RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMK Madinatul Ulum Cangkring
Jenggawah Jember
Kelas / Semester : X / 1
Mata Pelajaran : Biologi
Bab : 4
Topik : Archaebacteria dan
Eubacteria
Waktu :
6 x 40 menit (4 x pertemuan)
I . KOMPETENSI
INTI
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
II .
KOMPETENSI DASAR
1.1
|
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang
keanekaragaman hayati, ekosistem, dan lingkungan hidup
|
2.1
3.4
|
Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin,
tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun
dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong,
bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan
proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan
di dalam kelas atau laboratorium maupun di luar kelas atau laboratorium.
Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan archaebacteria
dan eubacteria
berdasarkan ciri-ciri dan bentuk melalui pengamatan
secara teliti dan sistematis.
|
Indikator :
1.1.1 Mengagumi terhadap salah satu ciptaan Tuhan yaitu
bakteri yang memiliki peranan penting dalam kehidupan di bumi.
|
|
2.1.1
|
Memiliki rasa ingin tahu dengan bertanya.
|
2.1.2
|
Menunjukkan sikap aktif, mandiri dan bekerjasama pada saat melakukan
diskusi permasalahan.
|
3.4.1
|
Menjelaskan pengertian archaebacteria dan eubacteria.
|
3.4.2
|
Menjelaskan ciri-ciri bakteri berdasarkan ukuran,
bentuk dan struktur bakteri.
|
3.4.3
|
Mengklasifikasi bakteri berdasarkan
peptidoglikan yang di miliki.
|
3.4.4
|
Memahami cara hidup dan reproduksi bakteri.
|
3.4.5
|
Mengklasifikasikan bakteri menjadi dua kelompok
besar (kingdom).
|
3.4.6
|
Menjelaskan manfaat dan peranan bakteri dalam
kehidupan manusia baik yang menguntungkan maupun yang merugikan.
|
3.4.7
|
Menjelaskan usaha manusia dalam menanggulangi
bahaya bakteri.
|
3.4.8
|
Menjelaskan contoh bakteri lainnya (cyanobacteria).
|
4.4
|
Menyajikan data tentang ciri-ciri dan peran archaebacteria
dan eubacteria
dalam kehidupan berdasarkan hasil pengamatan dalam bentuk laporan
tertulis.
|
4.4.1
|
Membuat laporan hasil diskusi kelompok mengenai permasalahan terkait
dengan ciri-ciri dan peran archaebacteria dan eubacteria dalam kehidupan.
|
4.4.2
|
Menyajikan data tentang ciri-ciri dan peran archaebacteria
dan eubacteria
dalam kehidupan berdasarkan hasil pengamatan dalam bentuk laporan
tertulis
|
IV. MATERI
AJAR
1.
Materi Prinsip
-
Archaebacteria merupakan
sel-sel paling awal (kuno) yang memiliki hubungan kekerabatan dekat dengan
organisme eukariotik (memiliki membran inti sel).
-
Eubacteria meliputi
sebagian besar organisme prokariotik yang dapat hidup di manapun (kosmopolit). Eubacteria disebut juga Bacteria, yang kemudian disederhanakan
menjadi bakteri.
-
Bakteri
merupakan organisme uniseluler (bersel satu), tidak memiliki membrane inti sel
(prokariotik), dan pada umumnya memiliki dinding sel tetapi tidak berklorofil.
2.
Materi Prosedur
-
Cara pengecatan gram
-
Pengamatan bentuk sel bakteri
V. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR
§ Alat :
-
Papan
tulis
-
Spidol
§ Bahan :
-
LDS
(Lembar Diskusi Siswa) tentang perbedaan Archaebacteria
dan Eubacteria, bentuk-bentuk bakteri, bagian-bagian bakteri dan fungsinya,
bakteri gram positif dan negatif,
-
LDS
(Lembar Diskusi Siswa) tentang bakteri yang menguntungkan dan merugikan,
-
LKS (Lembar
Kegiatan Siswa) tentang pengamatan bakteri dalam koloni,
-
Power
Point tentang pengertian Archaebacteria
dan Eubacteria, ciri-ciri bakteri berdasarkan ukuran bentuk, bentuk sel,
struktur bakteri dan bakteri gram positif dan gram negatif,
-
Power
Point tentang cara hidup bakteri, reproduksi bakteri, klasifikasi bakteri serta
manfaat dan peran bakteri dalam kehidupan manusia,
-
Power
Point tentang usaha manusia dalam menanggulangi bahaya bakteri dan Cyanobacteria (Bakteri hijau-biru),
-
Gambar /
Video tentang bentuk-bentuk bakteri,
-
Gambar /
Video tentang reproduksi bakteri,
§ Sumber
Belajar :
-
Santoso,
Iman. 2007. Pembelajaran Biologi Untuk
SMA. Jakarta: Interplus
-
Syamsuri,
Istamar dkk. 2007. Biologi Untuk SMA
KELAS X SEMESTER 1. Malang : Erlangga
-
Irnaningtyas
. 2014 . BIOLOGI UNTUK SMA/MA KELAS X
KELOMPOK PEMINATAN MATEMATIKA DAN ILMU ALAM . Jakarta: Erlangga
VI. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 (3 x 45 menit)
Kegiatan
|
Sintaks
|
Aktivitas
Guru dan Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Apersepsi
§
Guru mengucapkan salam dan berdoa
§
Guru memeriksa kehadiran siswa
§
Guru menanyakan kepada siswa
mengenai materi bakteri
dengan
memberikan pertanyaan sebagai berikut:
a. Apakah
yang kalian pikirkan
tentang bakteri?
