contoh rpp k13 Archaebacteria dan Eubacteria


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Nama Sekolah             : SMK Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah Jember
Kelas / Semester          : X / 1
Mata Pelajaran            : Biologi
Bab                              : 4
Topik                           : Archaebacteria dan Eubacteria
Waktu                         : 6 x 40 menit (4 x pertemuan)

I .   KOMPETENSI INTI
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

II .  KOMPETENSI DASAR
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem, dan lingkungan hidup
2.1





3.4
Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas atau laboratorium maupun di luar kelas atau laboratorium.
Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan archaebacteria dan eubacteria berdasarkan ciri-ciri dan bentuk melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.
Indikator :
1.1.1 Mengagumi terhadap salah satu ciptaan Tuhan yaitu bakteri yang memiliki peranan penting dalam kehidupan di bumi.
2.1.1
Memiliki rasa ingin tahu dengan bertanya.
2.1.2
Menunjukkan sikap aktif, mandiri dan bekerjasama pada saat melakukan diskusi permasalahan.
3.4.1
Menjelaskan pengertian archaebacteria dan eubacteria.
3.4.2
Menjelaskan ciri-ciri bakteri berdasarkan ukuran, bentuk dan struktur bakteri.
3.4.3
Mengklasifikasi bakteri berdasarkan peptidoglikan yang di miliki.
3.4.4
Memahami cara hidup dan reproduksi bakteri.
3.4.5
Mengklasifikasikan bakteri menjadi dua kelompok besar (kingdom).
3.4.6
Menjelaskan manfaat dan peranan bakteri dalam kehidupan manusia baik yang menguntungkan maupun yang merugikan.
3.4.7
Menjelaskan usaha manusia dalam menanggulangi bahaya bakteri.
3.4.8
Menjelaskan contoh bakteri lainnya (cyanobacteria).
4.4
Menyajikan data tentang ciri-ciri dan peran archaebacteria dan eubacteria dalam kehidupan berdasarkan hasil pengamatan dalam bentuk laporan tertulis.

4.4.1
Membuat laporan hasil diskusi kelompok mengenai permasalahan terkait dengan ciri-ciri dan peran archaebacteria dan eubacteria dalam kehidupan.
4.4.2
Menyajikan data tentang ciri-ciri dan peran archaebacteria dan eubacteria dalam kehidupan berdasarkan hasil pengamatan dalam bentuk laporan tertulis



IV. MATERI AJAR
1.      Materi Prinsip
-          Archaebacteria merupakan sel-sel paling awal (kuno) yang memiliki hubungan kekerabatan dekat dengan organisme eukariotik (memiliki membran inti sel).
-          Eubacteria meliputi sebagian besar organisme prokariotik yang dapat hidup di manapun (kosmopolit). Eubacteria disebut juga Bacteria, yang kemudian disederhanakan menjadi bakteri.
-          Bakteri merupakan organisme uniseluler (bersel satu), tidak memiliki membrane inti sel (prokariotik), dan pada umumnya memiliki dinding sel tetapi tidak berklorofil.

2.      Materi Prosedur
-                      Cara pengecatan gram
-                      Pengamatan bentuk sel bakteri

V.     ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR
§  Alat :
-          Papan tulis
-          Spidol

§  Bahan :
-          LDS (Lembar Diskusi Siswa) tentang perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria, bentuk-bentuk bakteri, bagian-bagian bakteri dan fungsinya, bakteri gram positif dan negatif,
-          LDS (Lembar Diskusi Siswa) tentang bakteri yang menguntungkan dan merugikan,
-          LKS (Lembar Kegiatan Siswa) tentang pengamatan bakteri dalam koloni,
-          Power Point tentang pengertian Archaebacteria dan Eubacteria, ciri-ciri bakteri berdasarkan ukuran bentuk, bentuk sel, struktur bakteri dan bakteri gram positif dan gram negatif,
-          Power Point tentang cara hidup bakteri, reproduksi bakteri, klasifikasi bakteri serta manfaat dan peran bakteri dalam kehidupan manusia,
-          Power Point tentang usaha manusia dalam menanggulangi bahaya bakteri dan Cyanobacteria (Bakteri hijau-biru),
-          Gambar / Video tentang bentuk-bentuk bakteri,
-          Gambar / Video tentang reproduksi bakteri,
§  Sumber Belajar :
-          Santoso, Iman. 2007. Pembelajaran Biologi Untuk SMA. Jakarta: Interplus
-          Syamsuri, Istamar dkk. 2007. Biologi Untuk SMA KELAS X SEMESTER 1. Malang : Erlangga
-          Irnaningtyas . 2014 . BIOLOGI UNTUK SMA/MA KELAS X KELOMPOK PEMINATAN MATEMATIKA DAN ILMU ALAM . Jakarta: Erlangga

