UNIT PENJAMINAN MUTU
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN
BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
Jalan Karimata
49 Telepon
(0331) 337957 PO BOX 104
Website. http://unmuhjember.ac.id
ANGKET EVALUASI PEMBELAJARAN
Nama
mata kuliah :
...............................................................................
Semester :
...............................................................................
Nama
Dosen : 1.
............................................................................
2.
............................................................................
3.
............................................................................
Petunjuk Pengisian:
1.
Isilah angket ini dengan memberi tanda centang (√) di kolom pada jawaban yang disediakan.
2.
Angket ini menunjukkan penilaian Anda terhadap pembelajaran yang dilaksanakan oleh dosen yang berguna untuk perbaikan mutu pembelajaran.
3.
Mahasiswa yang
mengisi angket ini tidak perlu
menuliskan identitas diri.
4.
Jawaban yang
Anda berikan dijamin
kerahasiaannya, dan
tidak
berpengaruh terhadap nilai mata kuliah atau status Anda sebagai mahasiswa. Oleh karena itu,
Anda diminta
untuk memberikan penilaian dengan sungguh-sungguh dan objektif.
5.
Tuliskan saran/komentar Anda pada tempat yang
telah disediakan.
6.
Untuk Mata Kuliah yang diampu oleh dosen Tim Teaching, penilaian dilakukan
terhadap dosen Tim Teaching tersebut.
7. Adapun bobot penilaian adalah sebagai berikut:
5 = Sangat jelas/sangat baik/sangat sesuai
4 = Baik/jelas/sesuai
3 = Cukup jelas/cukup baik/cukup sesuai
2 = Kurang jelas/kurang baik/kurang sesuai
1 = Tidak jelas/tidak baik/tidak sesuai
A. Persiapan Pembelajaran
No.
|
Indikator Penilaian
|
Bobot Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Penyampaian Silabus/RPS di awal perkuliahan
|
|
|
|
|
|
2
|
Penyampaian informasi tentang tujuan pembelajaran
yang akan dicapai.
|
|
|
|
|
|
3
|
Penyampaian informasi kompetensi yang harus dicapai mahasiswa.
|
|
|
|
|
|
4
|
Penyampaian garis besar materi yang akan dipelajari selama satu
semester pada awal
perkuliahan.
|
|
|
|
|
|
5
|
Penyampaian informasi jenis tugas perkuliahan yang akan dikerjakan dalam satu semester.
|
|
|
|
|
|
7
|
Penyampaian aturan-aturan yang terdapat dalam kontrak perkuliahan
|
|
|
|
|
|
8
|
Penyampaian sumber referensi yang digunakan dalam perkuliahan
|
|
|
|
|
|
9
|
Penyampaian komponen penilaian hasil belajar
|
|
|
|
|
|
10
|
Penyampaian manfaat mata kuliah dalam kehidupan/bidang
keilmuan yang akan ditekuni
|
|
|
|
|
|
B. Pelaksanaan Pembelajaran
No.
|
Indikator Penilaian
|
Bobot Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Kemampuan menjelaskan pokok bahasan/topik secara jelas
dan terstruktur
|
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan memberi contoh relevan dengan konsep yang
diajarkan
|
|
|
|
|
|
3
|
Kejelasan dalam penyampaian materi dan jawaban terhadap
pertanyaan di kelas
|
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan menjelaskan keterkaitan bidang/topik yang
diajarkan dengan bidang/topik lain
|
|
|
|
|
|
5
|
Kemampuan menjelaskan keterkaitan
bidang/topik yang diajarkan dengan konteks kehidupan
|
|
|
|
|
|
6
|
Kemampuan dalam membangkitkan minat belajar mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan.
|
|
|
|
|
|
7
|
Kemampuan dalam mendorong partisipasi aktif mahasiswa dalam perkuliahan
|
|
|
|
|
|
8
|
Kemampuan dalam pengelolaan kelas
|
|
|
|
|
|
9
|
Komunikasi (gaya bahasa) dengan
mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran
|
|
|
|
|
|
10
|
Kemampuan dalam menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi
|
|
|
|
|
|
11
|
Kemampuan memanfaatkan dan menggunakan beragam media
dan teknologi komunikasi dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
|
12
|
Ketepatan waktu pelaksanaan pembelajaran sesuai jadwal (dalam
memulai dan mengakhiri pembelajaran)
|
|
|
|
|
|
13
|
Kemampuan memberi teladan sikap dan perilaku dalam
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
14
|
Toleransi terhadap keberagaman
mahasiswa dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
|
C. Penilaian Pembelajaran
No.
|
Indikator Penilaian
|
Bobot Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Penggunaan variasi cara
pengukuran/penilaian hasil belajar
|
|
|
|
|
|
2
|
Kejelasan
rubrik/pedoman penskoran dalam tugas/penilaian
|
|
|
|
|
|
3
|
Pemberian umpan balik terhadap tugas/penilaian
|
|
|
|
|
|
4
|
Kesesuaian penilaian dengan tujuan
pembelajaran mata kuliah
|
|
|
|
|
|
5
|
Kesesuaian alokasi waktu dengan jenis dan tingkat
kesukaran tugas/penilaian
|
|
|
|
|
|
6
|
Objektivitas dalam penilaian
terhadap mahasiswa
|
|
|
|
|
|
Tuliskan saran/komentar dalam proses pembelajaran secara singkat dan jelas!
..................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................................
|
No comments:
Post a Comment