b. Dimana saja
kalian dapat menjumpai bakteri?
2. Motivasi
§ Guru memuji siswa yang menjawab pertanyaan guru, diharapkan siswa mau menyumbang ide atau pendapat, menyanggah dan mampu
menjadi pendengar yang baik.
§ Guru
juga memotivasi siswa dengan memberikan pesan atau nasehat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
dengan memberi ungkapan:”Sukses itu
salah satu faktornya adalah dengan selalu mengagumi semua ciptaan Allah SWT,
dengan cara mempelajari dan mengkaji dengan penuh ikhlas dan tanggung jawab,
salah satunya adalah dengan mempelajari bakteri yang ada di
bumi”,
sehingga dapat memotivasi dalam mempelajari dan menganalisis setiap
permasalahan pada tumbuhan secara seksama.
§ Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
§ Guru
menginformasikan langkah-langkah model pembelajaran Problem based Learning (PBL) serta
metode diskusi dan tanya jawab.
|
10Menit
|
|
Inti
|
(Orientasi
siswa pada masalah)
(Mengorganisasikan siswa untuk belajar)
(Membimbing penyelidikan
individu dan kelompok)
(Mengembangkan dan menyajikan hasil karya)
(Menganalisis dan
mengevaluasi proses pemacahan masalah)
|
Presentasi
§
Guru menyajikan pelajaran mengenai materi tentang pengertian
Archaebacteria dan Eubacteria, ciri-ciri
bakteri berdasarkan ukuran bentuk, bentuk sel, struktur bakteri dan bakteri
gram positif dan gram negatif dengan menggunakan Power Point
serta video pembelajaran tentang bentuk-bentuk bakteri.
Mengamati
§ Guru
memandu siswa pada masalah terkait materi Archaebacteria
dan
Eubacteria pada LDS (Lembar
Diskusi Siswa) tentang perbedaan Archaebacteria dan
Eubacteria, bentuk-bentuk bakteri, bagian-bagian bakteri dan fungsinya,
bakteri gram positif dan negatif.
§ Guru
membagi siswa menjadi 7
kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4-5 siswa.
§ Siswa
mengamati permasalahan mengenai materi Archaebacteria dan Eubacteria yaitu LDS tentang perbedaan Archaebacteria dan
Eubacteria, bentuk-bentuk bakteri, bagian-bagian bakteri dan fungsinya,
bakteri gram positif dan negatif
yang
telah disiapkan.
Menanya
§ Guru
menyediakan pertanyaan pada LDS (Lembar Diskusi Siswa) tentang perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria, bentuk-bentuk bakteri,
bagian-bagian bakteri dan fungsinya, bakteri gram positif dan negatif untuk dijawab oleh siswa
dengan tujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu, membangun sikap aktif,
mandiri dan bekerjasama pada siswa.
§ Siswa
menanyakan kepada guru mengenai kesulitan atau kendala pada permasalahan topik yang dibahas.
§ Guru
mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dengan permasalahan
yang disajikan dalam LDS tentang perbedaan Archaebacteria dan
Eubacteria, bentuk-bentuk bakteri, bagian-bagian bakteri dan fungsinya,
bakteri gram positif dan negatif melalui buku diktat, internet
Menalar
§ Siswa
berusaha untuk mengerjakan permasalahan pada Lembar Diskusi Siswa (LDS) tentang perbedaan
Archaebacteria dan Eubacteria, bentuk-bentuk
bakteri, bagian-bagian bakteri dan fungsinya, bakteri gram positif dan
negatif sesuai dengan
pengetahuan dan kemampuan dalam menggali informasi.
Mencoba
§ Guru
menunjuk salah satu perwakilan kelompok untuk membacakan hasil diskusinya.
§ Siswa
menunjukkan hasil diskusinya dengan melakukan presentasi di depan kelas.
§ Siswa
lain boleh memberikan pertanyaan dan menyanggah kepada kelompok presentasi.
