RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
Kelas
/ Semester : X IPA 3 / 1
Mata
Pelajaran : Biologi
Bab : 3
Topik : Virus
Waktu :
A.
KOMPETENSI
INTI :
KI 1 :
KI 2 :
KI 3 :
KI 4 :
|
Menghargai dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya..
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif,dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Memahami, menerapkan
dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik
untuk memecahkan masalah.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, berindak secara efektif dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan langsung.
|
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1
|
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang
keanekaragaman hayati, ekosistem, dan lingkungan hidup
|
2.1
2.2
3.3
4.3
|
Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin,
tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun
dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong
royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis,
responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan
dan percobaan di dalam kelas atau laboratorium maupun di luar kelas atau
laboratorium.
Peduli terhadap
keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja
saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di
lingkungan sekitar
Menerapkan pemahaman tentang virus berkaitan tentang ciri, replikasi, dan peran virus
dalam aspek kesehatan masyarakat
Menyajikan
data tentang ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek
kesehatan dalam bentuk model/charta.
|
C. Indikator
1.1.1
Mengagumi terhadap salah satu ciptaan Tuhan yaitu virus yang memiliki
peranan penting dalam kehidupan di bumi.
|
|
2.1.1
|
Memiliki rasa ingin tahu dengan bertanya.
|
2.1.2
|
Menunjukkan sikap aktif, mandiri dan bekerjasama pada saat melakukan
diskusi permasalahan.
|
3.3.1
3.3.2
|
Menjelaskan
sejarah penemuan virus
Menjelaskan
ciri-ciri virus berdasarkan ukuran, bentuk dan struktur virus.
|
3.4.3
|
Mengklasifikasi
virus
berdasarkan cirri-ciri yang di miliki.
|
3.4.4
|
Memahami cara hidup dan reproduksi
virus.
|
3.4.5
|
Menjelaskan manfaat dan peranan virus dalam kehidupan
manusia baik yang menguntungkan maupun yang merugikan.
|
3.4.6
|
Menjelaskan usaha manusia dalam menanggulangi bahaya virus.
|
3.4.7
|
Menjelaskan contoh virus
lainnya.
|
D.
Tujuan
Melalui pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:
1. Mengagumi terhadap salah satu ciptaan Tuhan yaitu virus yang memiliki
peranan penting dalam kehidupan di bumi.
2. Memiliki rasa ingin
tahu dengan bertanya.
3. Menunjukkan sikap
aktif, mandiri dan bekerjasama pada saat melakukan diskusi permasalahan.
4. Menjelaskan
sejarah penemuan virus
5. Menjelaskan ciri-ciri virus berdasarkan ukuran, bentuk dan struktur virus.
6. Mengklasifikasi virus
berdasarkan cirri-ciri yang di miliki.
7. Memahami cara hidup dan reproduksi virus.
8. Menjelaskan manfaat dan peranan virus dalam kehidupan manusia
baik yang menguntungkan maupun yang merugikan.
9. Menjelaskan usaha manusia dalam menanggulangi bahaya virus.
10. Menjelaskan contoh virus lainnya.
|
E.
Uraian Materi
A.
Sejarah
Virus
Virus
berasal dari bahasa Yunani venom yang berarti racun. Secara umum virus
merupakan partikel tersusun atas elemen genetik yang mengandung salah satu asam
nukleat yaitu asam deoksiribonukleat (DNA) atau asam ribonukleat (RNA) yang
dapat berada dalam dua kondisi yang berbeda, yaitu secara intraseluler dalam
tubuh inang dan ekstrseluler diluar tubuh inang.
B.
Para
Ahli Penemu Virus
-
Tahun 1883, Mayer
(Jerman) meneliti penyakit Mozaik pada tembakau, kesimpulannya disebabkan oleh
bakteri yang sangat kecil.
-
Tahun
1892, D.
Iwanowski (Rusia) meneliti kembali
penyebab penyakit Mozaik, ia menduga penyebabnya adalah organisme yang lebih kecildari bakteri. Kesimpulan masih sama.
-
Tahun 1898, MW.
Beijerinck (Belanda) menyebut agen infeksi adalah virus lolos saring.
C.
Ciri-ciri
Virus
-
Susunan tubuh terdiri
atas protein dan bahan inti (ADN/ARN)
-
Sebagai benda hidup
sekaligus benda mati
-
Dapat berkembang biak
(duplikasi)
-
Hanya dapat hidup pada
sel hidup (medium hidup)
-
Ukuran 25 – 300 nm (1
nano = 10-9 m)
Virus terkecil = Virus
Polio
Virus berukuran besar =
Virus penyerang bakteri
Virus terpanjang = TMV
-
Bentuk Virus
Bulat = HIV, flu Polihidris = Adenovirus
(demam)
Oval = Rabies Batang = TMV (mozaik
pada tembakau)
-
Virus penyerang bakteri
(Bakteriophage)
D.
Struktur
Virus
Partikel
virus bervariasi dari segi ukuran, bentuk maupun komposisi kimiawinya.