VI.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 (3 x 45 menit)
Kegiatan
Sintaks
Aktivitas Guru dan Siswa
Alokasi Waktu
Pendahuluan

1.      Apersepsi
§  Guru mengucapkan salam dan berdoa
§  Guru memeriksa kehadiran siswa
§  Guru menanyakan kepada siswa mengenai materi bakteri dengan memberikan pertanyaan sebagai berikut:
a.   Apakah yang kalian pikirkan tentang bakteri?
b.   Dimana saja kalian dapat menjumpai bakteri?

2.      Motivasi
§  Guru memuji siswa yang menjawab pertanyaan guru, diharapkan siswa mau menyumbang ide atau pendapat, menyanggah dan mampu menjadi pendengar yang baik.
§  Guru juga memotivasi siswa dengan memberikan pesan atau nasehat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan memberi ungkapan:”Sukses itu salah satu faktornya adalah dengan selalu mengagumi semua ciptaan Allah SWT, dengan cara mempelajari dan mengkaji dengan penuh ikhlas dan tanggung jawab, salah satunya adalah dengan mempelajari bakteri yang ada di bumi”, sehingga dapat memotivasi dalam mempelajari dan menganalisis setiap permasalahan pada tumbuhan secara seksama.
§  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
§  Guru menginformasikan langkah-langkah model pembelajaran Problem based Learning (PBL) serta  metode diskusi dan tanya jawab.
10Menit
Inti












(Orientasi siswa pada masalah)






(Mengorganisasikan siswa untuk belajar)










(Membimbing penyelidikan individu dan kelompok)




















(Mengembangkan dan menyajikan hasil karya)

















(Menganalisis dan mengevaluasi proses pemacahan masalah)
Presentasi
§  Guru menyajikan pelajaran mengenai materi tentang pengertian Archaebacteria dan Eubacteria, ciri-ciri bakteri berdasarkan ukuran bentuk, bentuk sel, struktur bakteri dan bakteri gram positif dan gram negatif dengan menggunakan Power Point serta video pembelajaran tentang bentuk-bentuk bakteri.
Mengamati
§  Guru memandu siswa pada masalah terkait materi Archaebacteria dan Eubacteria pada LDS (Lembar Diskusi Siswa) tentang perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria, bentuk-bentuk bakteri, bagian-bagian bakteri dan fungsinya, bakteri gram positif dan negatif.

§  Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4-5 siswa.
§  Siswa mengamati permasalahan mengenai materi Archaebacteria dan Eubacteria yaitu LDS tentang perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria, bentuk-bentuk bakteri, bagian-bagian bakteri dan fungsinya, bakteri gram positif dan negatif
yang telah disiapkan.

Menanya
§  Guru menyediakan pertanyaan pada LDS (Lembar Diskusi Siswa) tentang perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria, bentuk-bentuk bakteri, bagian-bagian bakteri dan fungsinya, bakteri gram positif dan negatif  untuk dijawab oleh siswa dengan tujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu, membangun sikap aktif, mandiri dan bekerjasama pada siswa.
§  Siswa menanyakan kepada guru mengenai kesulitan atau kendala pada permasalahan topik yang dibahas.
§  Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dengan permasalahan yang disajikan dalam LDS tentang perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria, bentuk-bentuk bakteri, bagian-bagian bakteri dan fungsinya, bakteri gram positif dan negatif melalui buku diktat, internet
Menalar
§ Siswa berusaha untuk mengerjakan permasalahan pada Lembar Diskusi Siswa (LDS) tentang perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria, bentuk-bentuk bakteri, bagian-bagian bakteri dan fungsinya, bakteri gram positif dan negatif sesuai dengan pengetahuan dan kemampuan dalam menggali informasi.
Mencoba
§ Guru menunjuk salah satu perwakilan kelompok untuk membacakan hasil diskusinya.
§ Siswa menunjukkan hasil diskusinya dengan melakukan presentasi di depan kelas.
§ Siswa lain boleh memberikan pertanyaan dan menyanggah kepada kelompok presentasi.
Menyimpulkan
§ Guru mengevaluasi hasil kerja siswa
§ Guru memberikan post test tentang pengertian Archaebacteria dan Eubacteria, ciri-ciri bakteri berdasarkan ukuran bentuk, bentuk sel, struktur bakteri dan bakteri gram positif dan gram negative untuk mengetahui kemampuan siswa setelah proses pembelajaran.
105 menit
Penutup