Menyimpulkan
§ Guru
mengevaluasi hasil kerja siswa
§
Guru memberikan post test tentang pengertian Archaebacteria dan Eubacteria, ciri-ciri
bakteri berdasarkan ukuran bentuk, bentuk sel, struktur bakteri dan bakteri
gram positif dan gram negative untuk mengetahui kemampuan siswa setelah proses
pembelajaran.
|
105 menit
|
Penutup
|
Kesimpulan dan penugasan
§ Guru
membimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari materi yang dijelaskan guru
dan hasil diskusi
yang
dilakukan.
§ Guru
memberikan penugasan kepada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.
§ Guru
mengakhiri pelajaran dan memberi salam.
|
15 menit
|
Pertemuan 2
(3 x 45 menit)
Kegiatan
|
Sintaks
|
Aktivitas
Guru dan Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Apersepsi
§
Guru mengucapkan salam
§
Guru memeriksa kehadiran siswa
§
Guru menanyakan kepada siswa
mengenai bakteri sebagai berikut:
a. Apakah
kalian tahu, dimana
saja bakteri dapat hidup ?
b. Bagaimana
cara bakteri agar tetap bertahan hidup dan berkembang ?
2. Motivasi
§ Guru memuji siswa yang menjawab pertanyaan guru, diharapkan siswa mau menyumbang ide atau pendapat, menyanggah dan mampu
menjadi pendengar yang baik.
§ Guru
juga memotivasi siswa dengan memberikan pesan atau nasehat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
dengan memberi ungkapan: ”Bakteri selain merugikan
bagi kehidupan manusia misalnya menyebabkan penyakit, ada pula bakteri yang
dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu,
marilah kita menjaga, merawat dan mempelajari seluk beluk mengenai bakteri di
bumi sebagai bentuk terima kasih atas ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, sehingga dapat
memotivasi dalam mempelajari dan menganalisis setiap permasalahan pada bakteri secara seksama.
§ Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
§ Guru
menginformasikan langkah-langkah model pembelajaran Problem based Learning (PBL) serta metode diskusi dan tanya jawab.
§ Guru
memberikan pre-test tentang cara hidup, reproduksi
bakteri, klasifikasi bakteri dan manfaat atau peranan bakteri untuk mengetahui
kemampuan awal siswa.
|
15
Menit
|
|
Inti
|
(Orientasi
siswa pada masalah)
(Mengorganisasikan siswa untuk belajar)
(Membimbing penyelidikan
individu dan kelompok)
(Mengembangkan dan menyajikan hasil karya)
(Menganalisis
dan mengevaluasi proses pemacahan masalah
|
Presentasi
§ Guru
menyajikan pelajaran dengan menggunakan power point mengenai cara hidup bakteri, reproduksi bakteri, klasifikasi bakteri, dan manfaat
atau peranan bakteri.
Mengamati
§ Guru
memandu siswa pada masalah terkait materi bakteri pada LDS (Lembar Diskusi Siswa)
tentang bakteri yang menguntungkan dan merugikan.
§ Guru
membagi siswa menjadi 7
kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4-5 siswa.
§ Siswa
mengamati permasalahan mengenai materi tersebut yaitu LDS tentang bakteri yang menguntungkan dan merugikan yang telah
disiapkan.
Menanya
§ Guru
menyediakan pertanyaan pada LDS tentang bakteri
yang menguntungkan dan merugikan untuk dijawab oleh siswa dengan tujuan untuk
meningkatkan rasa ingin tahu, membangun sikap aktif, mandiri dan bekerjasama
pada siswa.
§ Siswa
menanyakan kepada guru mengenai kesulitan atau kendala pada permasalahan topik yang dibahas.
§ Guru
mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dengan permasalahan
yang disajikan dalam buku siswa melalui buku diktat, internet, dan sumber lainnya.
Menalar
§ Siswa
berusaha untuk mengerjakan permasalahan pada kuis LDS (Lembar Diskusi Siswa) tentang bakteri yang menguntungkan dan merugikan sesuai dengan
pengetahuan dan kemampuan dalam menggali informasi.
Mencoba
§ Guru
menunjuk salah satu perwakilan kelompok untuk membacakan hasil diskusinya.
§ Siswa
menunjukkan hasil diskusinya dengan melakukan presentasi di depan kelas.
§ Siswa
lain boleh memberikan pertanyaan dan menyanggah kepada kelompok presentasi.
Menyimpulkan
§ Guru
mengevaluasi hasil kerja siswa.
§ Guru
memberikan post test tentang cara hidup dan reproduksi
bakteri, klasifikasi bakteri, dan manfaat atau peranan bakteri untuk mengetahui
kemampuan siswa setelah proses pembelajaran.
|
105 menit
|
Penutup
|
Kesimpulan
dan penugasan
§ Guru
membimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari materi yang dijelaskan guru.
