CONTOH RPP K13 VIRUS METODE ROLE PLAYING

CONTOH RPP K13 VIRUS METODE ROLE PLAYING


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah            
Kelas / Semester          : X IPA 3 / 1
Mata Pelajaran            : Biologi
Bab                              : 3
Topik                           : Virus
Waktu                         :

A.    KOMPETENSI INTI :
KI 1 :
KI 2 :




KI 3 :




KI 4 :
Menghargai dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya..
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif,dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif  berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, berindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.



B.     Kompetensi Dasar dan Indikator

1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem, dan lingkungan hidup
2.1







2.2


3.3

4.3
Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas atau laboratorium maupun di luar kelas atau laboratorium.
Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar
Menerapkan pemahaman tentang virus berkaitan  tentang ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan masyarakat
Menyajikan  data tentang ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan  dalam bentuk model/charta.

C.    Indikator

1.1.1    Mengagumi terhadap salah satu ciptaan Tuhan yaitu virus yang memiliki peranan penting dalam kehidupan di bumi.
2.1.1
Memiliki rasa ingin tahu dengan bertanya.
2.1.2
Menunjukkan sikap aktif, mandiri dan bekerjasama pada saat melakukan diskusi permasalahan.
3.3.1
3.3.2
Menjelaskan sejarah penemuan virus
Menjelaskan ciri-ciri virus berdasarkan ukuran, bentuk dan struktur virus.
3.4.3
Mengklasifikasi virus berdasarkan cirri-ciri yang di miliki.
3.4.4
Memahami cara hidup dan reproduksi virus.
3.4.5
Menjelaskan manfaat dan peranan virus dalam kehidupan manusia baik yang menguntungkan maupun yang merugikan.
3.4.6
Menjelaskan usaha manusia dalam menanggulangi bahaya virus.
3.4.7
Menjelaskan contoh virus lainnya.

D.    Tujuan

Melalui pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:  
1.      Mengagumi terhadap salah satu ciptaan Tuhan yaitu virus yang memiliki peranan penting dalam kehidupan di bumi.
2.      Memiliki rasa ingin tahu dengan bertanya.
3.      Menunjukkan sikap aktif, mandiri dan bekerjasama pada saat melakukan diskusi permasalahan.
4.      Menjelaskan sejarah penemuan virus
5.      Menjelaskan ciri-ciri virus berdasarkan ukuran, bentuk dan struktur virus.
6.      Mengklasifikasi virus berdasarkan cirri-ciri yang di miliki.
7.      Memahami cara hidup dan reproduksi virus.
8.      Menjelaskan manfaat dan peranan virus dalam kehidupan manusia baik yang menguntungkan maupun yang merugikan.
9.      Menjelaskan usaha manusia dalam menanggulangi bahaya virus.
10.  Menjelaskan contoh virus lainnya.

E.     Uraian Materi


A.    Sejarah Virus
Virus berasal dari bahasa Yunani venom yang berarti racun. Secara umum virus merupakan partikel tersusun atas elemen genetik yang mengandung salah satu asam nukleat yaitu asam deoksiribonukleat (DNA) atau asam ribonukleat (RNA) yang dapat berada dalam dua kondisi yang berbeda, yaitu secara intraseluler dalam tubuh inang dan ekstrseluler diluar tubuh inang.


B.     Para Ahli Penemu Virus
-          Tahun 1883, Mayer (Jerman) meneliti penyakit Mozaik pada tembakau, kesimpulannya disebabkan oleh bakteri yang sangat kecil.
-          Tahun 1892, D. Iwanowski (Rusia) meneliti kembali penyebab penyakit Mozaik, ia menduga penyebabnya adalah organisme yang lebih kecildari bakteri. Kesimpulan masih sama.
-          Tahun 1898, MW. Beijerinck (Belanda) menyebut agen infeksi adalah virus lolos saring.

C.    Ciri-ciri Virus
-          Susunan tubuh terdiri atas protein dan bahan inti (ADN/ARN)
-          Sebagai benda hidup sekaligus benda mati
-          Dapat berkembang biak (duplikasi)
-          Hanya dapat hidup pada sel hidup (medium hidup)
-          Ukuran 25 – 300 nm (1 nano = 10-9 m)
Virus terkecil = Virus Polio
Virus berukuran besar = Virus penyerang bakteri
Virus terpanjang = TMV
-            Bentuk Virus
Bulat = HIV, flu                       Polihidris = Adenovirus (demam)
Oval = Rabies                          Batang = TMV (mozaik pada tembakau)
-            Virus penyerang bakteri (Bakteriophage)

D.    Struktur Virus
Partikel virus bervariasi dari segi ukuran, bentuk maupun komposisi kimiawinya. Bentuk-bentuk virus yang sudah diketahui ada yang serupa bola, berbentuk kotak, berbentuk batang, dan ada yang seperti hurut T.Struktur Virus Tersusun Atas : 1. Asam Nukleat yang merupakan pembawa informasi genetika bisa berupa DNA atau RNA 2.   Selubung Protein (kapsid) yang memberi bentuk pada virus