Kesimpulan dan penugasan
§  Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari materi yang dijelaskan guru dan hasil diskusi yang dilakukan.
§  Guru memberikan penugasan kepada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.
§  Guru mengakhiri pelajaran dan memberi salam.
15 menit

Pertemuan 2 (3 x 45 menit)
Kegiatan
Sintaks
Aktivitas Guru dan Siswa
Alokasi Waktu
Pendahuluan

1.   Apersepsi
§  Guru mengucapkan salam
§  Guru memeriksa kehadiran siswa
§  Guru menanyakan kepada siswa mengenai bakteri sebagai berikut:
a.   Apakah kalian tahu, dimana saja bakteri dapat hidup ?
b.   Bagaimana cara bakteri agar tetap bertahan hidup dan berkembang ?

2.   Motivasi
§  Guru memuji siswa yang menjawab pertanyaan guru, diharapkan siswa mau menyumbang ide atau pendapat, menyanggah dan mampu menjadi pendengar yang baik.
§  Guru juga memotivasi siswa dengan memberikan pesan atau nasehat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan memberi ungkapan: ”Bakteri selain merugikan bagi kehidupan manusia misalnya menyebabkan penyakit, ada pula bakteri yang dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu, marilah kita menjaga, merawat dan mempelajari seluk beluk mengenai bakteri di bumi sebagai bentuk terima kasih atas ciptaan Tuhan  Yang Maha Esa, sehingga dapat memotivasi dalam mempelajari dan menganalisis setiap permasalahan pada bakteri secara seksama.
§  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
§  Guru menginformasikan langkah-langkah model pembelajaran Problem based Learning (PBL) serta metode diskusi dan tanya jawab.
§  Guru memberikan pre-test tentang cara hidup, reproduksi bakteri, klasifikasi bakteri dan manfaat atau peranan bakteri untuk mengetahui kemampuan awal siswa.
15    Menit
Inti







(Orientasi siswa pada masalah)




(Mengorganisasikan siswa untuk belajar)






(Membimbing penyelidikan individu dan kelompok)















(Mengembangkan dan menyajikan hasil karya)
















(Menganalisis dan mengevaluasi proses pemacahan masalah
Presentasi
§  Guru menyajikan pelajaran dengan menggunakan power point mengenai cara hidup bakteri, reproduksi bakteri, klasifikasi bakteri, dan manfaat atau peranan bakteri.
Mengamati
§  Guru memandu siswa pada masalah terkait materi bakteri pada LDS (Lembar Diskusi Siswa) tentang bakteri yang menguntungkan dan merugikan.
§  Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4-5 siswa.
§  Siswa mengamati permasalahan mengenai materi tersebut yaitu LDS tentang bakteri yang menguntungkan dan merugikan yang telah disiapkan.
Menanya
§  Guru menyediakan pertanyaan pada LDS tentang bakteri yang menguntungkan dan merugikan untuk dijawab oleh siswa dengan tujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu, membangun sikap aktif, mandiri dan bekerjasama pada siswa.
§  Siswa menanyakan kepada guru mengenai kesulitan atau kendala pada permasalahan topik yang dibahas.
§  Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dengan permasalahan yang disajikan dalam buku siswa melalui buku diktat, internet, dan sumber lainnya.
Menalar
§ Siswa berusaha untuk mengerjakan permasalahan pada kuis LDS (Lembar Diskusi Siswa) tentang bakteri yang menguntungkan dan merugikan sesuai dengan pengetahuan dan kemampuan dalam menggali informasi.
Mencoba
§ Guru menunjuk salah satu perwakilan kelompok untuk membacakan hasil diskusinya.
§ Siswa menunjukkan hasil diskusinya dengan melakukan presentasi di depan kelas.
§ Siswa lain boleh memberikan pertanyaan dan menyanggah kepada kelompok presentasi.
Menyimpulkan
§ Guru mengevaluasi hasil kerja siswa. 
§ Guru memberikan post test tentang cara hidup dan reproduksi bakteri, klasifikasi bakteri, dan manfaat atau peranan bakteri untuk mengetahui kemampuan siswa setelah proses pembelajaran.
105 menit
Penutup


Kesimpulan dan penugasan
§  Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari materi yang dijelaskan guru.
§  Guru memberikan penugasan kepada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya serta mencari artikel atau literatur mengenai cara atau usaha manusia dalam menanggulangi bahaya bakteri dan Cyanobacteria.
Guru mengakhiri pelajaran dan memberi salam.
5 menit