§ Guru
memberikan penugasan kepada siswa untuk
mempelajari materi
selanjutnya serta mencari artikel atau literatur mengenai cara atau usaha
manusia dalam menanggulangi bahaya bakteri dan Cyanobacteria.
Guru mengakhiri
pelajaran dan memberi salam.
|
5 menit
|
Pertemuan 3
(3 x 45 menit)
Kegiatan
|
Aktivitas
Guru dan Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
|||
Pendahuluan
|
1. Apersepsi
§ Guru
mengucapkan
salam
§ Guru
memeriksa
kehadiran siswa
§ Guru menanyakan
kepada siswa mengenai manfaat dan peran bakteri dengan memberikan pertanyaan sebagai berikut:
a. Menurut
kalian, bagaimana cara kita melindungi tubuh kita dari bahaya bakteri patogen
(bakteri penyebab penyakit) ?
2. Motivasi
§ Guru memuji siswa yang dapat menjawab pertanyaan guru, diharapkan siswa mau menyumbang ide atau pendapat, menyanggah dan mampu
menjadi pendengar yang baik.
§ Guru
juga memotivasi siswa dengan memberikan pesan atau nasehat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
dengan memberi ungkapan:”Sukses itu
salah satu faktornya adalah dengan selalu mengagumi semua ciptaan Allah SWT,
dengan cara mempelajari dan mengkaji dengan penuh ikhlas dan tanggung jawab,
salah satunya adalah dengan mempelajari bakteri”, sehingga dapat
memotivasi dalam mempelajari dan menganalisis setiap permasalahan pada bakteri secara seksama.
§ Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
§ Guru
menginformasikan langkah-langkah model pembelajaran Problem based Learning (PBL) dan metode eksperimen.
|
15
Menit
|
|||
Inti
|
(Orientasi
siswa pada masalah)
(Mengorganisasikan siswa untuk belajar)
(Membimbing penyelidikan
individu dan kelompok)
(Mengembangkan dan menyajikan hasil karya)
(Menganalisis dan mengevaluasi proses
pemacahan masalah)
|
Presentasi
§ Guru mengajak
siswa untuk melaksanakan kegiatan praktikum tentang pengamatan bakteri dalam
koloni.
§ Guru
menyajikan pelajaran dengan menampilkan power point mengenai materi usaha manusia dalam menanggulangi bahaya
bakteri dan Cyanobacteria.
Mengamati
§ Guru
memandu siswa pada masalah terkait materi bakteri pada LKS (Lembar Kerja Siswa) tentang
pengamatan bentuk bakteri dalam koloni.
§ Guru
membagi siswa menjadi 7
kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4-5 siswa.
§ Siswa
mengamati bentuk
bakteri dalam koloni dengan menggunakan media agar yang sesuai dengan Lembar Kerja Siswa.
Menanya
§ Guru
menyediakan pertanyaan pada LKS (Lembar Kerja Siswa) untuk dijawab oleh siswa dengan tujuan untuk
meningkatkan rasa ingin tahu, membangun sikap aktif, mandiri dan bekerjasama
pada siswa.
§ Siswa
menanyakan kepada guru mengenai kesulitan atau kendala pada permasalahan topik yang dibahas.
§ Guru
mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dengan permasalahan
yang disajikan dalam LKS pengamatan
bentuk bakteri dalam koloni melalui buku diktat, internet, LKS.
Menalar
§ Siswa
berusaha untuk mengerjakan permasalahan pada Lembar Kerja Siswa (LKS) sesuai dengan
pengetahuan dan kemampuan dalam menggali informasi.
Mencoba
§ Guru
menunjuk salah satu perwakilan kelompok untuk membacakan hasil pengamatannya.
§ Siswa
menunjukkan hasil pengamatannya dengan melakukan
presentasi di depan kelas.
§ Siswa
lain boleh memberikan pertanyaan dan menyanggah kepada kelompok presentasi.
Menyimpulkan
§ Guru
mengevaluasi hasil kerja siswa.
|
105 menit
|
||
Penutup
|
Kesimpulan
dan penugasan
§ Guru
membimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari materi yang dijelaskan guru
dan hasil pengamatan
yang
dilakukan.
§ Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk mengerjakan LKS tentang Archaebacteria
dan Eubacteria.
§ Guru
mengakhiri pelajaran dan memberi salam.
|
15 menit
|
|||
Pertemuan 4
Ulangan Harian dan Penilaian
Jember, 8 Oktober 201
Guru Pamong
Muhammad
Husni S.Pd
NUPTK.
1551756657200032
|
Mahasiswa
Muhamad Zainul Asan
NIM. 1410211053
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK Madinatul Ulum
Cangkring Jenggawah Jember
Imdad
Fahmi Azizi S.Hi
NUPTK:
|
VII.
Penilaian Hasil Belajar
Penilaian hasil belajar terdiri dari tiga ranah, yaitu
kognitif, psikomotorik, dan afektif.
1.
