalu lintas jalan raya
c. Pesawat
yang lepas landas atau mendarat
d. Pesawat
jet
e. Mesin
pabrik
f. Lingkungan
sosial (Televisi atau Radio yang terlalu keras)
Batas Suara yang tidak menimbulkan
pencemaran yaitu 55 dB (Desibel) Desibel adalah satuan yang menyatakan kuat
lemahnya suara
Sumber Suara |
dB(Desibel) |
Pesawat Jet |
150 |
Senjata Api |
130 |
Konser Musik Rock |
120 |
Lalu lintas yang ramai |
80 |
Penyedot Debu |
70 |
Percakan Biasa |
50 |
Nyamuk Terbang |
40 |
Daun yang jatuh |
10 |
D.
Akibat Pencemaran Terhadap Makhluk Hidup
secara Global
Pencemaran akan
menurunkan kualitas lingkungan atau ekosistem.Akibatnya timbul ganguan terhadap
makhluk hidup yang ada pada lingkungan itu termasuk manusia
Dalam jumlah yang
banyak di atmosfer Gas karbon dioksida menghalangi pantulan panas dari
atmosfer,Panas akan dipantulkan kembali ke bumi,Sehingga bumi menjadi lebih
panas,Ini Disebut Efek Rumah Kaca. Efek Rumah Kaca dapat menaikkan suhu udara
secara global sehhinga dapat mengubah pola iklim di seluruh dunia. Akibat pencemaran
udara yang disebabkan oleh oksida nitrogen dan oksida belerang dalam hujan
asam,Bila pencemaran hujan asam terjadi terus-menerus akan menyebabkan
tanah,sungai,danu,dan perairan tawar menjadi asam,akibatnya akan merusak
keseimbangan ekosistem
E.
Kerugian akibat penebangan Hutan
Hutan dibagi menjadi beberapa tipe
berdasarkan tumbuhan yang mendominasinya yaitu
a.
Hutan Konifer
b.
Hutan Safana
c.
Hutan Tropis
Manfaat Hutan Tropis
a. Mencegah
Erosi
b.
Mempengaruhi kesuburan tanah
c.
Mempengaruhi persediaan air
d.
Sebagai sumber keanekaragaman hayati
Kerugian akibat penebangan hutan
Penebangan hutan tanpa perhitungan atau
secara liar menyebabkan berbagai dampak yang buruk. Apabila pohon-pohon di
hutan dan di lereng gunung ditebang maka akan menyebabkan air hujan mengalir deras.
Air dan Tanah yang terbawa oleh aliran air hujan akan bercampur menjadi
lumpur.Lumpur tersebut menutup pori-pori tanah di permukaan,Mengurangi
daya serap tanah terhadap Air Hujan. Penggundulan hutan juga menyebabkan
habitat dan berbagai jenis hewan,tumbuhan dan mikroorganisme menjadi rusak dan
mungkin punah
F. Usaha-Usaha
Mencegah dan Mengatasi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan
1.
Pencemaran Air
Pencemaran air antara lain disebabkan
oleh limbah industri, limbah pertanian, limbah rumah tangga, dan limbah minyak. Limbah
industri. Pencemaran air oleh limbah industri dapat dicegah dan
ditanggulangi dengan cara berikut :
a.
Pembuangan limbah
industri diatur sedemikian rupa sehingga tidak mencemari lingkungan atau
ekosistem. Dengan demikian bahan dari limbah yang berupa zat-zat beracun dapat
dihilangkan.
b.
Pencemaran air oleh logam yang berasal
dari industri dapat dicegah atau diatasi dengan cara menanam tumbuhan sejenis
alang-alang di sekitar perairan tempat pmbuangan limbah.
c.
Limbah pertanian. Pencemaran air
oleh limbah pertanian dapat dicegah dengan cara berikut:
1.
Mencegah limbah pertanian agar tidak
mengalir ke sungai dan danau.
2.
Pengaturan terhadap penggunaan pupuk
buatan, yaitu menggunakan pupuk hanya pada saat tanaman pertanian tumbuh,tidak
memupuk lahan kosong,tidak memupuk ketika hujan, dan tidak membuang sisa pupuk
ke sungai.
3.
Menggunakan pestisida yang mudah diurai
oleh alam.
4.
Menggunakan metode lain selain
menggunakan pestisida, misalnya dengan biological control. Biological
control yaitu pemberantasan hama dengan menggunakan makhluk hidup pmakan
hama tersebut.
5. Menanam
tanaman pertanian yang kebal terhadap serangga hama.
d.