Pertemuan 3 (3 x 45 menit)
Kegiatan

Aktivitas Guru dan Siswa
Alokasi Waktu
Pendahuluan

1.   Apersepsi
§  Guru mengucapkan salam
§  Guru memeriksa kehadiran siswa
§  Guru menanyakan kepada siswa mengenai manfaat dan peran bakteri dengan memberikan pertanyaan sebagai berikut:
a.   Menurut kalian, bagaimana cara kita melindungi tubuh kita dari bahaya bakteri patogen (bakteri penyebab penyakit) ?
2.      Motivasi
§  Guru memuji siswa yang dapat menjawab pertanyaan guru, diharapkan siswa mau menyumbang ide atau pendapat, menyanggah dan mampu menjadi pendengar yang baik.
§  Guru juga memotivasi siswa dengan memberikan pesan atau nasehat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan memberi ungkapan:”Sukses itu salah satu faktornya adalah dengan selalu mengagumi semua ciptaan Allah SWT, dengan cara mempelajari dan mengkaji dengan penuh ikhlas dan tanggung jawab, salah satunya adalah dengan mempelajari bakteri”, sehingga dapat memotivasi dalam mempelajari dan menganalisis setiap permasalahan pada bakteri secara seksama.
§  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
§  Guru menginformasikan langkah-langkah model pembelajaran Problem based Learning (PBL) dan metode eksperimen.
15    Menit
Inti













(Orientasi siswa pada masalah)






(Mengorganisasikan siswa untuk belajar)




(Membimbing penyelidikan individu dan kelompok)























(Mengembangkan dan menyajikan hasil karya)








 (Menganalisis dan mengevaluasi proses pemacahan masalah)
Presentasi
§  Guru mengajak siswa untuk melaksanakan kegiatan praktikum tentang pengamatan bakteri dalam koloni.
§  Guru menyajikan pelajaran dengan menampilkan power point mengenai materi usaha manusia dalam menanggulangi bahaya bakteri dan Cyanobacteria.
Mengamati
§  Guru memandu siswa pada masalah terkait materi bakteri pada LKS (Lembar Kerja Siswa) tentang pengamatan bentuk bakteri dalam koloni.
§  Guru membagi siswa menjadi 7 kelompok, setiap kelompok terdiri atas 4-5 siswa.
§  Siswa mengamati bentuk bakteri dalam koloni dengan menggunakan media agar yang  sesuai dengan Lembar Kerja Siswa.
Menanya
§  Guru menyediakan pertanyaan pada LKS (Lembar Kerja Siswa) untuk dijawab oleh siswa dengan tujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu, membangun sikap aktif, mandiri dan bekerjasama pada siswa.
§  Siswa menanyakan kepada guru mengenai kesulitan atau kendala pada permasalahan topik yang dibahas.
§  Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dengan permasalahan yang disajikan dalam LKS pengamatan bentuk bakteri dalam koloni melalui buku diktat, internet, LKS.
Menalar
§ Siswa berusaha untuk mengerjakan permasalahan pada Lembar Kerja Siswa (LKS) sesuai dengan pengetahuan dan kemampuan dalam menggali informasi.

Mencoba
§ Guru menunjuk salah satu perwakilan kelompok untuk membacakan hasil pengamatannya.
§ Siswa menunjukkan hasil pengamatannya dengan melakukan presentasi di depan kelas.
§ Siswa lain boleh memberikan pertanyaan dan menyanggah kepada kelompok presentasi.
Menyimpulkan
§ Guru mengevaluasi hasil kerja siswa. 
105 menit
Penutup



Kesimpulan dan penugasan
§ Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari materi yang dijelaskan guru dan hasil pengamatan yang dilakukan.
§ Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengerjakan LKS tentang Archaebacteria dan Eubacteria.
§ Guru mengakhiri pelajaran dan memberi salam.
15 menit










Pertemuan 4
Ulangan Harian dan Penilaian
Jember, 8 Oktober 201

Guru Pamong



Muhammad Husni S.Pd
NUPTK. 1551756657200032

Mahasiswa



Muhamad Zainul Asan
NIM. 1410211053


7








Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK Madinatul Ulum Cangkring Jenggawah Jember



Imdad Fahmi Azizi S.Hi
NUPTK:




 









VII.          Penilaian Hasil Belajar
Penilaian hasil belajar terdiri dari tiga ranah, yaitu kognitif, psikomotorik, dan afektif.