Aspek
kognitif
No
|
Pertanyaan
|
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
SKOR
|
1.
|
Jelaskan perbedaan Archaebacteria
dan Eubacteria
|
V
|
20
|
|||||
2.
|
Tuliskan bentuk masing – masing
bakteri tersebut ! Jelaskan ciri – cirinya
|
V
|
35
|
|||||
3
|
Jelaskan peranan / kerugian dari bakteri – bakteri tersebut bagi
kehidupan
|
V
|
45
|
|||||
JUMLAH
|
100
|
Skor 1-3
Keterangan :
A = 80 – 100 =
Sangat Baik
B = 70 – 79
= Baik
C = 60 – 69
= Cukup
D = 50 – 59
= Kurang E = 0 – 49
= Buruk
Skor
keseluruhan =
Nilai = Skor yang diperoleh x 100
Skor keseluruhan
2. Ranah
Psikomotor
NO
|
Ranah psikomotor
|
P1
|
P2
|
P3
|
P4
|
Skor
|
1
|
Keterampilan siswa dalam mengumpulkan materi tentang Archaebacteria dan Eubacteria.
|
√
|
5
|
|||
2
|
Keterampilan siswa dalam mengidentifikasikan
tentang materi Archaebacteria dan Eubacteria.
|
√
|
10
|
|||
3
|
Kemampuan siswa dalam melakukan presentasi
|
√
|
10
|
|||
4
|
Keterampilan siswa dalam membedakan bentuk Archaebacteria dan
Eubacteria.
|
√
|
10
|
|||
5
|
Siswa menjalankan diskusi terkait penyebab Archaebacteria
dan Eubacteria bersama kelompoknya
|
√
|
15
|
|||
6
|
Keterampilan siswa dalam
mempertajam analisis masalah
bersama kelompoknya.
|
√
|
20
|
|||
7
|
Keterampilan siswa dalam mengaktifkan
diskusi kelompok mengerjakan LKPD
|
√
|
5
|
|||
8
|
Keterampilan siswa dalam merancang
hasil diskusi bersama kelompoknya dalam bentuk presentasi
|
√
|
10
|
|||
9
|
Keterampilan siswa dalam menyesuaikan
pendapatnya secara benar bersama kelompoknya.
|
√
|
5
|
|||
10
|
Keterampilan siswa dalam mengoreksi
hasil pembelajaran
|
√
|
10
|
|||
Jumlah
|
100
|
Keterangan :
A = 80 – 100 = Sangat Baik
B = 70 – 79 =
Baik
C = 60 – 69 =
Cukup
D = 50 – 59 =
Kurang
Skor keseluruhan
= Nilai = Skor yang diperoleh x 100
Skor keseluruhan
|
3. Ranah
Afektif
NO
|
Ranah afektif
|
A1
|
A2
|
A3
|
A4
|
A5
|
Skor
|
1
|
Keseriusan siswa dalam mengikuti pembelajaran.
|
√
|
3
|
||||
2
|
Keaktifan siswa hasil dalam mendengarkan
materi saat KBM berlangsung.
|
√
|
15
|
||||
3
|
Kecermatan siswa dalam membedakan antara Alat reproduksi luar dan dalam
|
√
|
12
|
||||
4
|
Keaktifan siswa dalam memecahkan masalah
bersama kelompoknya.
|
√
|
12
|
||||
5
|
Keseriusan siswa dalam membentuk sebuah
presentasi
|
√
|
12
|
||||
6
|
Keaktifan siswa dalam melaporkan
hasil diskusi kepada guru dan kepada para teman-temannya yang lain.
|
√
|
7
|
||||
7
|
Ketepatan siswa dalam mengajukan pertanyaan.
|
√
|
7
|
||||
8
|
Keaktifan siswa dalam menampilkan jawaban
dengan menggunakan hasil diskusi
|
√
|
7
|
||||
9
|
Ketepatan siswa dalam melengkapi jawaban
yang kurang tepat.
|
√
|
10
|
||||
10
|
Keaktifan siswa dalam membentuk
pendapat saat diskusi berlangsung.
|
√
|
12
|
||||
11
|
Keaktifan siswa dalam memperhatikan
kesimpulan hasil pembelajaran.
|
√
|
3
|
||||
Jumlah
|
100
|
Keterangan :
A = 80 – 100 = Sangat Baik
B = 70 – 79 =
Baik
C = 60 – 69 =
Cukup
D = 50 – 59 =
Kurang
E = 0 – 49 =
Buruk
Skor keseluruhan = Nilai = Skor yang diperoleh
x 100
Skor keseluruhan
|
2.