E.     Klasifikasi Virus
1.    Berdasarkan jenis inang yang diinfeksi, seperti :
a.       virus tanaman: Tobacco mozaic virus (TMV) sejenis virus yang menyerang daun tembakau, Potato Yellow dwarf virus (virus kentang kuning)
b.      virus hewan: Rhabdovirus yang menyebabkan rabies pada anjing, NCD (New Castle Disease) yang menyebabkan penyakit tetelo pada unggas
c.       virus manusia: polio, influenza, hepatitis, AIDS , SARS dan flu burung.
d.      virus bakteri: bakteriofage T4
2. Berdasarkan jenis asam nukleat yang dikandung oleh virus:
a.       Virus RNA, contoh:virus influenza, virus HIV, corona virus (virus SARS), virus H5N1 (penyebab flu burung) dsb.
b.      Virus DNA, seperti poxvirus, herpesvirus, adenovirus dsb.

F.     Tahap Reproduksi Virus
Daur perkembangan virus dibedakan menjadi dua yaitu :
1.    Absorbs                            1. Absorbs                   6. Perakitan
2.    Injeksi                              2. Injeksi                     7. Pelepasan
3.    Sintesis                             3. Sintesis
4.    Perakitan                          4. Penggabungan
5.    Pelepasan                         5. Pembelahan

G.    Peran Virus Bagi Manusia
a.    Virus yang Menguntungkan (Untuk membuat antitoksin, pelemahkan bakteri untuk pembutan vaksin)
b.    Virus yang Merugikan (semua bentuk virus yang menyebabkan penyakit. Contoh : HIV, Polio, Flu Burung, TMV)

F.     Metode Pembelajaran
·         Pendekatan     :     Scientific
·         Metode            :     Ceramah, tanya jawab, diskusi, bermain peran, penugasan
·         Model              :     Role Playing

G.    SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Media                 : - papan tulis, powerpoint, alat peraga
2.      Alat dan bahan   :     spidol, LCD, LKPD
3.      Sumber Belajar   :     Buku Paket Biologi kelas X
      LKS (Lembar Kerja Siswa)
      Media cetak maupun elektronik yang mendukung
H.    Langkah – Langkah Pembelajaran
Model              : role playing
Waktu             : 2 X 45 menit ( 90 menit )

Fase
Kegiatan
Kegiatan Guru
KegiatanSiswa
Alokasi waktu
Pendahuluan

·     Apersepsi
·     Guru memberi salam pembuka.
·     Guru mempersilahkan ketua kelas untuk berdoa
·     Guru menanyakan kabar siswa
·     Guru mengulas materi sebelumnya. “ ada yang masih ingat materi minggu lalu?”
·     Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
·      Guru menjelaskan metode pembelajaran yang digunakan.
·  Siswa menjawab salam.
·  Ketua kelas memimpin doa


·  Siswa menjawab
“saya Bu.”peranan Virus Bu,”
·      Siswa mendengarkan dan memperhatikan

·      Siswa mendengarkan dan memperhatikan
·    15 menit
Inti

·         Guru menyajiakan materi sebagai pengantar
Materi yang dibahas mengenai pencegahan dan pengobatan inveksi virus

·         Guru membentuk kelompok yang terdiri 5 orang

·         Guru membagikan kertas yang berisi skenario cara kerja vaksin tiap kelompok.

·         Guru meminta siswa mempelajari skenario yang yang sudah disediakan.

·         Guru menunjuk perwakilan kelompok untuk maju memperagakan skenario cara kerja vaksin

·         Masing-masing kelompok menyampaikan kesimpulan cara kerja vaksin
·     Siswa mendengarkan.

·     Siswa membentuk kelompok


·     Siswa mendengarkan dan memperhatikan


·         Siswa mempelajari skenario


·         Siswa bermain peran di depan kelas memperagakan jara kerja vaksin

·         Siswa memberikan kesimpulan
·         60 menit
Penutup

·         Guru dan siswa menyimpulankan hasil pembelajaran.

·         Aplikasi:
“Setelah mengikuti materi ini, ibu harapkalian kalian lebih menjaga kesehatan agar tubuh kalian kebal terhadap penyakit khususnya yang disebabkan oleh virus

·         Penugasan:
“kalian baca materi untuk minggu depanya..”

·         Guru menutup pelajaran dengan tertib dan mengucapkan salam
·         Siswa mendengarkan.


·         Siswa mendengarkan
Dan menjawab
Iya bu...!!







·         Siswa mendengarkan
Dan menjawab
Iya bu...!!


·         Siswa menjawab salam
·         15 (menit)
 Jember, 8 Oktober 2016

No comments:

Post a Comment