Bentuk-bentuk virus yang sudah diketahui ada yang serupa bola, berbentuk kotak,
berbentuk batang, dan ada yang seperti hurut T.Struktur Virus Tersusun Atas
: 1. Asam Nukleat yang merupakan pembawa informasi genetika bisa berupa DNA
atau RNA 2. Selubung Protein (kapsid)
yang memberi bentuk pada virus
E.
Klasifikasi
Virus
1.
Berdasarkan
jenis inang yang diinfeksi, seperti :
a.
virus
tanaman: Tobacco mozaic virus (TMV) sejenis virus yang menyerang daun tembakau,
Potato Yellow dwarf virus (virus kentang kuning)
b.
virus hewan: Rhabdovirus yang menyebabkan rabies pada
anjing, NCD (New Castle Disease) yang menyebabkan penyakit tetelo pada unggas
c.
virus
manusia: polio, influenza, hepatitis, AIDS , SARS dan flu burung.
d.
virus
bakteri: bakteriofage T4
2. Berdasarkan jenis
asam nukleat yang dikandung oleh virus:
a.
Virus RNA, contoh:virus
influenza, virus HIV, corona virus (virus SARS), virus H5N1 (penyebab flu
burung) dsb.
b.
Virus DNA, seperti
poxvirus, herpesvirus, adenovirus dsb.
F.
Tahap
Reproduksi Virus
Daur
perkembangan virus dibedakan menjadi dua yaitu :
1.
Absorbs 1. Absorbs 6. Perakitan
2.
Injeksi 2. Injeksi 7. Pelepasan
3.
Sintesis 3. Sintesis
4.
Perakitan 4. Penggabungan
5.
Pelepasan 5. Pembelahan
G.
Peran
Virus Bagi Manusia
a.
Virus yang
Menguntungkan (Untuk membuat antitoksin,
pelemahkan bakteri untuk pembutan vaksin)
b.
Virus yang Merugikan (semua bentuk virus yang menyebabkan penyakit.
Contoh : HIV, Polio, Flu Burung, TMV)
F.
Metode
Pembelajaran
·
Pendekatan : Scientific
·
Metode : Ceramah, tanya jawab, diskusi, bermain peran, penugasan
·
Model : Role Playing
G.
SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Media : - papan tulis,
powerpoint, alat peraga
2.
Alat dan bahan : spidol, LCD, LKPD
3.
Sumber Belajar : Buku Paket Biologi
kelas X
LKS
(Lembar Kerja Siswa)
Media cetak maupun elektronik yang mendukung
H.
Langkah – Langkah
Pembelajaran
Model : role playing
Waktu :
2 X 45 menit ( 90 menit )
Fase
Kegiatan
|
Kegiatan
Guru
|
KegiatanSiswa
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
·
Apersepsi
·
Guru memberi salam
pembuka.
·
Guru
mempersilahkan ketua kelas untuk berdoa
·
Guru
menanyakan kabar siswa
·
Guru mengulas
materi sebelumnya. “ ada yang masih ingat materi minggu lalu?”
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran
·
Guru menjelaskan
metode pembelajaran yang digunakan.
|
· Siswa
menjawab salam.
· Ketua kelas memimpin doa
· Siswa
menjawab
“saya Bu.”
“peranan Virus
Bu,”
·
Siswa mendengarkan
dan memperhatikan
·
Siswa mendengarkan
dan memperhatikan
|
· 15 menit
|
Inti
|
·
Guru
menyajiakan materi sebagai pengantar
Materi
yang dibahas mengenai pencegahan dan pengobatan inveksi virus
·
Guru
membentuk kelompok yang terdiri 5 orang
·
Guru membagikan kertas yang berisi skenario cara kerja vaksin tiap kelompok.
·
Guru meminta siswa
mempelajari skenario yang yang sudah disediakan.
·
Guru menunjuk perwakilan kelompok untuk maju memperagakan skenario cara kerja vaksin
·
Masing-masing kelompok
menyampaikan kesimpulan cara kerja vaksin
|
· Siswa
mendengarkan.
· Siswa
membentuk kelompok
· Siswa
mendengarkan dan memperhatikan
·
Siswa mempelajari skenario
·
Siswa bermain peran di depan kelas memperagakan jara kerja
vaksin
·
Siswa memberikan kesimpulan
|
·
60 menit
|
Penutup
|
·
Guru dan siswa
menyimpulankan hasil pembelajaran.
·
Aplikasi:
“Setelah
mengikuti materi ini, ibu harapkalian kalian lebih menjaga kesehatan agar tubuh kalian
kebal terhadap penyakit khususnya yang disebabkan oleh virus
·
Penugasan:
“kalian
baca materi untuk minggu depanya..”
·
Guru menutup
pelajaran dengan tertib dan mengucapkan salam
|
·
Siswa mendengarkan.
·
Siswa mendengarkan
Dan menjawab
Iya
bu...!!
·
Siswa mendengarkan
Dan menjawab
Iya bu...!!
·
Siswa menjawab salam
|
·
15 (menit)
|
No comments:
Post a Comment