Karakter siswa yang diharapkan:
No
|
Karakter
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1
|
Bertanggung jawab
|
||||||
2
|
Bekerjasama
|
||||||
3
|
Toleransi
|
||||||
4
|
Bersahabat
|
||||||
5
|
Berfikir kritis
|
||||||
Keterangan :
Ø
BT : Belum Terlihat (
Apabila siswa belum memperlihatkan tanda-tanda awal karakter yang di nyatakan
dalam indicator)
Ø
MT : Mulai Terlihat
(Apabila siswa sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal karakter yang
dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten)
Ø
MB : Mulai Berkembang
(Apabila siswa sudah memperlihatkan berbagai tanda karakter yang dinyatakan
dalam indikator dan mulai konsisten)
Ø
MK : Membudaya (apabila
siswa terus-menerus memperlihatkan karakter yang dinyatakan dalam indikator
secara konsisten.
A=
80-100 = sangat baik
B=
70-79 = baik
C=
60-69 = cukup
D=
50-59 = kurang
E= 0-49 = buruk
Lampiran 2: Instrumen Penilaian Pengetahuan
A. TES TULIS
Pertemuan
ke-1
POST TEST 1
(Perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria, Bentuk-Bentuk
Bakteri, Bagian-Bagian Bakteri dan Fungsinya, Bakteri Gram Positif dan Negatif)
Nama :
No :
a.
Peritrik
b.
Endospora
c.
Termofilik
d.
Pili
e.
Tetracoccus
f.
Peptidoglikan
g.
Flagel
h.
Streptococcus
i.
Amphitrik
j.
Halofilik
|
1. Achaebacteria yang tumbuh pada suhu tinggi
2. Senyawa khas penyusun dinding sel bakteri
3. Bakteri berbentuk bulat dan berbentuk rantai
4. Alat gerak bakteri
5.Bakteri yang memiliki 2 gerombol flagel pada kedua ujungnya
2. Senyawa khas penyusun dinding sel bakteri
3. Bakteri berbentuk bulat dan berbentuk rantai
4. Alat gerak bakteri
5.Bakteri yang memiliki 2 gerombol flagel pada kedua ujungnya
POST TEST 2
(Cara Hidup, Reproduksi Bakteri, Klasifikasi Bakteri dan Peranan Bakteri)
Nama :
..........................................................
No :
..........................................................
Jawablah soal di bawah ini dengan singkat dan tepat !
1.
Jelaskan
yang dimaksud dengan bakteri autotrof !
...................................................................................................................................
2.
Apa yang
dimaksud dengan bakteri saproba (pengurai) ?
...................................................................................................................................
3.
Bakteri
melakukan reproduksi secara seksual dengan cara rekombinasi gen. rekombinasi
gen dapat terjadi melalui 3 cara. Sebutkan tiga cara tersebut !
...................................................................................................................................
4.
Bakteri Escherichia coli berperan untuk ?
...................................................................................................................................
5.
Treponema pallidum merupakan
salah satu bakteri yang merugikan. Kerugian apakah yang ditimbulkan oleh
bakteri tersebut
...................................................................................................................................
Pertemuan
ke-4
ULANGAN HARIAN
(Archaebacteria
dan Eubacteria)
NAMA :
NO.ABSEN :
I. Pilihlah
salah satu jawaban yang paling benar.
1.
Ciri utama
dari sel bakteri adalah…………..
a.
Tidak
memiliki membran sel d.
Tidak memiliki ribosom
b.
Tidak
memiliki dinding sel e.
Tidak memiliki membran inti
c.
Tidak
memiliki sitoplasma
2.
Dinding
sel bakteri tersusun atas senyawa yang khas, yaitu……………
a.
Selulosa d.
Peptidoglikan
b.
Kitin e.
Manan
c.
Hidroksi
3.
Pili ditunjukkan
oleh nomor ………….
a.
1 d. 4
b.
2 e. 5
c.
3
4.
Organel
sel bakteri yang berfungsi untuk menghasilkan energi adalah..…………
a.
Pilus d.
Ribosom
b.
Mesosom e.
Mitokondria
c.
Vakuola
5.
Perhatikan gambar bentuk agregat (kumpulan) bakteri
berikut ini.
Sarkina ditunjukkan oleh nomor…………………..
a.
1 d. 4
b.
2 e. 5
c.
3
6.
Bakteri
yang tumbuh optimal pada suhu diatas 40˚C disebut bakteri…………….
a.
Mesofil d.
Asidofil
b.
Termofil e.
Alkalofil
c.
Psikrofil
7.
Bakteri
bersifat autrotof, tergantung pada tidaknya bakteri itu……………….
a.
Mendapatkan
oksigen dari udara d. Bersimbiosis dengan organisme lain
b.
Membuat
zat organic dan an organik e. Menghasilkan antibiotik
c.
Membuat
zat anorganik dari organik
8.
Bakteri
yang dapat menyuburkan tanah adalah………………..
a.
Escherichia coli d.
Nocardia
b.
Nitrobacter e.
Thiobacillus thiooxidans
c. Methanomonas
9.