Limbah rumah tangga. Pencemaran air
oleh limbah rumah tangga berupa sampah dan air buangan dapat dicegah dengan
cara berikut:
1.
Membuat tempt sampah.
2.
Membuat lubang untuk menimbun sampah
dengan tanah.
3.
Memanfaatkan sampah untuk dibuat pupuk
(kompos).
4. Membuat
tampat pembuangan limbahyang berupa air buangan. Tempat pembuanagn harus jauh
dari sumber air.
e.
Limbah minyak. Pencemaran air oleh
limbah minyak dapat dicegah dengan cara berikut:
1.
Hindarkan
kebocoran minyak di laut baik oleh kapal tanker maupun pengeboran minyak lepas
pantai.
2.
Harus ada sanksi yang tegas bagi pelaku
pencemaran limbah minyak.
3.
Membersihkan
minyak
dengan cara bioremidiasi. Bioremidiasi adalah
menggunakan
mikroorganisme untuk membersihkan pencemaran.
4. Bila ada
tumpahan minyak di laut hendaknya dibuat penghalang mekanik.
2.
Pencemaran Udara
Pencemaran udara dapat ditimbulkan
oleh:
a.
Karbon dioksida dan karbon
monoksida. Pencemaran udara oleh karbon dioksida dapat dicegah dengan
cara berikut:
1.
Mngurangi penggunaan bahan baker minyak.
2.
Mencegah panebangan hutan untuk lahan
pertanian.
3. Memperluas
daerah penghijauan dan reboisasi.
b. Nitrogen
oksida dan sulfur dioksida. Pencemaran yang ditimbulkan oleh nitrogen
oksida dapat dicegah dengan cara:
1.
Mengurangi bahan baker minyak dan sumber
energi alternative.
2. Membersihkan
gas sisa bahan bakar kendaraan bermotor dengan konverter katalitik.
Konverter katalitik yaitu alat untuk membersihkan kendaraan bermotor.
c. CFC. Agar
kehancuran lapisan ozon dapat dikurangi, manusia harus mengurangi penggunaan
CFC.
d.
Asap. Pencemaran udara oleh asap
yang ditimbulkan oleh kegiatan manusia dapat dicegah dengan cara berikut:
1.
Mencegah terjadinya kebakaran hutan.
2.
Menggunakan bahan bakar yang sedikit
mengeluarkan asap.
3.
Mencegah pembakaran bahan-bahan beracun
di udara terbuka.
3.
Pencemaran
Tanah
Pencemaran tanah ditimbulkan oleh
pestisida dan limbah industri. Penggunaan pestisida harus sesuai dengan
aturannya. Sedangkan penanggulanan pencemaran tanah oleh limbah industri yaitu
pabrik harus memiliki tempat penampungan dan pengolahan limbah.
4.
Pencemaran Suara
Pencemaran suara dapat dicegah atau
ditanggulani dengan cara berikut:
a.
Tidak membangun pabrik dekat pemukiman
penduduk.
b.
Tidak membangun bandara di dekat
pemukiman penduduk.
c.
Para tenaga kerja pabrik yang
berada pada lingkungan suara yang keras.
d. Tidak
menyembunyikan televise,tape atau radio terlalu keras.
Lampiran 2
Instrumen Penilaian
1. Ranah
kognitif
KISI-KISI RANAH KOGNITIF
Indikator |
Aspek |
Jumlah |
|||||
C1 |
C2 |
C3 |
C4 |
C5 |
C6 |
||
Mendeskripsikan
pencemaran lingkungan |
1,6 |
|
|
|
|
|
2 |
Mengidentifikasi
jenis-jenis pencemaran |
|
2 |
4 |
|
|
|
2 |
Menjelaskan
dampak pencemaran pada makhluk hidup |
|
5 |
|
|
|
|
1 |
Menganalisis
artikel untuk mengetahui pengaruh pencemaran terhadap lingkungan. |
|
3 |
|
|
|
|
1 |
Mengomunikasikan
hasil analisis artikel tentang pengaruh pencemaran terhadap lingkungan |
|
|
|
|
|
|
- |
|
6 |
A. Soal
Jawablah soal dibawah ini dengan jawaban benar atau
salah !