1.      Aspek  kognitif     
No
Pertanyaan
C1
C2
C3
C4
C5
C6
SKOR
1.
Jelaskan perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria
V






20
2.
Tuliskan bentuk masing – masing bakteri tersebut ! Jelaskan ciri – cirinya


V




35
3
Jelaskan peranan / kerugian dari bakteri – bakteri tersebut bagi kehidupan


V









45

JUMLAH


100

Skor 1-3
Keterangan :
A         =  80 – 100 =  Sangat Baik
B         =  70 – 79   =  Baik
C         =  60 – 69   =  Cukup
D         =  50 – 59   =  Kurang                       E         =  0 – 49     =  Buruk
    
           Skor keseluruhan =    Nilai =   Skor yang diperoleh x 100
Skor keseluruhan


2.      Ranah Psikomotor
NO
Ranah psikomotor
P1
P2
P3
P4
Skor
1
Keterampilan siswa dalam  mengumpulkan  materi tentang Archaebacteria dan Eubacteria.




5
2
Keterampilan siswa dalam mengidentifikasikan tentang materi Archaebacteria dan Eubacteria.



10
3
Kemampuan siswa dalam melakukan presentasi



10
4
Keterampilan siswa dalam membedakan bentuk Archaebacteria dan Eubacteria.



10
5
Siswa menjalankan diskusi terkait penyebab Archaebacteria dan Eubacteria bersama kelompoknya



15
6
Keterampilan siswa dalam mempertajam analisis masalah bersama kelompoknya.



20
7
Keterampilan siswa dalam mengaktifkan diskusi kelompok mengerjakan LKPD




5
8
Keterampilan siswa dalam merancang hasil diskusi bersama kelompoknya dalam bentuk presentasi



10
9
Keterampilan siswa dalam menyesuaikan pendapatnya secara benar bersama kelompoknya.     



5
10
Keterampilan siswa dalam mengoreksi hasil pembelajaran



10
Jumlah
100
Keterangan :
A         =  80 – 100 =  Sangat Baik
B         =  70 – 79   =  Baik
C         =  60 – 69   =  Cukup
D         =  50 – 59   =  Kurang

Skor keseluruhan  = Nilai     =   Skor yang diperoleh x 100
                                                                        Skor keseluruhan

E         =  0 – 49     =  Buruk

3.      Ranah Afektif
NO
Ranah afektif
A1
A2
A3
A4
A5
Skor
1
Keseriusan siswa dalam mengikuti  pembelajaran.





3
2
Keaktifan siswa hasil dalam mendengarkan materi saat KBM berlangsung.




15
3
Kecermatan siswa dalam membedakan  antara Alat reproduksi luar dan dalam




12
4
Keaktifan siswa dalam memecahkan masalah bersama kelompoknya.




12
5
Keseriusan siswa dalam membentuk sebuah presentasi




12
6
Keaktifan siswa dalam melaporkan hasil diskusi kepada guru dan kepada para teman-temannya yang lain. 




7
7
Ketepatan siswa dalam mengajukan pertanyaan.




7
8
Keaktifan siswa dalam menampilkan jawaban dengan menggunakan hasil diskusi




7
9
Ketepatan siswa dalam melengkapi jawaban yang kurang tepat.




10
10
Keaktifan siswa dalam membentuk pendapat saat diskusi berlangsung.              




12
11
Keaktifan siswa dalam memperhatikan kesimpulan hasil pembelajaran.



3

Jumlah
100





Keterangan :
A         =  80 – 100 =  Sangat Baik
B         =  70 – 79   =  Baik
C         =  60 – 69   =  Cukup
D         =  50 – 59   =  Kurang
E         =  0 – 49     =  Buruk

Skor keseluruhan = Nilai      =   Skor yang diperoleh x 100
                                                                       Skor keseluruhan

 




2.      Karakter siswa yang diharapkan:
No
Karakter
BT
MT
MB
MK
1
Bertanggung jawab




2
Bekerjasama




3
Toleransi




4
Bersahabat




5
Berfikir kritis         





Keterangan :
Ø   BT : Belum Terlihat ( Apabila siswa belum memperlihatkan tanda-tanda awal karakter yang di nyatakan dalam indicator)
Ø   MT : Mulai Terlihat (Apabila siswa sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal karakter yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten)
Ø   MB : Mulai Berkembang (Apabila siswa sudah memperlihatkan berbagai tanda karakter yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten)
Ø   MK : Membudaya (apabila siswa terus-menerus memperlihatkan karakter yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten.
                              