Bakteri
bereproduksi secara aseksual dengan cara……………..
a.
Konjugasi d.
Pembelahan binner
b.
Meiosis e.
Mitosis
c.
Transduksi
10.
Cara
reproduksi Cyanobacteria multiseluler antara lain dengan…………………
a.
Transformasi d. Konjugasi
b.
Fragmentasi e. Transduksi
c.
Seksual
11.
Bakteri
yang memiliki flagel di kedua ujung selnya dikelompokkan ke dalam
bakteri………………..
a.
Monotrik d. Peritrik
b.
Amfitrik e. Eksotrik
c.
Lopotrik
12.
Bakteri
mempertahankan diri pada lingkungan buruk dengan cara membentuk…..
a.
Lendir d. Endospora
b.
Kapsul e. Heterokista
c.
Akinet
13.
Untuk
fermentasi air kelapa menjadi Nata de coco memerlukan bantuan bakteri…
a.
Lactobacillus casei d. Acetobacterxylinum
b. Acetobacteraceti e. Clostridium
pasteurianum
c. Azotobactercroococus
14.
Halobacterium dapat hidup
di kolam air laut untuk produksi garam. Bakteri ini termasuk kelompok……………
a.
Bakteri
metanogen d. Bakteri halofil
b.
Bakteri
termofil e. Bakteri termoasidofil
c.
Eubacteria
15.
Kelompok
penyakit pada manusia yang disebabkan bakteri adalah…………….
a.
HIV, TBC,
dan Demam berdarah d. Hepatitis,
HIV, dan Rabies
b.
Kolera,
Sifilis, dan Tipus e.
Demam berdarah, Hepatitis dan TBC
c.
Lepra,
Tipus dan Influenza
II.
Petunjuk :
A.
Jika jawaban
(1), (2), dan (3) benar
B.
Jika jawaban
(1) dan (3) benar
C.
Jika jawaban
(2) dan (4) benar
D.
Jika hanya
jawaban (4) yang benar
E.
Jika semua
jawaban benar
|
16.
Berikut
ini yang tidak termasuk struktur sel pada bakteri adalah……………
(1)
Dindingsel (3) Ribosom
(2)
Sitoplasma (4) Mitokondria
17.
Bakteri
yang hidup sebagai parasit dan bersifat patogen antara lain………………
(1)
Treponema pallidum (3) Clostridium
tetani
(2)
Streptococcus lactis (4) Escherichia
coli
18.
Yang
termasuk dalam kelompok Archaebacteria diantanya adalah………………
(1)
Halofilik (3) Termofilik
(2)
Metanogen (4) Heterotrof
19.
Sifat
bakteri gram negative yang tepat adalah…………….
(1)
Semuanya
berbentuk batang atau bulat
(2)
Dinding
sel petidoglikan tipis
(3)
Berwarna
biru setelah pewarnaan gram
(4)
Berwarna
merah setelah pewarnaan gram
20.
Fungsi
kapsul pada sel bakteri adalah………………….
(1)
Lapisan
pelindung saat lingkungan kering
(2)
Memberi
bentuk sel
(3)
Mengatur
keluar masuknya nutrien
(4)
Melindungi
sel dari serangan sel fagosit
III. Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut dengan tepat
1.
Jelaskan
perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria !
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.
Apa yang
dimaksud bakteri aerob, anaerob obligat dan anaerob fakultatif ? berilah
masing-masing contohnya !
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.
Sebut dan
jelaskan bakteri berdasarkan jumlah dan letak flagelnya !
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
“ Selamat
Mengerjakan “
“
Kejujuran adalah Kunci dari Kesuksesan “
B. PENUGASAN
Pertemuan ke-1
LDS 1
(Perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria, Bentuk-Bentuk
Bakteri, Bagian-Bagian Bakteri dan Fungsinya, Bakteri Gram Positif dan Negatif)
Nama Kelompok : ..........................................................
Ketua Kelompok :
..........................................................
Nama Anggota :
1........................................................
2........................................................
3........................................................
4........................................................
1.
Apa
perbedaan antara Archaebacteria dan Eubacteria ?
2.
Sebutkan
bentuk-bentuk bakteri !
3.
Sebutkan bagian yang ditunjuk beserta fungsinya !
4.
Apa
perbedaan antara flagel dan pili?
5.
Mengapa
bakteri gram negatif yang bersifat patogen di dalam tubuh lebih berbahaya
daripada bakteri gram positif ?
Pertemuan
ke-2
LDS 2
(BAKTERI YANG MENGUNTUNGKAN DAN MERUGIKAN)
Nama Kelompok :
..........................................................
Ketua Kelompok :
..........................................................
Nama Anggota :
1........................................................
2........................................................
3........................................................
4........................................................
Kelas :
..........................................................
