Angket Evaluasi Pembelajaran


UNIT PENJAMINAN MUTU
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
  FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
Jalan Karimata 49 Telepon (0331) 337957 PO BOX 104
Website. http://unmuhjember.ac.id
 

ANGKET EVALUASI PEMBELAJARAN

Nama mata kuliah                  : ...............................................................................
Semester                                 : ...............................................................................
Nama Dosen                           : 1. ............................................................................
                                                  2. ............................................................................
                                                  3. ............................................................................
Petunjuk Pengisian:
1.    Isilah angket ini dengan memberi tanda centang (√) di kolom pada jawaban yang disediakan.
2.    Angket   ini   menunjukkan   penilaian   Anda   terhadap   pembelajaran  yang dilaksanakan oleh dosen yang berguna untuk perbaikan mutu pembelajaran.
3.    Mahasiswa yang mengisi angket ini tidak perlu menuliskan identitas diri.
4.    Jawaban  yang  Anda  berikan  dijamin  kerahasiaannya,  dan  tidak  berpengaruh terhadap nilai mata kuliah atau status Anda sebagai mahasiswa. Oleh karena itu, Anda diminta untuk memberikan penilaian dengan sungguh-sungguh dan objektif.
5.    Tuliskan saran/komentar Anda pada tempat yang telah disediakan.
6.    Untuk Mata Kuliah yang diampu oleh dosen Tim Teaching, penilaian dilakukan terhadap dosen Tim Teaching tersebut.
7.    Adapun bobot penilaian adalah sebagai berikut:
5     = Sangat jelas/sangat baik/sangat sesuai
4     = Baik/jelas/sesuai
3     = Cukup jelas/cukup baik/cukup sesuai
2     = Kurang jelas/kurang baik/kurang sesuai
1     = Tidak jelas/tidak baik/tidak sesuai

A.   Persiapan Pembelajaran
No.
Indikator Penilaian
Bobot Penilaian
1
2
3
4
5
1
Penyampaian Silabus/RPS di awal perkuliahan





2
Penyampaian informasi tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai.





3
Penyampaian informasi kompetensi yang harus dicapai mahasiswa.





4
Penyampaian garis besar materi yang akan dipelajari selama satu semester pada awal perkuliahan.





5
Penyampaian informasi jenis tugas perkuliahan yang akan dikerjakan dalam satu semester.





7
Penyampaian aturan-aturan yang terdapat dalam kontrak perkuliahan





8
Penyampaian sumber referensi yang digunakan dalam perkuliahan





9
Penyampaian komponen penilaian hasil belajar





10
Penyampaian manfaat mata kuliah dalam kehidupan/bidang keilmuan yang akan ditekuni






B.   Pelaksanaan Pembelajaran
No.
Indikator Penilaian
Bobot Penilaian
1
2
3
4
5
1
Kemampuan menjelaskan pokok bahasan/topik secara jelas dan terstruktur





2
Kemampuan memberi contoh relevan dengan konsep yang diajarkan





3
Kejelasan dalam penyampaian materi dan jawaban terhadap pertanyaan di kelas





4
Kemampuan menjelaskan keterkaitan bidang/topik yang diajarkan dengan bidang/topik lain





5
Kemampuan menjelaskan keterkaitan bidang/topik yang diajarkan dengan konteks kehidupan





6
Kemampuan dalam membangkitkan minat belajar mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan.





7
Kemampuan dalam mendorong partisipasi aktif mahasiswa dalam perkuliahan





8
Kemampuan dalam pengelolaan kelas





9
Komunikasi (gaya bahasa) dengan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran





10
Kemampuan dalam menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi





11
Kemampuan memanfaatkan dan menggunakan beragam media dan teknologi komunikasi dalam pembelajaran





12
Ketepatan waktu pelaksanaan pembelajaran sesuai jadwal (dalam memulai dan mengakhiri pembelajaran)





13
Kemampuan memberi teladan sikap dan perilaku dalam pembelajaran





14
Toleransi terhadap keberagaman mahasiswa dalam pembelajaran






C.   Penilaian Pembelajaran
No.
Indikator Penilaian
Bobot Penilaian
1
2
3
4
5
1
Penggunaan variasi cara pengukuran/penilaian hasil belajar





2
Kejelasan rubrik/pedoman penskoran dalam tugas/penilaian





3
Pemberian umpan balik terhadap tugas/penilaian





4
Kesesuaian penilaian dengan tujuan pembelajaran mata kuliah





5
Kesesuaian alokasi waktu dengan jenis dan tingkat kesukaran tugas/penilaian





6
Objektivitas dalam penilaian terhadap mahasiswa






Tuliskan saran/komentar dalam proses pembelajaran secara singkat dan jelas!
..................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................................................



No comments:

Post a Comment