Keterangan :
A= 80-100   = sangat baik
B= 70-79     = baik
C= 60-69     = cukup
D= 50-59     = kurang
E= 0-49       = buruk




Lampiran 2: Instrumen Penilaian Pengetahuan

A.    TES TULIS
Pertemuan ke-1

POST TEST 1
(Perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria, Bentuk-Bentuk Bakteri, Bagian-Bagian Bakteri dan Fungsinya, Bakteri Gram Positif dan Negatif)

Nama   :
No       :

a.       Peritrik
b.      Endospora
c.       Termofilik
d.      Pili
e.       Tetracoccus
f.       Peptidoglikan
g.      Flagel
h.      Streptococcus
i.        Amphitrik
j.        Halofilik
Pasangkanlah pernyataan di sebelah kiri dengan kata-kata yang sesuai pada kolom di sebelah kanan.
1. Achaebacteria yang tumbuh pada suhu tinggi
2. Senyawa khas penyusun dinding sel bakteri 
3. Bakteri berbentuk bulat dan berbentuk rantai
4. Alat gerak bakteri
5.Bakteri yang memiliki 2 gerombol flagel pada kedua ujungnya


  





Pertemuan ke-2

POST TEST 2
(Cara Hidup, Reproduksi Bakteri, Klasifikasi Bakteri dan Peranan Bakteri)

Nama               : ..........................................................
No                   : ..........................................................

Jawablah soal di bawah ini dengan singkat dan tepat !
1.      Jelaskan yang dimaksud dengan bakteri autotrof !
...................................................................................................................................
2.      Apa yang dimaksud dengan bakteri saproba (pengurai) ?
...................................................................................................................................
3.      Bakteri melakukan reproduksi secara seksual dengan cara rekombinasi gen. rekombinasi gen dapat terjadi melalui 3 cara. Sebutkan tiga cara tersebut !
...................................................................................................................................
4.      Bakteri Escherichia coli berperan untuk ?
...................................................................................................................................
5.      Treponema pallidum merupakan salah satu bakteri yang merugikan. Kerugian apakah yang ditimbulkan oleh bakteri tersebut
...................................................................................................................................










Pertemuan ke-4

ULANGAN HARIAN
(Archaebacteria dan Eubacteria)

NAMA                        :
NO.ABSEN                :

I.    Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar.
1.      Ciri utama dari sel bakteri adalah…………..
a.       Tidak memiliki membran sel                           d. Tidak memiliki ribosom
b.      Tidak memiliki dinding sel                             e. Tidak memiliki membran inti
c.       Tidak memiliki sitoplasma

2.      Dinding sel bakteri tersusun atas senyawa yang khas, yaitu……………
a.       Selulosa                                                           d. Peptidoglikan
b.      Kitin                                                                e. Manan
c.       Hidroksi

3.  









Pili ditunjukkan oleh nomor ………….
a.       1                                                                      d.  4
b.      2                                                                      e.  5                                        
c.       3



4.      Organel sel bakteri yang berfungsi untuk menghasilkan energi adalah..…………
a.       Pilus                                                                d. Ribosom
b.      Mesosom                                                         e. Mitokondria
c.       Vakuola

5.      Perhatikan gambar bentuk agregat (kumpulan) bakteri berikut ini.







Sarkina ditunjukkan oleh nomor…………………..
a.       1                                                                      d.  4
b.      2                                                                      e.  5
c.       3

6.      Bakteri yang tumbuh optimal pada suhu diatas 40˚C disebut bakteri…………….
a.       Mesofil                                                            d. Asidofil
b.      Termofil                                                          e. Alkalofil
c.       Psikrofil

7.      Bakteri bersifat autrotof, tergantung pada tidaknya bakteri itu……………….
a.       Mendapatkan oksigen dari udara        d.  Bersimbiosis dengan organisme lain
b.      Membuat zat organic dan an organik  e.  Menghasilkan antibiotik
c.       Membuat zat anorganik dari organik

8.      Bakteri yang dapat menyuburkan tanah adalah………………..
a.       Escherichia coli                                               d. Nocardia
b.      Nitrobacter                                                      e. Thiobacillus thiooxidans
c.       Methanomonas

9.      Bakteri bereproduksi secara aseksual dengan cara……………..
a.       Konjugasi                                                        d. Pembelahan binner
b.      Meiosis                                                            e. Mitosis                    
c.       Transduksi


10.  Cara reproduksi Cyanobacteria multiseluler antara lain dengan…………………
a.       Transformasi                                                   d.  Konjugasi
b.      Fragmentasi                                                     e.  Transduksi
c.       Seksual

11.  Bakteri yang memiliki flagel di kedua ujung selnya dikelompokkan ke dalam bakteri………………..
a.       Monotrik                                                         d.  Peritrik
b.      Amfitrik                                                          e.  Eksotrik
c.       Lopotrik

