contoh rpp sistem pencernaan pada manusia submateri makanan dan fungsinya.doc


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah          :                                     
                                              Mata Pelajaran   : IPA Terpadu
                                              Kelas/ Semester : VIII / C / 1
                                      Materi Pokok : Sistem Pencernaan Pada Manusia
                                      Sub Materi : Makanan dan Fungsinya
                                              Alokasi Waktu    : 2 x 40 menit

I. Standart Kompetensi

       1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

II. Kompetensi Dasar

       1.4  Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan.

III. Indikator

       1.4.1 Menjelaskan jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada di dalamnya 
       1.4.2 Menyebutkan contoh – contoh makanan berdasarkan kandungan zat yang ada di                                    dalamnya. 

IV. Tujuan Pembelajaran

       1.4.1.1 Siswa mampu menjelaskan jenis – jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang  ada                       di dalamnya 
      1.4.1.2 Siswa mampu menyebutkan contoh makanan berdasarkan kandungan zat yang ada di                            dalamnya 

Karakter siswa yang diharapkan  :

         Menunjukkan prilaku yang jujur, disiplin, rasa hormat, gemar membaca, toleransi, tanggung               jawab, peduli lingkungan, teliti, kerja sama dan pro aktif.


V. Materi Pembelajaran

        Materi pokok : Sistem Pencernaan Pada Manusia
        Sub materi  : Makanan dan Fungsinya

VI. Peta Konsep
Peta Konsep : Rantai kejadian






VII. Materi Ajar

      Materi pokok : Sistem Pencernaan Pada Manusia
      Sub materi : Makanan dan Fungsinya

Makanan yang kita makan setiap harinya beragam semisal : nasi, mie, singkong, bakso dan        lain – lain. Meskipun makanan yang di makan berbeda, beda tentunya kandungan di dalamnya            berbeda – beda juga. Ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

a. Karbohidrat

        Karbohidrat adalah nama umum yang mengandung unsur- unsur karbon,
hidrogen, dan oksigen yang tersusun dalam susunan tertentu. Dengan rumus kimia CHO. Dan jenis karbohidrat jenisnya bermacam macam seperti gula, tepung, dan serat. Karbohidrat di peroleh dari tumbuh – tumbuhan. Karbohidrat merupakan sumber utama bagi tubuh manusia. Contoh karbohidrat adalah nasi,ubi,kentang,gandum dan lain lain.


b. Protein 

       Protein tersusun oleh CHON. Bagi tubuh protein mempunyai peran penting untuk pertumbuhan dan menggatikan sel sel yang rusak. Selain itu protein di perlukan sebagai protein di perlukan sebagai pertumbuhan enzim. Karna protein sangat penting bagi pertumbuhan. Protein ada dua yaitu protein nabati dan hewani. Contoh protein nabati adalah kacang – kacangan dan hewani adalah daging, telur dll.

c. Lemak 

       Lemak berfungsi sebagai sumber energi. Makanan byang banyak mengandung lemak kacangdan mentega dll. Dan lemak berfungsi sebagai cadangan makanan, pelindung organ tubuh yang penting pelarut vitamin A,D,E,K. Pelindung suhu rendah

d. Vitamin 

        Vitamin merupakan zat yang di perlukan di dalam tubuh untuk untuk kelancaran proses di dalam tubuh. Walaupun vitamin di perlukan dalam jumlah sedikiy. Secra gari besar vitamin di kelompokkan menjadi vitamin yang larutdalam air dan lemak. Yang di dalam vitamin B dan C dan di dalam lemak A,D,E,K. Kebanyakan vitamin terdapat pada sayur dan buah –buahan.

e. Mineral 

    Mineral merupakan bahan – bahan anorganik. Tubuh kita sangat membutuhkan mineral untuk pembentukan struktur tubuh. Misalnya kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi , besi untuk hemoglobin dan mempercepat reaksi.

VIII. Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran : TPS (Think Pair Share)
Metode Pembelajaran : Ceramah, diskusi, dan tanya jawab
Pendekatan           : Proses


IX. Analisis Instruksional




format doc: disini

No comments:

Post a Comment