Bab/ Sub bab :
Archaebacteria dan Eubacteria / Bakteri yang menguntungkan
dan merugikan
Amatilah kedua gambar bakteri di bawah ini !
|
|
Escherichia coli Clostridium
tetani
1.
Tuliskan
bentuk masing – masing bakteri tersebut ! Jelaskan ciri – cirinya !
2.
Jelaskan
peranan / kerugian dari bakteri – bakteri tersebut bagi kehidupan !
Jawab :
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
LDS 2
(BAKTERI YANG MENGUNTUNGKAN DAN MERUGIKAN)
Nama Kelompok :
..........................................................
Ketua Kelompok : ..........................................................
Nama Anggota :
1........................................................
2........................................................
3........................................................
4........................................................
Kelas :
..........................................................
Bab/ Sub bab : Archaebacteria dan Eubacteria / Bakteri yang menguntungkan
dan merugikan
Amatilah kedua gambar bakteri di bawah ini !
|
|
Streptococcus lactis Treponema
pallidum
1.
Tuliskan
bentuk masing – masing bakteri tersebut ! Jelaskan ciri – cirinya !
2.
Jelaskan
peranan / kerugian dari bakteri – bakteri tersebut bagi kehidupan !
Jawab :
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
LDS 2
(BAKTERI YANG MENGUNTUNGKAN DAN MERUGIKAN)
Nama Kelompok :
..........................................................
Ketua Kelompok :
..........................................................
Nama Anggota :
1........................................................
2........................................................
3........................................................
4........................................................
Kelas :
..........................................................
Bab/ Sub bab : Archaebacteria dan Eubacteria / Bakteri yang menguntungkan
dan merugikan
Amatilah kedua gambar bakteri di bawah ini !
|
|
Acetobacter xylinum Mycobacterium
tuberculosis
1.
Tuliskan
bentuk masing – masing bakteri tersebut ! Jelaskan ciri – cirinya !
2.
Jelaskan
peranan / kerugian dari bakteri – bakteri tersebut bagi kehidupan !
Jawab :
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
Pertemuan ke-3
LKS 1
(Pengamatan Bakteri dalam
Koloni)
Nama Anggota Kelompok :
1. ……………………………………….
2. ……………………………………….
3. ……………………………………….
|
4. …………………………………………
5. …………………………………………
|
A. Acara
Praktikum :
Pengamatan bakteri dalam koloni
B. Tujuan
Praktikum :
1. Mengamati bentuk bakteri dan bentuk koloni
bakteri dalam
biakan
C. Alat dan
Bahan :
·
Petridish
/ Cawan petri
·
Bunsen
·
Jarum
oase
·
Tabung
reaksi
·
Gelas
ukur
·
Pengaduk
·
Pipet
tetes
·
Kertas
tisu
·
Kertas
merang
|
·
Media
Agar (PDA atau NA)
·
Aquadest
·
Ketombe
·
Kotoran
hidung
·
Kotoran
tangan
|
D. Cara
Kerja :
1.
Timbang
powder media NA sesuai petunjuk pada botol / kemasan.
2.
Hasil
timbangan ditempatkan pada gelas ukur dan tambahkan aquadest sebagai pelarut
dan panaskan sambil diaduk hingga homogen / tercampur.
3.
Media
biakan di strelisasi dengan menggunakan api bunsen.
4.
Setelah
media di strelisasi kemudian media biakan tersebut diisi dengan macam-macam
bakteri seperti bakteri dari kotoran hidung, kotoran tangan, dan ketombe yang
sebelumnya dilarutkan dengan aquadest, dan di ratakan dengan jarum oase.
5.
Lalu
diamkan biakan koloni bakteri tersebut selama 1 minggu.
6.
Gambarlah
hasil pengamatan Anda pada tabel pengamatan.
E. Hasil
Pengamatan :
Cawan petri
|
Jenis bakteri
|
Jumlah Koloni
|
Warna Koloni
|
Gambar Bentuk Koloni
|
A
|
||||
B
|
||||
C
|
F. Pertanyaan
:
1.
Di antara
cawan petri A, B, C manakah tumbuh koloni bakteri dengan jumlah terbanyak ?
Jawab :____________________________________________________________
2.
Di antara
cawan petri A, B, C manakah tumbuh koloni bakteri dengan jumlah paling sedikit
?
Jawab :____________________________________________________________
3.
Bagaimanakah
bentuk mikroskopik bakteri dari koloni-koloni yang berbeda ? Jelaskan !
Jawab :____________________________________________________________
4.
Bagaimanakah
Anda membedakan koloni bakteri dengan koloni jamur ?
Jawab :____________________________________________________________
5.
Jelaskan
manfaat dan kerugian bakteri dalam kehidupan manusia !
Jawab : ___________________________________________________________
Kesimpulan :
_____________________________________________________________________
_____________________________________________________________________
No comments:
Post a Comment