1) Parameter pencemaran air dibedakan
menjadi tiga macam yaitu parameter fisika, kimia, biologi
2) Pengamatan bau, warna dan rasa air
merupakan pengamatan secara kimia
3) Jenis limbah yang tidak dapat diuraikan
oleh mikroorganisme tergolong limbah organik
4) Limbah daun, ranting pohon, dan kertas
termasuk limbah anorganik
5) Ada berbagai cara untuk mengurangi
pencemaran suara, salah satunya adalah penggunaan alat peredam suara
6) Pencemaran suara adalah
gangguan pada lingkungan yang diakibatkan oleh bunyi atau suara yang
megakibatkan ketidaktentraman makhluk hidup disekitarnya
B. Kunci
jawaban
1)
Benar
2)
Salah
3)
Salah
4)
Salah
5)
Benar
6)
Benar
C.
Rubrik Penilaian Ranah Kognitif
No.
Soal |
Kriteria
Penilaian |
Skor |
1. |
Parameter
pencemaran air dibedakan menjadi tiga macam yaitu parameter fisika, kimia, biologi |
10 |
|
Tidak menjawab |
0 |
2. |
Pengamatan
bau, warna dan rasa air merupakan pengamatan secara kimia |
20 |
|
Tidak menjawab |
0 |
3. |
Jenis
limbah yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme tergolong limbah
organik |
20 |
|
Tidak menjawab |
0 |
4. |
Limbah
daun, ranting pohon, dan kertas termasuk limbah anorganik |
20 |
|
Tidak menjawab |
0 |
5. |
Ada
berbagai cara untuk mengurangi pencemaran suara, salah satunya adalah
penggunaan alat peredam suara |
20 |
|
Tidak menjawab |
0 |
6. |
Pencemaran
suara adalah gangguan pada lingkungan yang diakibatkan oleh bunyi atau suara
yang megakibatkan ketidaktentraman makhluk hidup disekitarnya |
10 |
|
Tidak menjawab |
0 |
Skor |
100 |
Nilai kognitif (NK) =
2. Ranah
Afektif
Nama Peserta Didik : …………………............
Kelas
:
…………………............
Tanggal Pengamatan : …………………...........
No. |
Sikap |
Kriteria |
Ya |
Tidak |
1.
|
Jujur |
1.
Melaporkan
data sesuai dengan apa yang diamati 2.
Menyampaikan
data sesuai dengan data yang ada |
|
|
2.
|
Disiplin |
1.
Mengerjakan
tugas sesuai dengan waktu yang ditetapkan 2.
Mengumpulkan
hasil pekerjaan tepat waktu |
|
|
3.
|
Tanggung jawab |
1)
Melaksanakan
tugas yang diberikan oleh guru 2)
Menyelesaikan
pekerjaan sampai tuntas |
|
|
4.
|
Peduli lingkungan |
1.
Merapikan
meja dan kursi 2.
Menata
alat, buku, sumber lainnya dengan rapi |
|
|
5.
|
Kerjasama |
1.
Menghargai
pendapat teman 2.
Mengambil
bagian dalam kerja kelompok |
|
|
Skor maksimum |
|
|
Nilai Afektif (NA) =
3. Ranah
Psikomotorik
LEMBAR AKTIVITAS SISWA
(PSIKOMOTORIK)
Hari/tanggal :
Materi :
No. |
Nama
|
Aspek
psikomotor yang diamati |
Σ
Skor |
||
1 |
2 |
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah rata-rata presentasi |
|
|
|
||
Keterangan :
No. |
Aspek |
Skor |
Kriteria
Penilaian |
1. |
Kreatifitas |
3 |
Mengikuti instruksi kerja dengan sungguh-sungguh |
2 |
Mengikuti instruksi kerja apabila di awasi |
||
1 |
Tidak mengikuti instruksi kerja |
||
2. |
|
3 |
Berdiskusi dengan kelompok dengan sungguh-sungguh |
2 |
Kadang-kadang ikut berdiskusi |
||
1 |
Tidak berdiskusi dan mengerjakan hal lain |
Keterangan
skor :
Skor |
Kualifikasi |
1 |
Sangat kurang |
2 |
Kurang |
3 |
Cukup |
4 |
Baik |
5 |
Sangat baik |
Lampiran
3
REMIDIAL
DAN PENGAYAAN
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
1. Bagaimana suatu lingkungan
dikatakan tercemar ?
Jawab :....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Sebutkan zat-zat penyebab
pencemaran udara ?
Jawab
:....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Sebutkan contoh limbah
berbahaya dan beracun !
Jawab
:....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4. Bagaimana mekanisme
terjadinya efek rumah kaca?
Jawab : ....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.
Bagaimana cara kita berpasrtisipasi dalam upaya menghemat air bersih Jawab :....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
No comments:
Post a Comment