RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Kelas/ Semester
: X
Pertemuan ke
: 1 dan 2
Alokasi Waktu
: 3 x 40 menit
Standar Kompetensi
: 5. Memelihara Unggas Pedaging
Kompetensi Dasar
: 5.1. Mempersiapkan kandang dan peralatan
1. Menjelaskan kegunaan
kandang.
2. Menjelaskan
perbedaan kandang sistem litter dan kandang baterai.
3. Menjelaskan
cara mempersiapka broding ring.
4. Menjelaskan
cara mempersiapkan kandang dan peralatan.
Nilai Karakter
Bangsa :
-
Religius
-
Disiplin
-
Bertanggung jawab.
- Jujur
- Rasa
percaya diri.
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Setelah pembelajaran
siswa mampu/kompeten :
- Menjelaskan
kegunaan kandang.
- Menjelaskan
perbedaan kandang sistem litter dan kandang baterai.
- Menjelaskan
cara mempersiapkan pemanas dan
lingkaran
( brooding ring).
- Mempersiapkan
kandang dan peralatan.
II. MATERI
AJAR :
- Perkandangan
dan peralatan.
- Pemanas
dan lingkaran (Brooding ring).
III. METODE
PEMBELAJARAN :
1. Diskusi
2. Presentasi
3. Tanya
Jawab
4. Tugas
Kelompok dan individu
IV. MODEL
PEMBELAJARAN : Koorporatif
V. KEGIATAN
PEMBELAJARAN :
1. .Kegiatan
Awal :
a. Salam
b. Mengkondisikan
kelas
c. Membaca
do’a bersama
d. Absensi
siswa dengan membubuhkan paraf satu persatu sambil menilai karakter siswa.
e. Mengadakan
pretes berupa kuisioner tentang mempersiapkan kaandang dan
peralatan.
f. Memotivasi
siswa :
- Untuk
memiliki rasa ingin tahu tentang materi yang akan dipelajari
- Menjelaskan
kepada siswa alasan mempelajari materi yang akan disampaikan .
5. Kegiatan
Inti :
- Membagikan
LKS kepada masing-masing kelompok
- Menjelaskan
penggunaan LKS kepada siswa
- Memberikan
aba-aba kepada masing-masing kelompok untuk memulai diskusi dalam kelompoknya.
- Masing-masing
kelompok dimotivasi untuk mencari sumber belajar yang dapat menunjang
dalam diskusi.
- Membimbing
siswa yang mengalami kesulitan dalam diskusi.
- Meminta
masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan
kelas dan dianjurkan kepada masing-masing kelompok lain untuk
menanggapinya dalam bentuk tanya jawab.
- Memberikan
penghargaan kepada kelompok/individu yang mampu mempresentasikan hasil
diskusinya di depan kelas
- Memberikan
reward kepada kelompok yang tampil terbaik, berupa hadiah-hadiah kecil.
6. Kegiatan
Akhir :
- Menyimpulkan
pelajaran
- Memberikan
tugas kelompok dan individu dalam bentuk laporan hasil diskusi yang sudah dipresentasikan.
- Berdoa’
bersama sesudah belajar
- Salam
penutup
VI. ALAT,
BAHAN DAN SUMBER :
Media berupa poster,
tiga dimensi dan Power Point, Papan tulis, spidol, LKS, Buku dan modul
Peternakan Unggas yang relevan.
VII. PENILAIAN
:
A. Bentuk
Penilaian :
1. Penilaian
individu, yaitu penilaian terhadap masing-masing siswa dalam hal
pemahaman kognitif dan afektif
2. Penilaian
Kelompok :
- Kekompakan
dalam bekerja sama
- Aktif,
kreatif dan inovatif
- Rasa
sosial dalam kelompok
- Kedisiplinan
- Tanggungjawab
3. Penilaian
hasil kerja :
- Laporan/portofolio
dan hasil kerja dengan kriteria : kelengkapan, ketepatan
dan tata penulisan.
B. Instrumen
Penilaian : (Terlampir)
C. Kunci
Jawaban Instrumen penilaian (Terlampir)
D. Analisis
hasil belajar dan program tindak lanjut :
Melaksanakan program
remedial berupa :
a. Melakukan
pengulangan materi yang belum dikuasai.
b. Memberikan
tugas yang bersifat merangsang siswa untuk membaca dan memahami kembali materi
yang belum dikuasai.
Lampiran 1:
Instrumen Penilaian (
Soal Tes ) :
Kognitif :
1. Jelaskan
kegunaan kandang.
2. Jelaskan
perbedaan kandang sistem litter dan kandang baterai.
3. Jelaskan
cara mempersiapkan pemanas dan lingkaran ( brooding ring).
Psikomotorik (Praktik)
:
Dalam bentuk tugas :
1. Lakukan
persiapan kandang dan peralatan sebelum pemeliharaan DOC!
Afektif :
1. Mengamati nilai karakter bangsa sebagai
berikut :
- Religius
- Disiplin
- Bertanggung jawab.
- Jujur
- Rasa percaya diri.
Lampiran 2 :
Kunci Jawaban :
Kognitif :
1. Kegunaan
kandang adalah
2. Perbedaan
kandang sistem litter dan kandang sistem baterai adalah :
No
|
Kandang sistem litter
|
No
|
Kandang sistem baterai
|
3. Dalam
mempersiapkan pemanas dan lingkaran ada 5 kegiatan :
a. Memasang
Lingkaran Pelindung dan Chick Guard :
Lingkaran pelindung bisa terbuat dari seng,
layar, karung, tiplek atau boks bekas DOC, dibuat dengan tinggi 45 – 50 cm dan
diameter 2,75 – 4 m ( sesuaikan dengan kapasitas pemanas ( brooder) atau jumlah
DOC.
b. Memasang
tempat pakan dan tempat minum DOC :
Tempat pakan dipasang secara berselang
seling dengan tempat minum yang berkapasitas 1 galon. 1 tempat pakan
digunakan untuk 100 ekor DOC.
c. Meletakkan
alat pemanas :
Alat pemanas dipasang berupa gasolek dengan
ketinggian 110 – 125 cm. Jika menggunakan semawar, pemanas diletakkan 50 – 75
cm di atas sekam. Panas yang dihasilkan bisa diatur dengan cara mengubah
posisi tempat minyak tanah. Semakin tinggi letak tempat minyak tanah semakin
besar panas yang dihasilkan, dan sebaliknya.
d. Mempersiapkan
kebutuhan sumber energy :
Sumber energy yang digunakan bisa berupa
gas LPG, batu bara, listrik atau minyak tanah, tergantung jenis
brooder yang digunakan.
e. Memasang
tirai :
Pada kandang terbuka hampir semua dinding kandang
dipasang tirai atau layar, kecuali seperempat bagian atasnya ( 20-30
cm). Pada kandang tertutup , semua bagian dinding dan atap kandang harus
tertutup rapat, kecuali bagian inlet.
Psikomotorik ( Praktik
) :
1. Kandang
dipersiapkan sesuai dengan prosedurnya :
- Kandang
dalam kondisi siap digunakan untuk pemeliharaan DOC.
Afektif :
A = Sangat
berkarakter
C = Kurang berkarakter
B =
Berkarakter
D = Tidak berkarakter
|
|
Jember, 8 Oktober 2017
|
No comments:
Post a Comment