12.  Bakteri mempertahankan diri pada lingkungan buruk dengan cara membentuk…..
a.       Lendir                                                             d.  Endospora
b.      Kapsul                                                             e.   Heterokista
c.       Akinet

13.  Untuk fermentasi air kelapa menjadi Nata de coco memerlukan bantuan bakteri…
a.       Lactobacillus casei                                          d.  Acetobacterxylinum
b.      Acetobacteraceti                                              e.  Clostridium pasteurianum
c.       Azotobactercroococus

14.  Halobacterium dapat hidup di kolam air laut untuk produksi garam. Bakteri ini termasuk kelompok……………
a.       Bakteri metanogen                                          d.  Bakteri halofil
b.      Bakteri termofil                                               e.  Bakteri termoasidofil
c.       Eubacteria

15.  Kelompok penyakit pada manusia yang disebabkan bakteri adalah…………….
a.       HIV, TBC, dan Demam berdarah        d. Hepatitis, HIV, dan Rabies
b.      Kolera, Sifilis, dan Tipus                      e. Demam berdarah, Hepatitis dan TBC
c.       Lepra, Tipus dan Influenza


II.   

Petunjuk :
A.    Jika jawaban (1), (2), dan (3) benar
B.     Jika jawaban (1) dan (3) benar
C.     Jika jawaban (2) dan (4) benar
D.    Jika hanya jawaban (4) yang benar
E.     Jika semua jawaban benar
Pilihan Ganda Bervariasi





16.  Berikut ini yang tidak termasuk struktur sel pada bakteri adalah……………
(1)      Dindingsel                                                     (3)  Ribosom
(2)      Sitoplasma                                                     (4)  Mitokondria

17.  Bakteri yang hidup sebagai parasit dan bersifat patogen antara lain………………
(1)   Treponema pallidum                                       (3)  Clostridium tetani
(2)   Streptococcus lactis                                         (4)  Escherichia coli

18.  Yang termasuk dalam kelompok Archaebacteria diantanya adalah………………
(1)   Halofilik                                                          (3)  Termofilik
(2)   Metanogen                                                      (4)  Heterotrof

19.  Sifat bakteri gram negative yang tepat adalah…………….
(1)   Semuanya berbentuk batang atau bulat
(2)   Dinding sel petidoglikan tipis                        
(3)   Berwarna biru setelah pewarnaan gram
(4)   Berwarna merah setelah pewarnaan gram

20.  Fungsi kapsul pada sel bakteri adalah………………….
(1)   Lapisan pelindung saat lingkungan kering     
(2)   Memberi bentuk sel                
(3)   Mengatur keluar masuknya nutrien
(4)   Melindungi sel dari serangan sel fagosit


III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan tepat
1.      Jelaskan perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria !
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

2.      Apa yang dimaksud bakteri aerob, anaerob obligat dan anaerob fakultatif ? berilah masing-masing contohnya !
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

3.      Sebut dan jelaskan bakteri berdasarkan jumlah dan letak flagelnya !
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

















“ Selamat Mengerjakan “
“ Kejujuran adalah Kunci dari Kesuksesan “
B.     PENUGASAN
Pertemuan ke-1

LDS 1
(Perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria, Bentuk-Bentuk Bakteri, Bagian-Bagian Bakteri dan Fungsinya, Bakteri Gram Positif dan Negatif)

Nama Kelompok         : ..........................................................
Ketua Kelompok         : ..........................................................
Nama Anggota            : 1........................................................
                                      2........................................................
                                      3........................................................
                                      4........................................................
1.      Apa perbedaan antara Archaebacteria dan Eubacteria ?
2.      Sebutkan bentuk-bentuk bakteri !
3.      Sebutkan bagian yang ditunjuk beserta fungsinya !








4.      Apa perbedaan antara flagel dan pili?
5.      Mengapa bakteri gram negatif yang bersifat patogen di dalam tubuh lebih berbahaya daripada bakteri gram positif ?


Pertemuan ke-2

LDS 2
(BAKTERI YANG MENGUNTUNGKAN DAN MERUGIKAN)

Nama Kelompok         : ..........................................................
Ketua Kelompok         : ..........................................................
Nama Anggota            : 1........................................................
                                      2........................................................
                                      3........................................................
                                      4........................................................
Kelas                           : ..........................................................
Bab/ Sub bab               : Archaebacteria dan Eubacteria / Bakteri yang menguntungkan
  dan merugikan

Amatilah kedua gambar bakteri di bawah ini !







Escherichia coli                                                           Clostridium tetani
1.      Tuliskan bentuk masing – masing bakteri tersebut ! Jelaskan ciri – cirinya !
2.      Jelaskan peranan / kerugian dari bakteri – bakteri tersebut bagi kehidupan !
Jawab :
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................

LDS 2
(BAKTERI YANG MENGUNTUNGKAN DAN MERUGIKAN)

Nama Kelompok         : ..........................................................
Ketua Kelompok         : ..........................................................
Nama Anggota            : 1........................................................
                                      2........................................................
                                      3........................................................
                                      4........................................................
Kelas                           : ..........................................................
Bab/ Sub bab               : Archaebacteria dan Eubacteria / Bakteri yang menguntungkan
  dan merugikan

Amatilah kedua gambar bakteri di bawah ini !




 









Streptococcus lactis                                                     Treponema pallidum
1.      Tuliskan bentuk masing – masing bakteri tersebut ! Jelaskan ciri – cirinya !
2.      Jelaskan peranan / kerugian dari bakteri – bakteri tersebut bagi kehidupan !
Jawab :
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................  
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
LDS 2
(BAKTERI YANG MENGUNTUNGKAN DAN MERUGIKAN)

Nama Kelompok         : ..........................................................
Ketua Kelompok         : ..........................................................
Nama Anggota            : 1........................................................
                                      2........................................................
                                      3........................................................
                                      4........................................................
Kelas                           : ..........................................................
Bab/ Sub bab               : Archaebacteria dan Eubacteria / Bakteri yang menguntungkan
 dan merugikan

Amatilah kedua gambar bakteri di bawah ini !




 









Acetobacter xylinum                                        Mycobacterium tuberculosis
1.      Tuliskan bentuk masing – masing bakteri tersebut ! Jelaskan ciri – cirinya !
2.      Jelaskan peranan / kerugian dari bakteri – bakteri tersebut bagi kehidupan !
Jawab :
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................  
Pertemuan ke-3
LKS 1
(Pengamatan Bakteri dalam Koloni)

Nama Anggota Kelompok    :
1. ……………………………………….
2. ……………………………………….
3. ……………………………………….
4. …………………………………………
5. …………………………………………
A.    Acara Praktikum            : Pengamatan bakteri dalam koloni
B.     Tujuan Praktikum          : 1. Mengamati bentuk bakteri dan bentuk koloni
                                          bakteri dalam biakan
C.    Alat dan Bahan   :
·         Petridish / Cawan petri
·         Bunsen
·         Jarum oase
·         Tabung reaksi
·         Gelas ukur
·         Pengaduk
·         Pipet tetes
·         Kertas tisu
·         Kertas merang
·         Media Agar (PDA atau NA)
·         Aquadest
·         Ketombe
·         Kotoran hidung
·         Kotoran tangan

D.    Cara Kerja :
1.      Timbang powder media NA sesuai petunjuk pada botol / kemasan.
2.      Hasil timbangan ditempatkan pada gelas ukur dan tambahkan aquadest sebagai pelarut dan panaskan sambil diaduk hingga homogen / tercampur.
3.      Media biakan di strelisasi dengan menggunakan api bunsen.
4.      Setelah media di strelisasi kemudian media biakan tersebut diisi dengan macam-macam bakteri seperti bakteri dari kotoran hidung, kotoran tangan, dan ketombe yang sebelumnya dilarutkan dengan aquadest, dan di ratakan dengan jarum oase.
5.      Lalu diamkan biakan koloni bakteri tersebut selama 1 minggu.
6.      Gambarlah hasil pengamatan Anda pada tabel pengamatan.

E.     Hasil Pengamatan :
Cawan petri
Jenis bakteri
Jumlah Koloni
Warna Koloni
Gambar Bentuk Koloni
A











B














C










F.     Pertanyaan :
1.      Di antara cawan petri A, B, C manakah tumbuh koloni bakteri dengan jumlah terbanyak ?
Jawab :____________________________________________________________
2.      Di antara cawan petri A, B, C manakah tumbuh koloni bakteri dengan jumlah paling sedikit ?
Jawab :____________________________________________________________
3.      Bagaimanakah bentuk mikroskopik bakteri dari koloni-koloni yang berbeda ? Jelaskan !
Jawab :____________________________________________________________
4.      Bagaimanakah Anda membedakan koloni bakteri dengan koloni jamur ?
Jawab :____________________________________________________________
5.      Jelaskan manfaat dan kerugian bakteri dalam kehidupan manusia !
Jawab : ___________________________________________________________
Kesimpulan :
_____________________________________________________________________
_____________________________________________________________________

  

No comments:

Post a Comment